Kenangan Masa Lalu… (Bangga Banget LKS IT Pertama Stewa :D )

hehhhh.. lama ga nulis2.. habisnya dari kemarin nulis ga ada yang niliki, boro2 ninggalin pesen, nglongok aja ga ada :(. Tapi kemarin di milist stewa adi nugroho yang ngirim tentang masalah LKS jadi inget masa lalu.. eee habis itu di intrograsi sama teddy gimana critane dulu waktu LKS pertama

hehhhh.. lama ga nulis2.. habisnya dari kemarin nulis ga ada yang niliki, boro2 ninggalin pesen, nglongok aja ga ada :(.  Tapi kemarin di milist stewa adi nugroho yang ngirim tentang masalah LKS jadi inget masa lalu.. eee habis itu di intrograsi sama teddy gimana critane dulu waktu LKS pertama.

Dulu ketika ditunjuk suruh ikutan LKS waw rasane sueneng banget coy, bangga bisa mewakili stewa mana yang pertama pula untuk LKS di jurusan IT (dulu nama kelas nya IT / TI, kalo sekarang KJ ya…)… Sebelumnya saya himbau jangan berhenti baca di tengah jalan 😀 biar tidak ada salah persepsi dan maksud tulisan ini hanya cerita diharap tida ada yang tersinggung 🙂 .

Belajar pun di mulai (H-7), hari pertama janjian di Sekolah, ternyata pembimbingku waktu itu pak Haki (salah satu guru baru IT waktu itu), disekolah ternyata ada kendala (apa ya… aku lupa waktu itu), yang pasti latihan tidak bisa atau tidak bakal efektif bila dilakukan di sekulah. Ya udah akhirnya dengan persetujuan pak haki pelatihan pun dilaksanakan di Rumah pak haki.  Karena rumah pak Haki juga dijadikan tempat usaha jadinya di sana banyak komputer.  tapi kalo pakai komputer pak Haki semua kasihan sekolah komputer pada nganggur ya udah akhirnya ambiiilll… satu komputer waktu itu P4 2,4 Ghz bagus tuh komputer jaman itu :D, untuk dijadikan server otomatis bakal di obrak-abrik ganti OS pakai Linux, sekali kurang marem ganti lagi pakai linux lainnya, waktu itu yang jadi aktor spesialis linux mas sigit (sekarang makaryo di warnet depan smu bendungan),ada satu lagi mas arif sekarang merantau ke pulau seberang mbatam…

Hari pertama belajar secara teori sedikit lalu praktek, aku jadi design web waktu itu taunya cuma bikin tampilan web pakai HTML, nggedein huruf, mewarnai huruf, masang gambar (udah bisa dibayangkan bangga banget waktu itu :p), mungkin karena baru pertama kali ada program IT i sekolaha jadi masih meraba2 🙂  (terima kasih pada bu budi yang sudah mengajarkan itu dan aku dapet nilai bagus terus).. mas sigit mulai deh dengan segala kemampuan dan peralatan ngobrak-abrik komputer dari sekolah, (pakai palu, linggis, kunci inggris :D) format ulang Windows Server yang ada ganti pakai linux (kalo ga salah mandrake ya mas sigit), karna pertama kali jadi lupa ya install lagi ulangi dari awal sampe beribu2 kali :D.. mas arif yang ti dapuk jadi tecnical support belajar buat jaringan, mulai dari bikin set kabel jaringan, ngonekin komputer.. Aku sendiri mulai belajar PHP sudah bisa ditebak bingung banget, sama pak Haki dikasih berbagai macam tutorial, pertama nyoba hore berhasil nulis “Hello world” :D, coba lagi tanpa buku.. huehehehe lupa… ya dah lah pakai buku aja ngapalin mumet juga rek…

