Oprek Xperia X8 (Instal Custom ROM)

Beberapa waktu lalu saya sudah posting mengenai Android Xperia X8 yang bisa di oprek-oprek (Instal Custom ROM) sampai Seri 2.3 atau GingerBread, yang mana saya sendiri saat ini menggunakan GingerXperia V5 (GingerBread 2.3.5), lalu gimana caranya.. Lets Go mumpung week end & lagi nbujang :mrgreen: mari kira oprek mas bro ala nyubi seperti saya..

Adapun Langkah-langkahnya sbb berikut :

1.  Rooting Xperia X8

2.  Instal Xrecovery

3.  Download Custom Room

4.  Lakukan Instalasi

5.  Selesai 🙂

Ok sekarang kita mulai, dengan di awali membaca “Basmallah” atau berdoa menurut kepercayaan masing-masing 🙂

1.  Root Android.

Root Android yaitu membuka pintu atau akses kita agar bisa mengotak atik isi file system pada android mas bro, jadi bila keadaan standar tidak akan bisa ngutak atik file sistem tersebut.  Caranya Cukup simpel, disini saya menggunakan Aplikasi Super One Click monggo search google atau di 4shared.  Setelah download dan Instal, hubungkan HP anda ke PC melalui kabel USB, sebelumnya jangan lupa aktifkan USB Debugging. Lalu klik tombol Root, tunggu sampai muncul tulisan “Device Rooted.  Kemudian cek dalam menu apabila sudah ada menu ‘Super User” maka sudah berhasil di Root.

____

2. Instalasi Xrecovery

Xrecovery nantinya dipakai untuk Back & Restore system, dan juga untuk proses instalasi ROM yang baru.

– Pertama Download terlebih dahulu file Xrecovery, bisa search di google “xrecovery for x8” atau disini (bila tidak cocok search yang for x8).  Hasil Downloadtan berupa file .rar yang berisi 3 file. (busybox, chargemon, xrecovery)

– Copy ketiga file tersebut ke memory card, kemudian dengan menggunakan aplikasi Root Explorer (search Google) copy lagi 2 file tersebut dari memory card ke memory internal ke lokasi /system/bin.

– Untuk mengetesnya, silahkan restart Xperia anda kemudian saat muncul tulisan SOny Ericsson langsung tekan tombol back, jika berhasil akan muncul layar xrecovery.

3. Download Custom Room.

Saat ini banyak sekali Custom ROM yang tersedia, jika ingin update terus silahkan ikuti forum di http://www.xda-developers.com, diantaranya

Ginger Xperia 5 (Ginger 2.3.5)

GingerCrutz 7.4 (Ginger 2.3.5)

FroyoBread (Froyo 2.2.9)

dan masih banyak lagi (nanti akan saya tambahkan lagi).

4. Instalasi Custom ROM

Proses INstalasi Custom ROM ini cukup mudah dan tidak memerlukan waktu lama.

– Copy File Custom ROM yang berformat .ZIP ke memory card.

– Restart HP anda lalu masuk xrecovery. (saat booting begitu muncul tulisan SOny Ericsson tekan tombol back), setelah masuk ke xrecovery geser cursor dengan cara menekan tombol volume (naik turun) pilih “Instal Custom .ZIP  -> Choose Custom zip from SD Card -> pilih custom Rom yang sudah anda copy ke memory Card. Tunggu Proses Instalasi.

– Geser Cursor lagi ke Factory Reset (Full Wipe), kemudian Reboot HP anda.  Selesai, tunggu sampai Booting selesai.

5.  Selesai Selamat Menikmati ROM baru anda 🙂

## Selamat ber-“explore” ndak usah takut-takut, tapi nek takut tenan yaa ga usah :mrgreen: (Yen wani ojo wedi-wedi, Yen wedi ojo wani-wani)

Monggo dicoba sambil nonton MotoGP 😉

Mohon koreksi bila ada salah, maklum newbie..

234 tanggapan untuk “Oprek Xperia X8 (Instal Custom ROM)

  1. Copy ketiga file tersebut ke memory card, kemudian dengan menggunakan aplikasi Root Explorer (search Google) copy lagi 2 file tersebut dari memory card ke memory internal ke lokasi /system/bin.

