Salam Pramuka – Kenangan Raimuna Nasional 2003 di Prambanan

Salam Pramuka..  tanggal 14 Agustus kita semua mungkin sudah tahu, merupakan Hari Pramuka. Mengingatkan pada satu kenangan masa lalu, flash back sebentar dimana pada tahun 8 tahun yang lalu saya ikut dalam salah satu even nasional yaitu Raimuna Nasional 2003 di Prambanan, Yogyakarta. Saat itu jiwa muda sedang semangat-semangatnya nyari pengalaman blayangan kemana-mana termasuk kemping :mrgreen: .  Pada Rainas 2003 ini saya ikut sebagai panitia di Bagian Administrasi yang pada hari H nya diterjunkan di Kelurahan Hasanudin.

Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka, seperti Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, Raimuna Nasional. Kata Raimuna berasal dari bahasa suku Asli di wilayah Yapen Waropen-papua, yang berasal dari kata Rai dan Muna yang artinya pertemuan ketua suku dalam suatu forum yang menghasilkan suatu tujuan suci untuk kepentingan bersama  (wikipedia).

Raimuna Nasional VIII yang diadakan pada tahun 2003 merupakan Raimuna Nasional pertama yang diadakan diluar “kebiasaan” , Raimuna Nasional VIII diadakan di Taman Candi Prambanan-Yogyakarta. Sayang saat itu belum banyak gadget seperti saat ini, belum ada HP berkamera, masih menggunakan kamera dengan film negatif atau biasa disebut klise.  Mungkin karena keterbatasan alat komunikasi (saat itu Hp masih merupakan barang yang sangat mewah) sehingga seiring berjalannya waktu saya satu persatu putus kontak dengan rekan-rekan. Yang masih satu daerah di Jogja saja sudah tidak saling berhubungan, apalagi yang dari Bali, Kalimantan, Lampung dll 😀 .  Banyak sekali suka dukanya, dukanya mulai dari kekurangan air karena saluran PAM tidak mengalir, Memergoki teman yang terserang virus Cin-Lok :mrgreen: , harus bangun pagi-pagi karena memimpin apel pagi dan masih buanyak lagi ceritanya. Sayang saat itu tidak terdokumentasikan dengan baik, bahkan 2 rol film saya pun yang berisi berbagai kegiatan dan foto rekan-rekan hilang ntah kemana 😦 .

Melalui artikel ini bila ada rekan yang ikut dalam Raimuna 2003 baik sebagai peserta maupun panitia, salam jumpa lagi dengan saya, mungkin sudah lupa dengan wajah saya karena 8 tahun bukan waktu yang singkat.  Ditambah lagi setelah acara tersebut saya langsung vakum dari dunia kepramukaan tidak pernah nongol di DKC maupun DKD :mrgreen: .

Nama : Muh Nurhidayat dari DKC Kulon PRogo, email : muhamad.nurhidayat@gmail.com

Demikian sedikit cerita saya, sebenarnya sangat banyak pengalaman saat Raimuna 2003 tersebut tetapi belum bisa saya ketik disini 🙂

Tepuk Pramuka Prok..Prok..prok..prok.. Prok..Prok..prok..prok.. prok.prok.prok.prok.prok.prok.prok :mrgreen:

Wassalam

Penulis: sijidewe

Seneng sharing hal yang positif, khusunya terkait komputer, otomotif, kuliner dan lain-lain...

45 tanggapan untuk “Salam Pramuka – Kenangan Raimuna Nasional 2003 di Prambanan”

    1. wah iya lupa.. sampeyan juga ga pasang status sih.. 🙂 terus latitude di aktifin mesti tak cari sampeyan

      (emang jaman dulu FB dah ada ya :mrgreen: )

      Suka

  1. sabda pandhita ratu…

    gara2 event ini juga yat…aku jadi seneng dunia photography, gak mau melewatkan moment berharga hilang begitu saja… Selamat yo dah jadi bapak… le ngumbah popok sik resik…..

