Iklan
jump to navigation

Xperia X8 bisa multitouch juga loohhh ^^ (Cypress touchpad) 15 Oktober 2011

Posted by sijidewe in Tahukah Anda.
Tags: , , , , ,
trackback

Multitouch.. Fitur ini yang pada kondisi standar pabrik tidak ada pada si Neng Shakira.. sempat jadi pertimbangan saya juga saat mau memilih antara neng shakira dan om GalMin :mrgreen: . Tetapi setelah ngluyur sana ngluyur sini di forum xda maupun android-indonesia akhirnya tahu juga ternyata Xperia X8 aka neng Shakira ini bisa multitouch, Yess makin mantab meminangnya.. Tetapi ada tetapi nya.. ternyata Xperia X8 ini ada 2 versi yaitu versi terdahulu (kebanyakan masih casing putih) menggunakan Display atau layar bertipe Snaptyc yang notabene belum real multitouch, dan yang versi ke 2 (“sepertinya” yang sudah bercasing hitam, produksi 2011)  sudah menggunakan layar type Cypress atau sudah real multitouch.

Nah sebelum kita pasang modul multitouchnya kita cek terlebih dahulu, apakah jenis layar yang ada di xperia kita, caranya. Download aplikasinya dari sini http://attachments.xda-developers.com/attachment.php?attachmentid=624033&d=1307977020 kemudian extrak dan jalankan “checkts .cmd” (tanpa tanda petik) . sambungkan HP ke PC dalam keadaan USB debugging active. Ikuti instruksi nanti akan terdetek jenis layar kita menggunakan snaptyc atau cypress.  Jika terdeteksi “snaptyc” mohon maaf sekali anda kurang beruntung, tetapi jika terdeteksi Cypress selamat, selanjutnya mari kita Rock n Roll dengan neng Shakira 😀

OK, setelah dipastikan HP berjenis Cypress, langkah selanjutnya agar bisa multitouch adalah :

1.  Download file ax8mt.ko , bisa cari di www.4shared.com atau bisa cari di XDA-developers.com.

2.  Kemudian Copy file tersebut ke SD card, selanjutnya dengan menggunakan Root Explorer copy ax8mt.ko dari SD Card ke root /system/lib/modules.

3. Buka Terminal Emulator pada Xperia anda, lalu ketikkan :

su [enter]

insmod /system/lib/modules/ax8mt.ko [enter]

4.  Restart HP, dan selamat menikmati neng Shakira yang bisa di cubit-cubit (Xperia X8 yang bisa multitouch 🙂 )

5.  Untuk mengetest silahkan download Multitouch Visualizer dari Android Market.

selamat mencoba, dan test menggunakan Game-game yang multitouch 🙂

Iklan

Komentar»

1. ki demang - 15 Oktober 2011

opo to kui mas? :mrgreen:

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 15 Oktober 2011

apik..apik.. pokoke pak, njenengan mesti pengen :mrgreen:

Suka

2. cak poer - 15 Oktober 2011

ga perlu utak-atik, udah bisa cubit-cubitan og mas nur…. 😛

* cubit2an.karo.bojone :mrgreen:

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 15 Oktober 2011

hasyah.. lagi mbujang cak poer ojo mingin-mingini ngunu 😀

Suka

3. Sendal Bolong - 15 Oktober 2011

mantab 😀

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 15 Oktober 2011

ratjoen yang bikin ketagihan 🙂

Suka

4. anddeep - 15 Oktober 2011

oohhh…ngono to
*padahalaslineramudeng

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 15 Oktober 2011

iyo.. yo ngono kuwi pokoke mas 🙂

Suka

5. raya - 15 Oktober 2011

x8 saya snaptyc, kalo cuma pinch to zoom sih bisa, tapi kalo buat kontrol game tetep kacau..

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 15 Oktober 2011

iya mas bro.. karna snaptic belum real multitouch jadi hanya fake multitouch, cuma bisa pich2zoom saja 🙂

Suka

6. lexyleksono - 15 Oktober 2011

x-peria 8 ini utnuk nge-blog enak gak ya mas. Saya kalau nge-blog pake blackberry agak susah upload fotonya. Kalau cuma 1 gambar gampang, tapi giliran pengin upload lebih susah.. atau mungkin aku yg gak tahu caranya yo..

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 15 Oktober 2011

ya.. lumayan mas.. aku sendiri seringe pakai leptop, ato kalau dari android ada WordPress for android mas..

Suka

7. martini - 15 Oktober 2011

secara kasat mata mbedain yang snaptic ama cipres piye mas bro???