    – Untuk mengetesnya, silahkan restart Xperia anda kemudian saat muncul tulisan SOny Ericsson langsung tekan tombol back, jika berhasil akan muncul layar xrecovery.

    tpi aku tidak mncul layar xrecovery. padahal sdah sesuai prosedur…. apa yg salah ya…. mohon bantuannya….????

    Suka

    1. ada 3 file yang harus ditumpukkan ke /system/bin. jika periksa lagi apa benar 3 file tadi sudah masuk (periksa ukuran file, misal file chargemon asli berukuran 15kb, sedang file baru cuma sekitar 200b.. file xrecovery aslinya tidak ada, periksa apa sudah masuk). jika tidak bisa tercopy, ganti root explorer pake versi lain. reboot, saat muncul logo sony ericsson tekan berkali-kali tombol back dan xrecovery akan tampil. kadang perlu 3 kali reboot baru bisa muncul.

      Suka

    1. pada root explorer.. sisi kanan atas ada tulisan r/o (read only) silahkan di sentuh sampai berubah menjadi r/w (read / write)

      Suka

      1. wadoh mas ane masi newbie,x10mini ane uda ngebrick 2x ai hihihi,gara gara gila costum,download costu masuk recovery instal costum zip,reset ful factory,trus rebot wkwkwk apa yg terjadi cuma logo sony doank.jd all kalo mau ganti costum siapin aja SEUS buat jg jg kalo ngebric

        Suka

      2. manteb mas.. itu baru laki namanya, sering ngebrik alias bootloop punyaku juga xixixixi, kalo saya pakai flashtool

        Suka

  2. nyuwunsewu mas,
    sy ndak bisa instal x-recovery nya
    -root: sudah (sudah ada superuer)
    -dikopi ke /system/bin: busybox 718.07K,chargemon 14.02K, rootshell 9.45K, xrecovery.tar 2.16MB

    sy restar sudah 6 kali, tekan back berkali-kali, ndak muncul layar x-recovery nya..

    matursuwun…..

    Suka

    1. pakai seus bisa.. buka saja webnya sony erricson bos, atau rom yang sebelum / standar back dengan xrecovery pada menu ada back up & recovery 🙂

      Suka

    1. saya kemarin pakai no problem bozz.. untuk pemakaian biasa game dll lancar.. malah udah langsung multitouch

      sekarang pakai GX10

      Suka

  3. tetep ga bisa kluar gan sinyal nya,, uda ane coba pke gringerxperia v10 atopun v5 sama aja,,, (yg ane maksud sinyal internet ) jadi ga bsa buat internetan,, buat telpun,sms sih bisa, thanks

    Suka

      1. Coba apnnya dset manual.
        Td malem gw coba install kejadiannya sama,gprs/edge/3gnya ga muncul..stlh dset manual br bs connect..

        Suka

  4. custom ROM yg lbh bagus n stabil apa ya???
    sebutkan perbedaan sma gingerxperia v5 apa aja???
    cara ganti romnya gmana??
    aplikasinya yang udah ke install di sdcard ilang gak???

    maaf banyak nanya
    maklum newbie
    hidup robot ijooo

    Suka

    1. masing-masing cusrom ada kelebihan & kekurangan mas, adi pilih2 aja.. perbedaan emm apa ya.. mungkin dari segi stabilitas.. cara ganti rom, sesuai artikel.. aplikasi di SD card card ga ilang tapi kadang ga bisa dipakai kudu instal lagi

      Suka

  5. Halo Mas, mo nanya nih (masih newbie bgt)… kalo kita mo ganti ROM yg versi lainnya, caranya sama aja ya ky contoh di atas? thx atas jawabannya…

    Suka

      1. Selamat sore master.
        Saya sudah baca semua comment disini, tp ko ga ada satu pun yg ngebahas SE W8. Semuanya tentang x8.
        Nah saya mau tanya apakah semuanya mulai dari rooting sampai update custom rom juga berlaku buat w8 saya?
        terima kasih kaka saya newbie.

