Modifikasi Ringan – Meninggikan Shock Belakang CS1

Dear All..
Dari sejak pertama kali memakai CS1 keluhan yang saya rasakan yaitu Ground Clearance atau jarak terdekat ke tanah yang rendah, cuma 130 mm. Alhasil sering kali melibas polisi tidur sambil berboncengan hampir pasti knalpot nyangkut. Lama-lama kuatir juga knalpot jebol. Kepikiran untuk meninggikan shock belakang, tapi ternyata setelah muter-muter ke toko variasi dan bengkel belum ada yang khusus buat CS1, biarpun ketemu juga produk PO*H (saya pribadi kurang yakin dengan variasi ini) tapi tidak jadi dipakai karena setelah di ukur naiknya akan melebihi batas aman, dan bahan dasarnya sendiri sepertinya kurang kuat hanya berupa plat setebal +/- 2 mm.

Setelah konsultasi dengan teman, akhirnya nekad untuk trial & Error memakai peninggi untuk jupiter MX dengan sedikit modifikasi pada salah satu plat (dicoak). kenapa saya memilih peninggi shock jupiter MX karena bahan yang dipakai lumayan tebal, dan masih memungkinkan shock absorber untuk mengayun dan bertugas sebagaimana mestinya.

Pertama Mulai bongkar body, ternyata agak susah juga karena banyak baut dan bagian body yang harus di lepas, belum lagi tempat cadangan air radiator dan filter menutupi as bagian atas. Selanjutnya lepas shock absorber dari dudukan / as yang atas (untuk yang bawah terlalu presisi sehingga susah untuk di beri tambahan / ganjal). Motor di standar tengah dengan tambahan balok kau dibawahnya agar lebih tinggi.
Mulai simulasi pemasangan plat peninggi shock, mencari posisi yang paling nyaman, tidak terlalu tinggi. Dan di dapat posisi seperti gambar dibawah.


Tetapi setelah dipasang baut masih ada masalah, yaitu ujung peninggi shock bagian kiri berbenturan dengan saluran dari tangki BBM. untuk mengakalinya pada ujung peninggi sebelah kiri yang berbenturan dicoak sedikit. Pemasangan mur lumayan susah karena letaknya yang sangat nyempil di tengah rangka dan di bagian kanan ketutup box filter. Setelah beberapa kali berjuang akhirnya terpasang juga.


Dirasa sudah cukup kuat pasang kembali semua body motor, disini saya sendiri cukup keder juga karena beberapa baut salah pasang 😀 beberapa body sudah dipasang ternyata ada baut yang tidak cocok, ya udah bongkar lagi buat nyari batu yang tepat :-D. Setelah semua terpasang siap pakai, satu lagi masalah yaitu standar tengah menggantung. Untuk mengatasinya ditambahkan bearing 2 biji di masing-masing kaki standar, hmm lumayan bisa buat berdiri biarpun ban belakang susah di putar.


Roda Tidak Bisa Diputar 😀

Buat ngetest hasilnya coba enjot-enjot 2 orang yang ukurannya oversize 🙂 (Lupa tidak di photo) .. stabil tidak somplak, terus coba untuk jalan ngebut, perlu penyesuaian juga karena posisi riding sedikit berubah, buat nikung tajam masih stabil.. sip Alhamdulillah. Setelah itu dicoba boncengan dengan rute agak jauh ternyata luamyan repot juga karena cenderung boncengar akan melorot kedepan bila ngerem (kebetulan pas nyoba yang jadi boncenger istri ).

Secara pribadi okelah, lumayan biarpun sedikit jinjit balet 😛 , mungkin bisa dicoba mas bro / mbak sist yang pengen CS1 nya agak nungging sedikit.

**tapi bagaimanapun juga paling nyaman ya standar**

56 tanggapan untuk “Modifikasi Ringan – Meninggikan Shock Belakang CS1

  1. @eko knc : ninja emang nginume kudu pertamax gan
    @mas imam : bukan njengat mas, tp njengking :mrgreen:
    @asmarantaka : boleh monggo di test ride mboncengin celengan 😀

    Suka

  2. @eko knc lagi : iya sih gan, tp kata tmen yg krja di pabrik shock bag. QA tidak apa2 selama shock masih bekerja sesuai kodratnya, bottoming dan mengayun 😀 beda lg bila terlalu extrem dan tidak bisa mengayun resiko patah rod nya

    Suka

  3. klo aku lebih seneng pendekin shock depan dikit, belakang tetep standart, jd kontrol beban motor ditanjakan jalan macet/lambat tetep mantap

    Suka

    1. sama hati2 mas, peninggi mx bisa merobek dudukan shock asli (untuk kasus di mx), sprocket gir, pad rantai di arm & rantai juga cepet aus

      wis pokoke memang luwih nyaman sing standart

      Suka

      1. injih mas.. ni juga dah kepikiran tak balikin standar lagi he..he.. untuk dudukan shock MX belum pernah liat mas kok sampai bisa sobek.. untuk sproket gear memang iya dari suaranya ketahuan kalau kerjanya dipaksa mas.. terima kasih infonya 😉

