Ganti Shock Depan.. Awas Jangan Salah Beli.. (Diameter Pipe)

Dear All..
Setelah beberapa waktu kita menggunakan sepeda motor mungkin setahun atau dua tahun, terkadang kaki-kaki (Shock Absorber) tunggangan kita sudah mulai terasa tidak enak, entah mulai keras atau saat bottoming terlalu empuk sehingga serasa mentok. Alternatif yang biasanya dilakukan cek dalaman Shocknya. Disini untuk shock depan karena kalau shock belakang yang rusak biasanya langsung ganti, karena shock belakang pada ujung pipe sudah dirolling jadi satu dengan rod / as nya sehingga susah untuk di repair / direparasi.

Untuk shock depan bila terasa tidak enak biasanya hal yang dilakukan biasa dengan cek volume oli, bisa ditambahkan atau dikurangi, volume oli sudah ada di artikel saya terdahulu. Masalah lain yaitu bila part yang di dalamnya rusak (inner part), ntah valve-valvenya pecah atau ujung fork pipe rusak, segala hal bisa terjadi karena medan yang kita lewati setiap hari.

Untuk masalah dalaman (inner Part) yang rusak bisa diganti dengan Pipe atau Fork Pipenya saja biasanya disebut Fork Pipe Complite. Tentunya tidak bisa kita sembarangan memasang Fork Pipe jenis atau type lain karena diameternya yang berbeda tetapi ada juga yang sama, yang pasti bila diameter tidak sama akan bermasalah saat pemasangan pada bottom casenya maupun pada bracketnya (under bracket maupun upper bracket istilah umum segitiga, yoke dll).

Berikut saya lampirkan diameter Fork Pipe beberapa type motor, bila mas bro atau sist mau mengganti fork pipe atau bahkan ganti shock sekalian dengan yang aftermarket.

Masih banyak motor lain yang belum bisa saya masukkan karena keterbatasan pengetahuan saya, monggo mas bro atau sist yang tahu silahkan ditambahkan, dan koreksi bila ada yang salah.. 🙂

281 tanggapan untuk “Ganti Shock Depan.. Awas Jangan Salah Beli.. (Diameter Pipe)

  1. @pak bambang : monggo mas.. mungkin diameternya sama 27 mas, kalau shogun atawa tornado dereng ngertos kulo

    @mas maskur : save as page mas..

    @tafri : apanya mas yang dipotong? springnya? kalau springnya dipotong otomatis sudah tidak sesuai hitungan pabrik, tapi coba mainin saja di olinya.

    @azizyhoree : matur suwun mas, nanti tak update’e, yup jika dameter sama sotomatis oil seal & dust seal diameter juga sama alias bisa subtitusi

    @rudy soul : 3 tahun lumayan mas, vixi adikku kemarin 11 bulan dah jebol yang kanan, belum sempat tak bongkar

    @dio prasetyo : terima kasih mas, nanti saya update, sambil menunggu masukan type motor yang lain 🙂

    Suka

    1. heh.. bakar..bakar :mrgreen: belum ketemu bos nek ndak salah yang RU 26 terus FU 26 kalau ndak 27 tapi masih sangsi :-p hayoo mana sampeyan selaku penunggang ngledekan

      Suka

  2. Gl 100 banyak yg diganti shock GL pro atau max, padahal ukurannya beda.. berarti itu ngganti segitiganya juga ya bro? bisa nggak kalo tanpa ngganti segitiga

    Suka

  3. @kilau biru : mudah, cepat, dan bergaransi ya mas 😀

    @darmawan : iya pak, kaki kebo kudu gede 😀

    @athar : wah maaf gan blum punya nih datanya

    @damhar : wah iya mas itu harus ganti segitiganya, karena diameter pnya gl max lbh gede 4 mm

    @shark : waw gede jg ya mas punya athlete

    @triyanto : sama sama juragan

    Suka

      1. KªL☺ athlete shocknya olinya udah meler,benerinnya berapa duit ƴɑ̤̥̈̊ªªªª☺♡̬̩̃̊☺ bro shark si bengekel resminya..??? Shock ane meler ni

        Suka

    1. njih mas..meniko saged ngagem shock gadahipun tiger ingkakng diameter 31, monggo dipun trial.. alternatif sanes saged ngagem nggadahipun satria FU..