        Suka

  6. mas, saya mau nanya.. ini kok waktu mau copy “3 file” ke /system/bin nya kok ga bisa ya ? selalu muncul tulisan
    You Cannot paste here because the file system is read-only.
    mohon penjelasannya kakak (^ ^)

    Suka

    1. ane juga udah sucsses dan wifi lancar ko mass coba instal ulang lagi aja costum room nya atau cari costum zip lainnya pake 2.3.7 mas

      Suka

  7. coba mas matiin hp nya lalu kalo bisa di carger off brarti bisa-pada saat carger off biarin dulu sampek mati layar secrennya tunggu 1menit langsung tekan power dan tahan pada saat getar lepas(dgn cepat tahan lg )biasanya xperia emang gt dan saya uda 5x dlm 1/2jam masuk xrecovery,y gt brani g brani g ,terakhiq gua braniin wal hasil langsung g mau nyala alias mati g hidup g ntah apa yg salah:@0:)0:)0:)

    Suka

  8. Mas mau nanya ni ?

    – Copy ketiga file tersebut ke memory card, kemudian dengan menggunakan aplikasi Root Explorer (search Google) copy lagi 2 file tersebut dari memory card ke memory internal ke lokasi /system/bin.
    1. aplikasi Root Explorer (search Google) ini apa dan gimana Mas ?
    2. copy lagi 2 file tersebut dari memory card ke memory internal ke lokasi /system/bin : 2 file ini apa mas uang di copy dan bagaimana masuk ke Root Explorer ?

    Suka

  9. bisa kirimin aku ga gan, settingan APNnya, screenshotnya ya.. mohon bantuan.. ampe sekarang aku blom bisa munculin sinyal internetnya.. thankz before..

    Suka

  10. saya sudah coba gan, tapi kenapa setelah di full wipe n reboot kok g ganti OS y? saya cek masih tetep eclair. padahal langkah2 di atas suda berhasil semua.. hepl me gan

    Suka

  11. wah, saya lupa ndak di factory reset (full wipe) n sekarang booting nya ngehang.. apa yg harus saya lakukan?? :O

    Suka

  12. gan,,mau tanya sebelum di custom room, baseband harus di ganti dulu? soalnya saya pake V5 kok ga bisa yah,,mohon pencerahan,masih newbie

    Suka

  13. Eh ada yang lupa kaka.
    apa semuanya jg berlaku buat w8 saya?
    trus rom yang paling stabil buat w8 saya apa ka selain gdx? Ini saya pake gdx v019 mau ganti rom. Ataukah afa gdx terbaru kaka?
    terima kasih kaka. Ana newbie kaka

    Suka

  14. booting nya udh selesai, pas m nyala ada kaya screen saver cyanogen (mod)7 dengan panah yang bergerak melingkar. terus stelah bbrp saat panahnya berhenti, dan proses start up juga berhenti. ini knp y admin?, bingung nih……
    -_-‘

    Suka

  15. gan .,,., experia ane hbis gue install android gingerDX 2.3.5 gag bs keluar sinyal gprs/3g padahal udh gue setting manual ,.,.,,gmn ini gan,.,.,mohon pencerahannya,.,., plisssssssssss,.,.,.,..help meeee,,.,. 🙂

    Suka

  16. gmn boz?? pnya q experia x8 .,.,klu buat browsing pake wifi bisa connect,.,.tp klu pake kartu tlpon berbayar kok g bs,.,.(g muncul sinyal gprs nya,.,.),.,,mohon pencerahannya gaann,..,,tolonggg,.,

    Suka

  17. saya udh pake rom ini awal nya semua berjalan normal , tapi kenapa ya sekarang sering bgt ada notif not responding udah gitu hp restart sndiri trus ,sehari bisa smpe 7 kali ,knpa ya gan ?

    Suka

  18. gimana cara nya mengganti rom ? saya sudah pke rom modif gingerbread 2.3.3 minicyanogen(mod) pngen ganti ke Ginger Xperia 5 (Ginger 2.3.5) ?

    Suka

    1. Mantab gingerxperiav5nya tokcer alias no laggs.mau tanya lagi nih kalo udah bosen romnya bisa gak digantinya dengan cara yg sama?

      Suka

  19. Bang,tanya dunk..
    Kalo dari GingerXperia V19 mo naek ke GingerXperia V23 gimana caranya yah bang?
    Apa harus ngulang tutorial diatas?
    Ato gimana bang?
    Tolong di bantu yah..

    Suka

  20. Mas punyaQ W8 aq ikut tips di atas upgrade gingerXperia V5 langkah untuk xrecovery lancar cuman untuk upgrade Custom RoM kug gagal terus ya mas keterangan Baseband not kompetibel padahal
    – firmware sony ericson Terbaru : 2.1.1.A.0.6
    – Versi Linux Kernel: 2.6.29

    trus aq upgrade make Download Srom-2.3.3Gingerbread-v2 (x8) baru bisa jalan tolong bantuannya ya ?