    Suka

  2. salam pramuka,,,,,emang kenangan rainas 2003 masih bisa d kenang, saya masih menyimpan foto-foto rainas 2003 dulu walu udah agak usang sedikit hihihihihihihi,

    Suka

  3. Salam Pramuka,
    Saya Fahlivie dari Kwarcab HSU (KalSel)
    Masih ingat kenangan indah RaiNas 03 dulu, masih kelas 1 SMA saat itu, hehehe….
    Di Prambanan tempat yang penuh kenangan dari sekedar di kejar2 cewek dari kacab lain sampai jadian sama cewek, hahahahaaaa…
    Rameee banget,,,

    Suka

  4. woiii,,,,,wah,,lm tak jumpa,,,
    ingetkah,,,ak jd d administrasi perkemahan dlu,,,,
    rofi n hatte,,,,
    mksih y dlu dah d pinjemi kamera,,,,

    Suka

  5. salam pramuka,
    terima kasih kakak telah membuat artikl ini sehingga sy bs terkenang masa2 itu d prambanan.
    sy ingin skl bs brkomunks dgn temn2 yg masa itu mengnl sy. sy eks rainas 2003 kontingen kab.bandung jawa barat.
    smoga pramuka jaya!!!

    Suka

  6. Untunglah semua kenangan gak hanyut terbawa Tsunami, tapi sedihnya banyak temen2 pas Rainas dulu hilang pas Tsunami..hiks…salam Nanggroe..Aceh.., Darussalam

    Suka

  7. kanggeenn,,, kenangan rainas 2003. Benar2 pengalaman yg luar biasa,, sayang fotonya emg blm terdokumentasikan dg baik ya,, saya kontingen dari kalimantan barat. buat teman2 yg pny foto2 kenangan mohn di share ya,,

    Suka

  8. Saya dari kontingen kota lubuklinggau.sumsel.. Makasi uda ngingatin sya masa lalu diprambanan byk kengan dari sana yang akan saya critakan pada anak2 saya nanti.. Rainas 03. Jossss…,

    Suka

  9. salam pramuka….
    saya dr kontingen Flores Timur, NTT
    kenangan rainas 2003 di prambanan takn trlpkan, slmt brjmp lg n slm knal bwt smua.

    Suka

    1. Asalamualaikum slamat malam salam pramuka, saya yuli dri kwarcab 2603 kabupaten jayapura. .
      Saka Dirgantara Lanud Jayapura. . .
      Salam kenal saja buat kaka kaka semua

      Suka

  10. Salam pramuka!!! Saya niluh eka koncab lampung tengah., saat saya inget lagi dg rainas 2003 sy lgsung cari mencari eehh ternyata nemu blog nie,, Kangen dengan masa2 itu, banyak kenangan yang mengesankan, sayangnya tidak terdokumentasi dg maksimal, saat itu sy msih kelas 1 SMA,,

    Suka

  11. Salam pramuka!!! Saya niluh eka koncab lampung tengah., saat saya inget lagi dg rainas 2003 sy lgsung cari mencari eehh ternyata nemu blog nie,, Kangen dengan masa2 itu, banyak kenangan yang mengesankan, sayangnya tidak terdokumentasi dg maksimal, saat itu sy msih kelas 1 SMA,,

    Suka

  12. salam pramuka
    saya dari kontingen Tegal jawa tengah
    kegiatanku waktu rainas di jogja salah satunya adanya menyusuri goa cerme.
    Bersama sang ketua regu tusini dari jambi tapi sayang beliau jatuh ke jurang waktu itu dan nyawanya tidak bisa tertolong dan kalau inget jatuhnya membuat aku jadi takut ketinggian. Smoga Tenang di Syurga Sahabatku tusini dari jambi

    Suka

    1. salam pramuka
      hai yulia.. hai kawan2 semua.. saya alumni rainas 2003, kebetulan panitia lapangan caving di Goa Cerme 🙂
      peristiwa Alm. Tusini memang sangat disayangkan, saya yakin beliau tenang di surga..

      Suka

  13. salam pramuka perkenalkan saya muarif peserta rainas 2003 kontingen NTT kab. Alor

    salam kangen buat kita smua…saran buat admin dong bikinin group WA biar bisa silaturahmi siapa tau bisa reuni akbar…

    Suka

  14. Saya juga belum bisa mup on dari kegiatan ini….. Saya ikut melayani teman2 di bagian wisata. Tiap hari bangun sebelum subuh. Antri mandi, lalu ngabsen peserta yg ikut wisata. Aduhaaaaaiiiyyyyy meski kaki gempor naik turun tangga borobudur tiap hari tapi kok sekarang rindu ya???😁😁😁

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s