      Suka

      1. misi gan mau nanya ne klo shock depan rx k bisa di pasang di suzuki rc gk ya soal nya mau aku modif jadi trail gan.makasih

        Suka

    1. mendingan kuras semua sekalian saja bro, karo kalo sebelah saja yang ditambah & kurangi tetep susah buat seimbangnya..

      Suka

  4. pusat seal trbesar di wilayah jatim,jateng,jabar,jkt dmn y boss alamatx…q mau cari seal shock belakang yg komplet..mhn d bantu…081330256089

    Suka

  5. TOLOOOOOOOONNNNNNNNNG…..

    Aku ank yg baru pngen tau soal motor, motor Q Yamaha Crytpton. Pengen ganti shock depan enaknya pake apa y..???

    Kalo bisa jwaban d tunggu d email…..

    Suka

  6. klo punya jupie z,, shock depan diganti punya kwasaki blitz R,, cocok gk y??? byar empuk gt,,cz yamaha keras bro,,,

    Suka

  7. iya mas bro mas bro ,,kalo ada yg tau panjang as sok depan tolong dong di up date…as rx s sama rx king berapa yah? sama ngak

    Suka

  8. tanya dong ..shock depan untuk all new honda cbr 150 berapa diameter dan panjangnya ya..??kira2 bs disubtitusi dengan punya apa?matur nuwun

    Suka

  9. Numpang nanya gan and bro.jupi 2003 ane suka keluarin suara mendengung seperti suara lebah dari dalam mesin.biasa yg kena apa nya gan and bro ?

    Suka

  10. Ikutan nanya bos.jupi 2003 ane klu msin hdup keluar suara mendengung sprti suara lebah dri dalam mesin.biasa yg apa nya bos.trims sblm nya .

    Suka

  11. tambahan as shock rxking, rxz, rzr, sama ukurannya 30mm. varian motor sport 2 tak yamaha emang paling kecil diameternya.. jadi kurang gagah kurang ganteng..
    buat para suhu ane mo nanya bisa gak shock depan rx king di ganti dengan ukuran 31mm dari motor lain tanpa ganti segitiga, kira2 klo segitiga atas bawah dibubut 1mm masih kuat gak? rxz ane udah dirubah jadi trail mo ganti shock depan pengennya punya sukuzi TS tapi kok harganya selangit, punya sokorpio juga harganya gak nahan apalagi limbahan upside down SE mahal amirr.. mohon pencerahan

    Suka

  12. Ms bro,kl diameter segi3 shock suzuki TRS brp ya??q mo ganti shock dpn,unt shock dpn yg paling tinggi motor apa ms bro?thgkyuuuuu..

    Suka

  13. mas bro, mana yg lebih panjang fork tube diameter 26mm pny honda revo, CS1, Suprax125 ? coz ane mau ninggiin shock depan supra x125. klo bs subtitusi dg merk yg sama (honda). makasi sebelumnya.

    Suka

  14. mas kalau tabung sok bebek tp pipenya mtr lanang bisa gk, mtrku cs1 mau tak masukin pipe win bsa gk ya.apa cm gnti pipe ma pernya aja Rencananya segitiga atas tak bikin sendiri mksh.

    Suka

  15. Nanya boss.Tinggian mana shock depan punya rx king, gl pro, mega pro, tiger? Trus shock yg cocok buat motor supra x lama kira2 yg mana ya? Pemula ni mo bangun tril2an.

    Suka

    1. bisa pake punya yamaha scorpio se set mas.. temenku udah ada yang aplikasi.. dijamin aman dan cuman ngubah komstir segitiga bwah.. smoga bermanfaat

      Suka

  16. Mas kalau penutup shock depan buat bebek di lepas ada efek g ? soalnya kan motorsport atau Satria FU kan juga telanjang tuh shock depan e.

    Suka

      1. kalau supra/grand lama kan ada penutup di samping nya tuh, kan bisa di copot karena g nyatu sama spakbor depan kaya cub jaman sekarang.