H-6 masih melanjutkan yang kemarin, super bingung, stesss, waktu lomba udah dekat, sang specialis linux dah mulai bisa.. mas arif dah lancar. tinggal aku.. bisane baru bikin tampilan, sekarang mulai belajar nggabungin dengan database… yahhh tambah mumet ae pakkkk…. belajar berkali2 ga bisa2 juga.. kita bertiga mulai stress.. ya buat ngilengin stress kita main game dulu :D..

kami belajar dirumah pak Haki dari pagi sampai malem.. sampai mendekati hari H masih segitu2 aja ilmunya aku bisa ngonekin PHP dengan Data base itu malem hari H nya….. saat itu kita tidak dapat kejelasan pasti kapan hari H nya karena infonya simpang siur, dan juga mungkin karena baru pertama mengikuti LKS IT jadi belum tau banyak informasinya. Pas suatu pagi kami berinisiatif ke sekolah pengen cari tau infonya.. sampai disekolah lohhhh kok ada mobilnya salah satu pak guru lagi naikin muatan..   kami samperin “Pak ada apa ini kok bawa barang banyak??”… “ini mas kami mau lomba LKS kan hari ini mulainya.. kan semua sudah dipersiapkan dari kemarin…!!!! alamak bagai ketiban durian (bukan dapet untung tapi sakit tauukk) busyet deh masa hari ini lha kami belum siap2.. akhire kami meluncur ke UNY pengen cari info.. Ternyata benar hari itu adalah hari pertama LKS, kami melakukan pendaftaran pun dadakan, ya udah sampe sana kami ga bawa pesiapan sama sekali..  Aku, mas sigit, mas arif, nunggu di UNY sedangkan pak Haki pulang ambil komputer, di Saat rekan2 dari sekolah lain mulai melaksanakan praktek nya kita hanya tertegun melihat mereka.. “GIla jago2 banget mereka..!!!” batin kami.. kami lihat mereka sudah bawa web, server, kabel jaringan dari rumah/sekolah .. awalnya kami ngece ah paling yang bikin pak gurunya pi saat praktekknya kami makin tertegun mereka bisa coding php & mengkonekkan ke Database tanpa melihat buku, yang sedang instal Linux sama begitu juga.. kami semakin ciut nyalinya. mental kami down melihat rekan2 dari sekolah lain. Alhamdulillah Ga berapa lama datang pak Haki ngos2an bawa CPU dari wates, katanya dia nyari temennya dulu yang punya mobil untuk bawa CPU-CPU tersebut. kami pun mulai mengerjakan prektek (dibanding rekan yang lain mungkin ibarat kalo dari stewa mau ke jogja, kami baru samapi Tlusuban yang lain sudah sampai Sedayu atau Gamping jauh banget yakkk.. kami mulai dengan keringat dingin karena mental kami sudah down, satu persatu tugas kami kerjakan.. hingga selesai.. ya bisa dibayangkan dengan persiapan yang minim ditambah mental kami down kami cukup bisa nangkring di posisi 4 (dari 5 kompetitor 😦 ).. sebelumnya kami dah manteb banget karena yang juara bakan pergi ke Bali.. Bali alias pulau dewata coy, pikiran kami dah kemana pengen ke Bali.. Kaya apa ya bali.. wuih pokoknya.. ya gitu dehh :)..

Pulangnya sore jam 5 an, waktu itu gerimis kami berempat duduk di depan salah satu kelas di UNY sambil makan sore, liat rekan yang lain pulang dijemput dengan Mobil semua, sampe ada yang komputernya dibawa mobil satu dan anak2nya dijemput menggunakan mobil lainnya.. busyet… Waktu itu aku merasa kaya ga mendapat keadilan melihat rekan yang lain seperti itu.. apa lagi inget tadi pagi rekan satu sekolah yang ikut LKS dari jurusan lain juga diantar pakai mobil.. Setelah beristirahat kami memutuskan pulang..