    Suka

  21. Gan, help me..
    udh berhasil upgrade ke gingerbread tp pas reboot cmn ada tulisan soner terus dak msk2 ke menu ….itu np yaa???

    Suka

    1. gan, ijin jwab yg di atas…
      hnya skedar bntu…

      klw x8 cmn mncul lmbng soner’a doang, tu nma’a brick..
      tu hrus di flash…
      cra flash’a bsa pke flashtool atau SEUS..

      Suka

  22. copy lagi 2 file tersebut dari memory card ke memory internal ke lokasi /system/bin.
    maksudnya 2 file itu file yang mana gan?

    Suka

  23. gi mana nihh gan, ane kgak bisa x-recovery dan root explorer nya 😦
    padahal sblm’a aplikasi Superuser udah terinstal, tpi kok blm upgrade ke Gingerbread :/

    Suka

  24. Gan, ane rencana mw beli x8 nih. Yg ane pertanyakan kalo pake custom rom kinerjanya cukup stabil nda y (untuk jalankan applikasi dan game HD)?
    Kalo gingerxperia v5 Bugs nya apa aja gan?
    Mohon pencerahannya gan. 🙂

    Suka

    1. saya sekarang pakai GX25 revolutio + kernal 11 gan.. biasanya cocok-cocokan sih,, saya sampai saat ini cocok pakai GX

      Suka

  25. gan ane download SOC ko ga bsa jalan alias dibuka….
    beliao bilang
    “the aplication faild to initialized properly (0xc0000135)”
    kurang lebih begitulah pesan beliao…… mohon pencerahannya gan kbelet pengen nge ROOT x8 ane, maklum neubi lagi kasmaran2 nya………

    satulagi buat para master X8, ko ane punya seting google acunnya ga bisa, ada aja alesannya masalah jaringan lah apa lah, di suru pindah pke wi-Fi tetep aja ga bsa…… jadi ndak bisa down load aplikasi dah…… mohon pencerahannya……..

    Suka

  26. mas bro,,,
    link GingerXperia v13 ngga bisa dibuka tuuh…ada link lain ngga?
    oh iya… udah dapet link GingerCrutz 7.4 yg lain belum yak…?

    makasih

    Suka

  27. masih gak bisa gan, dah pencet back ampe ledes gak muncul Xrecovery menu nya ….. padahal dah copy 3 file xrecovery n ganti permissiiions juga, ato salah file ? ato seri ane gak bisa di unlock ya?

    Suka

  28. wifi nya tidak bisa aktif kenapa Mister?? saya pake cusroom Ginger Xperia 5 (Ginger 2.3.5), bhkan icon wifi nya pun tak muncul waktu diaktifkan.. dan tanda centang nya juga.

    Suka

  29. kalau sudah di custom rom, aplikasi-aplikasi yang lama apa kah hilang atau terhapus? cara back up aplikasi yg lama bagaimana ya?

    Suka

  30. master saya mau nanya kl dah d install terus berhasil,,,
    lalu kl custom rom yg ada di SD car saya hapus ga apa2?????
    atau akn terjadi sesuatu??????
    mohon pencerahan nya………

    Suka

  31. gan kok pas slesai di custom, internet ane gak mau nyala yah, itu kira2 kenapa? tiap ane custom selalu gitu, mau pke yg v3 ataupun v5 sama aja.

    Suka

  32. gan,ane butuh bantuan nih.se xperia x8 ane baru saja aq upgrade jadi gingerbread 2.3.3…tampilannya baik,tapi kenapa sewaktu gunkan kamera..di buat video tiba2 brubah warna putih..n aq liyat di galeri..gag bisa di puter..kenapa itu gan.ada saran gag yg pas buat buat hp ane…kamera baik..video oke tampilan.menarik..plisss bales gan maaf jika bnyag tanya..newwbii

    Suka

  33. mas bos q dah coba ko ngak jadi ya..
    padahal dah sama persis sama yg diatas..
    niku pripon ngeh??
    mohon bantuan’y tornuwon