        Suka

      2. nah kotor itulah yang bikin aku harus ganti as shock+tabung kanan kiri Showa total 650rb hari ini,,hahaa.. Sebelumnya pake merk KW.

        Suka

  17. kalo diameter pipa shock depan new shogun 110 (bukan shogun kebo) berapa ya? trus kalo mau ganti bottom shock variasi bisa subtitusi pake punya apa?

    Suka

  18. klo suspensi dpn buat zx130 bisa pake apa yach??.kira2 suspensi depan paling bgus kelas bebek apa?bisa g dipasang bwt zx 130

    Suka

  19. Aku punya CB-100 pake shock depan komplit punya GL-Pro tp harus rekayasa di komstir, alhasil karena bengkelnya kurang canggih, komstirnya sering masalah..
    Pernah baca artikel, RXZ bisa pakai tabung shock depan punya Scorpio, tp non bracket/segitiga atas-bawah, apakah betul mas brot? Apa ukuran RXZ dan scorpio sama 30mm?
    Rencana mau ganti per spring RXZ, subtitusinya apa ya mas brot? Pake punya Scorpio bisa ndak ya? Nyari ditoko susahnya minta ampun.. Mohon petunjuk. Trims.

    Suka

    1. Ga bisa mas..
      RXZ sama Scorpio ga jodoh..
      Rxz di 30 mm Scorpio di 33 mm..
      subtitusi untuk Gl pro itu banyak mas.. bisa pake punya tiger,verza, cb sf.. dll varian honda cowok kisaran 150 cc itu sama semua.. silahkan .. semoga membantu..

      Suka

  20. Maaf mas mau nanya kalau yang diameter 30 mm selain punya rxk sama thunder apalagi ya mas…sya butuh buat kompetisi gresstrek tp pengen shock yg bagus

    Suka

  21. mas kalo ukuran 30.5mm piunya motor apa ya ada yg tau ga? soalnya buat minerva kalo sma king beda koma 5 doang tipis gtu perbedaannya

    Suka

  22. Mas mau tanya nih, honda beat saya mau ganti as sok depan punya supra x 125 biar tinggi. Itu apa aja yang harus diganti ya?

    Suka

  23. Mas bro, tabung shock depan sx100 sy mau diganti sama sx125, kira2 bs gk ya ? Klo bisa, yg diganti tabung’y doang atau sama apanya ya ?
    Terima kasih.

    Suka

  24. bang saya mau pasang shok dpn win sama segitiganya ke mtr astrea grand tp ngk sampe besi segitiga bawah yg punya win kira2 gmna ya ? mohon bntuannya

    Suka

  25. mas,q punya absolute Revo,mau q jadiin Ayago,untk shockbreaker+segi3ny dpan nya pke punya pa ya tnpda harus dirubah lagi dan tinggal pasang.

    matus suon lho mas.

    Suka

  26. Assalamu’alaikum mas numpang nanya..
    ninja 250R ane as skoknya bengkok..
    dana saya mau cari partnya sulit bgt, adapun yo luarang alias mahal hehe..
    Tolong saranin donk enaknya d ganti pake as skoknya apa ya??
    yg sekiranya ukurannya sama..
    Kalo bisa kasi tau hrgnya skalian yaa hehe

    Suka

  27. Sy punya astrea grand rencana mau pasang cakram depan dari honda blade komplit sama segitiga, apa akan mudah untuk disubtitusikan?

    Suka

  28. maaf numpang tanya gan…motor saya trail loncin sparta 125 dan sekarang saya sedang kesulitan mencari sil sokbeker depan yg bocor. Barangkali agan2 ada yg tau. Kira2 yg pas pake sil sok motor apa ya?