Di bawah rintik-rintik gerimis hujan kami berempat pulang pakai motor berboncengan, masing-masing kami memangku CPU, mas sigit mangku dua CPU di paha kanan dan kiri, aku cuma bawa satu karena nggendong tas isi perlengkapan lainnya.. dari Jogja (UNY) sampai wates rumah pak Haki kami nggembol CPU yang berat banget.. ampun dehh.. terutama mas sigit karena dia mangku 2 CPU sekaligus.. pegel, semuten, kesel badan, pikiran, hati yang masih dongkol.. semua jadi satu..

Yahh semua jadi pengalaman yang indah, menegangkan, mengesalkan, mengasikkan, menggelikan 😀

Buat adik2 kelas, mungkin bisa buat cerita gimana dulu LKS IT pertama, bisa dijadikan spirit untuk lebih maju, belajar lebih giat biarpun pak/ibu guru belum memberikan tapi tetaplah belajar.. sekarang sudah banyak media untuk belajar, dari internet, tutorial2 ato kakak kelas kalian yang pinter2 :D.. salut banget kalo kadang denger atau chatingan sama adik kelas “kerjo nandi kang“.. “nang ISP kang“.. jadi sepertinya sekarang dah bener maju, ada yang di ISP jogja, Jakarta dll..IT Stewa sudah benar2 menjadi IT, walaupun masih banyak kekurangan tapi buat adik2 belajar terus, kalo gurune belum ngajari belajar sendiri/otodidak nanti tinggal sharing sama pak/ibu gurune “pak / bu saya dapet ilmu ini nih bisa kita pelajari bareng???” nah gitu jadi murid dan guru sama aktif saling melengkapi..

Setelah LKS rasane dendam banget harus bisa PHP, yaa belajar siang melem dirumah. akhirnya ku putusin tak jadiin tugas akhirku.. bikin web masih banyak kekurangan, ada Bu Budi yang jadi pembimbingku yang ngoreksi sana situ, (masih inget dulu buat kalender ga jadi2 akhirnya dibenerin codingnya sama beliau 😀 ) saat itu belum kaya sekarang di internet bertebaran coding2 gratis 😛 .

OK deh segini dulu critane.. besok sambung lagi :D, jangan lupa dikomentari (yaa kalo ada yang berkunjung :D)

Terima kasih saya ucapkan pada seluruh Bapak / Ibu Guru IT Stewa yang sudah memberikan ilmunya, cerita2nya dan semangatnya… (ada bu budi yang membimbing TA ku hingga dapet nilai yang wawww, bu siti rahma yang selalau ngasih nilai bagus waktu kelas 2 😉 , pak sunu, pak lilik, pak jauzan dll 😀 ) dan Pak Haki yang dulu jadi pembimbing kami saat LKS.

Wassalam

Penulis: sijidewe

Seneng sharing hal yang positif, khusunya terkait komputer, otomotif, kuliner dan lain-lain...

6 tanggapan untuk “Kenangan Masa Lalu… (Bangga Banget LKS IT Pertama Stewa :D )”

  1. Wka wka wka wka, . . . klo Mas dayat yang pertama aku yang kedua kebetulan juga ikut dan tak jauh beda kayak gtu persiapannya cuman dapet bertengger di kursi ke tiga, ya lumayan laah

    Suka

  2. 😀 makanya adik2 yang sekarang seharusnya bersyukur dong, ya ga kang anwar sudah disediain laptop segala, dari pada aku dulu nenteng CPU dari jogja 🙂 .. jadi setelah tau gimana LKS pertama sekarang apa imbal balik dari rekan2 yang ikut LKS dengan kondisi sekarang

    Suka

  3. wekekekkk…….
    yah namanya juga baru “buka alas” pastinya ya gitu deh…
    tapi boleh juga..
    jo ge’er dumeh sedulur’e…
    jempol wis… ning siji ae… sing telu disimpen sik…
    suk neh wis iso nikah baru telu2ne termasuk 2 jempol sikil ku..
    oce…..e…..
    jo cepet marem…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s