    Suka

  34. full working thx buat agan yg satu ini..tp ada 1 masalah aja yg kurang sreng, kenapa data trafic kadang2 nyantol ya? mohon cara mengatasinya

    Suka

  35. gan…hp ane x8 udah di root,trus sd card ane udah di partisi,xrecovery jg udah ada…ane pkek link2sd bwt pindahin aplikasi ke sd card,,trus yg q mau tnyain klo q mw ganti rom gigerbread bisa langsung g?? ato kudu nghapus link2sd+partisian ane dlu…kn ktnya kalo pkek rom gigerbread udah bisa langsung move aplikasi ke sd card..mhon pncerahannya……

    Suka

  36. mas saya udah instal versi 2.3.7 cyanogen mod.
    nah trz saya coba instal lagi ics 4.0 dengan jalan yg sama kayak diatas??
    tapi pas udh reboot knp tulisaanya” sony ericsson”aja mass??
    ga bisa ke recovery ???

    mohon petuahnya gan ??hp ane ga bs di pake,
    terimakasih….

    Suka

  37. gan ane sudah selesai upgrade iya tpi ko,,,, touchscreen iya krng sensitive iya, ana pake Ginger Xperia 5 (Ginger 2.3.5) untk hp soner x8,,,

    Suka

  38. gan,, pas ane instal costum room yg ginger xperia 5 di atas berhasil gan..
    trus lambang SE nya juga udh terlewati..
    pas ada gambar cyanogen yg putar” itu langsung berhenti gmbar nya..
    ane reboot malah kayak itu mulu..
    knp tu gan ??
    plis jawab gan,, ane masih newbie,, bru bljar ngoprek..
    sebelumnya makasih ya gan

    Suka

  39. gan ane dlu da pake ginger 2.3.3 tapi sering restart sendiri, trus ane balek ke eclair, trus sekarang mo cba rotijahe lagi tapi xrecovery gagal install tu roti jahe. gmn si cra nya agar iso pke rotijahe lg

    Suka

  40. Assalam..Mas bro,kebetulan x8 saya saat ini versi gingerxperia v5..tp kok ya sering lelet n bbrapa aplikasi sring force close. Ada saran gak biar performànce andro saya lbh cpt n gak neko2????

    thanks before yak 😀

    Suka

  41. kak , saya udah restart , pas ada tulisan sonyericsson nya , saya tekan tekan .. tp koq malah tulisa sony ericsson nya gak hilang hilang ?

    Suka

  42. Gan mo nanya…..q udah berhasil instal Custom ROM yg agan pake di SS itu…alhamdulillah….
    .tapi masalahnya knapa ya kok netwoprknya ga bisa kluar, yg simbol “E” itu….pdhal settingan networknya udah q centang….
    mohon pencerahannya dong gan…
    thanks ..
    🙂

    Suka

  43. Mau tanya dong Xperia x8 gw ko pas udah root pkai SromV7 bisa, nah pas mau gw root lg pkai Lotus V2, kok pas bootingnya ngbrik ya tuliasan Sony Ericsson ga bs masuk ke sistemnya. Gmna ya solusinya buat hp gw lncar lg / standar? Mohon bntuan, maap newbie 🙂

    Suka

  44. mau tnya gan knp y shakira sy setelah sy up wifinya g mau connect alias meminta almt ip terus, klu setingan ip dibuat stastik diconectkan mendapat ip tapi lnsng disconect…
    wifi rumah sendiri.. tp ditmpt lain hmpr 3 tmpt lbh jg sm sj sy cb..
    mohon bantuannya
    thanksss……

    Suka

      1. mas, kalau aplikasi file menegernya kehapus buka filenya lewat mana?soalnya data” ke riset kembali ke data pabrik…tolong bantuannya ya gan….

        Suka

    1. yg penting slama HH kebaca flashtool tombol bs di lepas kok sampai proses flash selesai… saat flash “”ingat ya, baterai HH harus 100% ato di atas 80% ) 🙂

      Suka

  45. Does your site have a contact page? I’m having problems locating it but, I’d like to
    send you an email. I’ve got some ideas for your blog you might be interested in hearing. Either way, great site and I look forward to seeing it develop over time.