    Suka

      1. Mas minta pencerahanya. kalo tabung sok fu ane pengen di ganti tabung sok beat apa aja ya yg di rubah . Mohon pencerahnya

        Suka

  29. om tolong bantu dong, aku mau buat motor legenda ku di jadiin choppy cub, kalo mau pake shock depan GL100 itu apa aja yang di butuhkan, dan apa bisa? tolong bantuannya ya om …
    terima kasih

    Suka

  30. Koq satria fu bisa masuk kelas sport ya..motor ayago itu kan mirip sama bebek (cub)..bukannya tipe motor dikatakan tipe sport kalo tangkinya berada didepan rider,bukan dibawah jok rider…

    Suka

  31. Mas mau tanya.. As shock depan yamaha 125z kan diameternya 27mm.. Nah saya mau substitusi.. Kira2 pake as shock mtr apa ya yg diameternya 27mm juga?
    Makasih.. Balas ya mas soalnya as shock nya udh luka parah 🙂

    Suka

  32. tanya bro klo batng shock dpan ninja d pasang d vixion bisa ga? diameter nya kan sma( batang nya aja, segitiga, tabung shock tetep vixon)

    Suka

  33. mas, mau tanya, shock depan vixion se T nya dI ganti dngan punya bison bermasalah dngan lubang tempat komstir kah ?atau diameter komstirnya sama ?

    Suka

  34. Mas kalo vega taun 2000 a.k.a cripton mau pasang caliper dan master punya mio, apa kalo cmn beli tabung shock depan mio bisa dipake ga ke vega ku. Trus panjang fork pipe vega dgn mio kan beda panjangnya, masalah gak ya? Trims.

    Suka

  35. mas bro sya shock dpan sya mu gnti pke racing pngen,y sa di bkin ceper bsa g ya nma tbung,y ap biar ga slah motor ane revo 100 cc jadul ,,hlmohon pencerah,y mksihh

    Suka

    1. Mas sya ad motor honda prima mau buat ct110 nah problem .ganti shok depan nya komstir nya ganti atua gimana apa langsung bisa ganti pakai gl pro? Tolong.bantuan nya
      Atau.bls di. Email saya votre666@gmail.com

      Suka

  36. Permisi om,mau nanya klo shokbreaker depan ninja kiss itu klo mau di ganti,pertanyaan saya, shock apa yg cocok dengan ninja lawas saya ya? Trmksh atas infonya

    Suka

  37. permisi gan ane mau tanya shock yg ukuran bera yang cocok/mantep kalo mau pasang velg lebar ukuran 3-4 inch

    Suka

  38. mas saya mau modif megapro primus biar double disc brake depannya,pake case tabung thunder (karena dudukan kalipernya di kiri) tapi tetep pake tabung shock standar megapro bisa ga ya?

    Matur suwun sebelumnya (y)

    Suka

  39. Bos numpang nanya nih…… Kalo sok dpn tiger posisi berhenti soknya main tp Lo jln kaya sok mati…… Apanya ya bos
    Thanks

    Suka

  40. Masbro klo mio pake as shock depan fu ma segitiga atas custom… Bisa ga bro…?trus apaan yg harus di ubah….?trims n confirm…

    Suka

  41. Gan. Saya punya motor scoopy fi. Mau tambah tinggi shock depan. As shock apa yg cocok buat honda scoopy ? Yamaha masuk gk ??

    Suka

  42. bro sy pnya mtr megapro primus 04. shock dpn udh sy gnti pke yg new tp kw, tp br brapa hari udh bunyi jeduk jeduk pd shock. kira2 gmn solusinye? mhon info nya suhu..

    Suka

  43. mas bro nyuwun ngapunten mau tanya sy punya klx tp shock dpn aku ganti usd ukuran asnya 35 kalo pernya diganti yg lebih kecil misalnya punya scorpio yg asnya 33 kira kira ngaruhnya apa ya mas soalnya kayanya per nya nyrempet jd nggak halus gitu mas matur nuwun mas

    Suka

    1. sepengalaman saya.. pre memang di bjat mepet mas.. kalau diameternya jauh.. malah pernya nanti mleyot dan tentunya kekuatan serta kelenturannya tdk sesuai.. tapi kalau mau di coba monggo saja barangkali bisa lebih baik.. kalau ga alus coba di kuras olinya.. barangkali ada gram sisa proses yang tertinggal di dalam

      Suka

  44. as,,,, brow ku mo tanya… kira2 sok depan stria 120 di ganti ama sok depan bison ccocok ngga yaaaa. trus kira apa lagi yg perlu di di ubah.