        Suka

      2. pake shock aftermarket aja mas, klo di jupiter mx pake kitaco lsh tinggi beberapa centi

        pengapilkasian peninggi di mx bisa berakibat sobek di swing arm-nya, untuk pemasangan di dudukan CS1 mungkin gak masalah sb dipasang dia atas

        Suka

  4. @ridertua : alias njengking 😛

    @Triyanto : weleh kalo aku tiger standar wae dah agak2 jinjit 🙂

    @lekdjie : bisa jadi lek tapi coba dulu, ntar nek bosen, lepas lagi 😀 ganti ban 100/80 juga lumayan tambah tinggi

    @mas imam : wah itu hanya oknum wae kok mas, merk & pabrike ndak boleh di sebutkan, seali lagi hanya oknum.. xixixixi

    @elsabarto : lha kalau depan di pendekin tambah rendah pak ground clearancenya, nanti knalpot makin nyangkut2 😀

    Suka

  5. hati2 shockbreakernya patah bro, pernah ada kejadian…ngerinya kalo ngantem tabung pertamaxnya…..tapi secara tampilan…weeeee……mantep lah..pernah liat juga sich….

    Suka

  6. @ashley : ok bro terima kasih.. Kalo rod/as tengah patah disinyalir shock tdak berfungsi sbgmana mestinya, atau tidak bisa mengayun, jadinya rod menahan beban. pada kedua ujung shock tmpak dudukan ke body (joint metal/joint damper) ada semacam karet (rubber bush collar) fungsinya juga biar shock ada range untuk mengayun

    Suka

  7. @boombox : thax mas bro, tp mungkin selama kita perhitungkan semuanya mdah2an aman, memang sih pasti ada yg terkena imbas krna lari dr standar

    @powerpuffgirl : sip.. Sama2 sist (bener sist kan ya? Kan nicknya girl 😀 ) smga bermanfaat 😉

    Suka

  8. shock jadi patah???.. santai mas bro, aplikasi ini lebih manusiawi… (motoriawi) katimbang apa yg di aplikasi di bebek shock stereo yg dudukannya P*sh sehingga posisi shock berputar 90 derajat yg akhirnya tidak bisa berayun horisontal….

    kl yg ini kayaknya rada aman, (menerawang dari foto yg bro snalpot tampilkan)

    saran aja, untuk tingkat nungging yg dah spt itu, ban nya sebaiknya di gede in 😀 (estetika juga jd siph)

    Suka

  9. @tafri : udah check alhamdulillah aman, tidak berubah
    @aziz : sippp. terima kasih mas bro, seperti yang ku ungkapin di atas, ban udah ganti 100/80 😉

    Suka

    1. he..he siap mas, orang yg mencibir pasti belum pernah nungpak xixixi
      ganti velg udah dalam pikiran tp kayaknya susah masuk APBRT mas he..he sementara yg masuk untuk bore up kit

      Suka

  10. @aifz : ndak ada bro dah kehapus semua kemarin memory NG 😦

    @tristrino : monggo dicuba 😀

    @zein Zidqy : jelas buisa banget mas, tapi nek nungging ban kecil kelihatan ceking 😀

    Suka

  11. platnya di coak di bagian mana bro???
    ane masalahnya pas ganti ban yg lumayan gede,bannya nyangkut di spakbor belakang!
    mohon sarannya bro!:D

    Suka

    1. sisi pojok bagian atas pokoknya nanti saat dipasang bagian itu akan bersentuhan dengan saluran BBM.. maaf banget lupa ke foto bagian ini..

      Suka

  12. bro, mtr gw cs1 juga, gw pgn meninggikikan shock belakang.. susah gw cari bgkl untuk tinggiin shock mtr gw… jd gw pgn dapatkan info gimna crnya bisa tinggiin shocknya… tks bnyk

    Suka

  13. haduh banyak juga resikonya..
    harus beli baru standar samping sama tengah yg lebih panjang..
    masbro batu pengganjal tu brp harganya?

    Suka

  14. Hhhhmmmm udh persis sih bhn pninggix, cm mslhx mur sblh kanan udh paten jd ane msukkan penyambungx sobreker bagian dlm dudukn sbrker, ap ni tdk maslh ya. Mks gan infox

    Suka

  15. Kalo punya ane pake anting shock yg nambahin bosh lagi di bawah bosh shock standar nyaa.. Udah nungging sih jauh, sampe2 cewe ane merosot kedepan kalo di rem.. Enak juga buat macet2an kaki ga terlalu di tekuk, tapi postur ane tingginya lumayan-.- jadi niatnya sih mau nambah tinggi lagi pake ban yg lebih gede biar makin nungging makin ajib deh(y)

    Suka

Tinggalkan komentar