    Suka

  46. Copy ketiga file tersebut ke
    memory card, kemudian dengan
    menggunakan aplikasi Root
    Explorer (search Google) copy lagi
    2 file tersebut dari memory card
    ke memory internal ke lokasi /
    system/bin.
    – Untuk mengetesnya, silahkan
    restart Xperia anda kemudian saat
    muncul tulisan SOny Ericsson
    langsung tekan tombol back, jika
    berhasil akan muncul layar
    xrecovery.
    tpi aku tidak mncul layar
    xrecovery. padahal sdah sesuai
    prosedur…. apa yg salah ya….
    mohon bantuannya….????

    Suka

    1. 3 file yg di copy dri folder Xrecovery adl ini gan , Busybox,Chargemon,dan Xrecovery.TAR. 🙂 kalo udah restart hp , trus tekan dan tahan BACK saat Muncul tulisan Sony Ericsson 🙂

      Suka

  47. aq coba instal dixrecovery tapi hasilnya kok aborted, padahal aq sudah ikuti semua dgn betul,,,, mohon pencerahannya maz bro..

    Suka

    1. ada yg lupa mungkin langkahnya gan ,,, 🙂 kalo hardbrick cara atasinnya juga mudah kok gan E15 ini 🙂 cukup di Flash ke Eclair 2.1 lagi hp kembali baru lagi 🙂

      Suka

  48. gan ane mau tanya gan …. xperia ane (e15i) pas ane coba flash pake flashtool awal2nya lancar gan tapi pas ada printah untuk cabut hp anda terus pasangkan sambil tekan tombol back nah disitu masalahnya muncul gan , kalo normalnya pas led nyala hijau terus si kompi/pc ngedetec driver hp kita tapi disini pas ngedetect kompi ane malah hang gan gak bisa buka menu apa aja (malahan munculin task manaeger aja gak bisa) itu masalahnya apa ya gan ?

    note :
    1. ane udah nginstal driver usb SE E15I
    2. anu udah instal Sonny Pc Companion
    3. kompi ane win xp sp 3 Ram 2gb prosessor intel (R) pentium (R) Dual CPU

    Suka

    1. kalo saya gini gan,

      langkah awal instal Flashtool yg fiturnya ada instal Driver-nya dalam paket RAR.jadi anda nanti tidak perlu instal PC Companion 🙂

      1.Hp di root pake Super One Clik
      2.trus nanti jka root berhasil ada menu “superuser” di menu Hp anda
      3.Nah skarang install “Root Explorer.Apk” dulu sebelum melakukan isntall CusRom
      4.Jika udah terinstall ,matikan Hp. Nyalakan lagi..
      5. Saat muncul tulisan Sony Ericson , anda segera pencet tombol “BACK” berulang2 atau “tahan terus tombol BACK” nanti muncul sendiri menu “XRecovery” nya 😀

      Suka

      1. oh ya lupa : ##saat udah install “RootExplorer” jangan lupa buka ,trus copy dulu 3 File Xrecovery nya (Busybox, Charge, Xrecovery.TAR -yg extensinya TAR) ke SDCard – System-Bin (angan lupa saat paste tidak bisa ,tekan tombol R/W diatas pojok agar bs ke PASTE ) 🙂

        Suka

      1. tapi bnyak kekurangannya rom JB adl HH sering restart sendiri tiap 4 jam skali ,kadang 3 jam restart sendiri 🙂 … sampai skrg saya setia Gingerbread saja , udah sering gonta-ganti CusRom dri berbagai Cusrom GB-JB, udah sering Hardbrick 11 Kali ,tapi santai gan ,kita cukup kembalikan ke Eclair lagi trus root lgi 😀 , mulai Root – BootLoader – Ganti Flash Kernel – semua lancar… tapi saya nya saja yg doyan gonta-ganti rom dan menyelidiki apa saja yg tdk berfungsi di tiap cusrom 😀

        Suka

  49. tapi menurutku paling stabil gingerbread 2.3.5 semua masih berfungsi baik radio,camera,gan. kalo jellybean rom kadang sering restart sendiri kalo di pake sms,…. 🙂 meski JB lancar tpi jk restart terus tiap 4 jam skali kan jadi kasihan jg hp nya… 😀

    Suka

  50. My spouse and I absolutely love your blog and find almost
    all of your post’s to be precisely what I’m looking for.
    Would you offer guest writers to write content for you personally?

    I wouldn’t mind publishing a post or elaborating on most of the subjects you write concerning here.
    Again, awesome site!

    Suka

Tinggalkan komentar