    Suka

    1. usd type nya macam2 dan saya belum tahu ukurannya.. coba konsul ke bengkel terdekat (bengkel modif) untuk melihat ukursn keduanya untuk melanjutkan tindakan supaya masuk

      Suka

  45. mas punten mau tanya ane punya gl 100 tabung shock depan diganti sama tabung motor apa ya biar bisa pake rem cakram. Rem cakram bawaanya masih kuno soalnya, pake kawat n ga pakem. Maturnuwun.

    Suka

      1. Numpang tanya boz as shock depan tiger revo sama ga dngan cbr 150r
        Atau satu set as shock ama tabung tiger d pasang k cbr 150r

        Suka

      1. Siang mas , mohon pencerahan nih motorku kan NVL shock dpn udah tak ksh peninggi 8cm tp sek kurang tinggi , nah rencana mau tak subtitusi antara pipa shock scorpio , klx , ninja 150 kan diameter sama 33 .
        Nah itu yg paling panjang punya sapa dan apakah ada yg perlu penyesuaian atau PNP ? Terimakasih sblumnya

        Suka

  46. Malam mas , mohon pencerahan nih motorku kan NVL shock dpn udah tak ksh peninggi 8cm tp sek kurang tinggi , nah rencana mau tak subtitusi antara pipa shock scorpio , klx , ninja 150 kan diameter sama 33 .
    Nah itu yg paling panjang punya sapa dan apakah ada yg perlu penyesuaian atau PNP ? Terimakasih sblumnya

    Suka

  47. Malam mas , mohon pencerahan nih motorku kan NVL shock dpn udah tak ksh peninggi 8cm tp sek kurang tinggi , nah rencana mau tak subtitusi antara pipa shock scorpio , klx , ninja 150 kan diameter sama 33 .
    Nah itu yg paling panjang punya sapa dan apakah ada yg perlu penyesuaian atau PNP ? Terimakasih sblumnya mas.

    Suka

  48. bro saya mau nanya, apakah bisa tabung shock depan tiger di pasang ke batang shock depan suzuki TS125, biar bisa pake cakram depan, bahan2nya apa saja yg harus saya siapkan

    Suka

  49. gan punya ane scorpio, shock depan udah gk karuan, harus ganti 1set, pengenya sih ane ganti sekalian ama yg lebih panjang, kira kira ada gk ya yg cocok tanpa harus rubah rumah komstir. makasih gan

    Suka

  50. mau tanya gan panjang as shock honda beat sama supra x 125 panjang yang mana?
    trus kalo seandainya as shock honda beat diganti punya supra x 125 bisa gak ya?

    Suka

  51. Mau tanyak,rencana mau bikin ayam jago supra,pipa shock satria fu kolaborasi tabung shock pake supra (kebetulan diameter sama),segitiga bawah tetep pake supra,segitiga atas satria fu bisa nggak ya di aplikasikan,,,?

    Suka

  52. Motor saya scorvio dirobah jadi terabas pake ban depan 21 kendalanya shock depan sebelah kiri slalu bocor padahal beli seal mahal terus sehari bocor yg kanan ge bocor. Shock mulus tanpa cacad dan tidak bengkok. Apa yah masalahnya

    Suka

  53. motor saya honda cs1 2008 mau ganti shock depan. tapi nyari yg orisinal susah di daerah saya. kira kira shock depan motor apa yang pas untuk motor saya mas? mohon pencerahannya mas.

    Suka

    1. Kang maaf mau tanya, kalo panjang tabungnya shock Tiger dan thunder 125 panjang mana ya ?? Untuk tabungnya saja bukan keseluruhan meliputi as nya.
      Trim’s

      Suka

  54. mas mau tanya as shock fu atau sonic 26mm. di aplikasikan pakai shock bottom mio atau sejenis metic yg as 26mm bisa tidak.pnp atau bnyak rubah
    terimakasih

    Suka

  55. Gan kalo beat all new as shock depan nya di ganti pake satria fu
    Nb:
    Beat :26*19 klip
    Satria: 26*19 klip
    Kira” cocok ga y gan?

    Suka

Tinggalkan komentar