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 15 Oktober 2011

sampai saat ini belum bisa mas bro, jadi kudu pake terawangan :mrgreen:

Suka

8. warung dohc - 15 Oktober 2011

wah kari aku dewe ki sing dolanan android 😦

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 17 Oktober 2011

beli..beli..
beli..beli.. :mrgreen:

Suka

9. ajie1987 - 16 Oktober 2011

sayang sekali saya dpt nya synaptic, beli dulu 2jt warna putih, mahal tp malah ga bisa MT..ckckck

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 17 Oktober 2011

wahh sayang sekali mas bro.. emang kalo gadget kayaknya mnding nunggu agak lama dulu, barang kali ada update & lebih murah tentunya :mrgreen:

Suka

Arief CMx - 7 November 2011

download itu mas,dijamin bisa cubit2…

gingerDX v014
http://www.multiupload.com/UQU6AVD224

gingerDX v014hotfix.wifi
http://www.multiupload.com/4EP9YVNX6Y

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 8 November 2011

sippp thank bro, masih enjoy diGX10 ni 🙂

Suka

10. safri4di - 16 Oktober 2011

mantappp info nya bro… kunjungi blog saya ya http://safri4di.wordpress.com/

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 17 Oktober 2011

trims bro.. meluncur ke TKP

Suka

11. wild - 17 Oktober 2011

yey dapet yg cypress.. maksudnya terminal emulator itu dimana ya?

Suka

12. wild - 17 Oktober 2011

udah bisa 😀

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 18 Oktober 2011

he..he.. manteb gan..

Suka

13. paijo - 18 Oktober 2011

Aku juga dah pakai gan, tp yg x8gesture.ko …… mantap deh pokoknya

Suka

14. punic - 18 Oktober 2011

ada yg bilang meskipun x8 bisa dibikin multitouch tapi sensor akan bekerja ekstra keras, bisa berdampak pada kerusakan sensor itu sendiri, betul gak???

Suka

15. hadiyanta - 19 Oktober 2011

yen antem anteman iso ora

Suka

16. aditpriyadi - 21 November 2011

pengetesan cypress ato snaptyc gak kedetek maz? waiting for device … terus.
kemudian saya ambil kesimpulan bhw X8 sy sudah cypres krn warnanya hitam n buatan 2011,
saya copy file ax8mt.ko ke system/lib/modules
kemudian lewat terminal emulator
su [enter]
insmod /system/lib/modules/ax8mt.ko [enter]

hasilnya….

insmod /system/lib/modules/ax8mt.ko: not found

gimana tu maz? dan akhirnya juga ga bisa multitouch (dualtouch)..

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 27 November 2011

coba ulangi lagi gan.. harusnya bisa itu.. kalao keterangan seperti itu seperti kalau file ax8mt.ko tidak ada didalam situ..

Suka

17. Stefanus Lutfi - 25 November 2011

kalau cypress dan snaptyc gag kedetect gmn gan?ane gag kedetek nie gan.. 😦

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 26 November 2011

emm harusnya ke detect.. coba download dari link yg lain terus cek lagi mas..

Suka

joki - 3 Desember 2011

coba download dari link yg lain itu dimana Gan?
punya ane reboot trus nih,not detected trus..T_T

Suka

18. white-shakira - 29 November 2011

yaaaaah snaptyc T.T

Suka

19. Mukhlis Saputro - 8 Desember 2011

ndak kedetect, truz, lagsung dicoba ajja copy pake root explorer ax8mt.ko nya ,, e, pas di terminal emulatornya, malah : not detect , Xb

gimana nui ??

Suka

20. ardianpramana - 28 Desember 2011

yang cypress itu X8 keluaran terbaru ya mas?
kalo keluaran lama dapetnya synaptic?

mas beli kapan?
hehe

Suka

21. Ridho Kurniawan - 7 Januari 2012

gan punya ane juga gak ke detected synaptic atau cypressnya ane juga udah pake terminal emulator udah ane ketik dmesg | grep cyttsp-i2c keluarnya gini grep: not found Write: broken pipe gimana caranya ?

Suka

22. Ridho Kurniawan - 7 Januari 2012

saya copy file ax8mt.ko ke system/lib/modules
kemudian lewat terminal emulator
su [enter]
insmod /system/lib/modules/ax8mt.ko [enter]

hasilnya….
”insmod:can’t insert ‘system/lib/modules/ax8mt.ko operation not permitted’

gimana nih mohon bantuannya

Suka

23. Fajar - 21 Januari 2012

.x8 saya cypress..
.prtamanya g bisa..tp skrg uda bisa..
..thnk’s bgt gan..

Suka

24. eddz - 1 Maret 2012

gan maksudnya ini apa pada langka ke 3

3. Buka Terminal Emulator pada Xperia anda, lalu ketikkan :

su [enter]

insmod /system/lib/modules/ax8mt.ko [enter]

terminal emulator ittu apa?

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 4 Maret 2012

kalau pada Custom ROM disediakan semacam DOS kalau di windows untuk exsekusi program gan

Suka

25. ragil - 11 Maret 2012

Lapor gan,meskipun keterangan di emulator not found gitu,tapi setelaah saya reboot,ternata bisa!!!!
thx gan atas infonya!!

Suka

26. yasin - 27 Maret 2012

aq bngung.. mkir hp androidQ bkin psing

Suka

27. yasin - 28 Maret 2012

dah aq coba tetep g’ bsa….

mhon bantuan’y….

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 31 Maret 2012

coba lagi gan.. thu yang lain bisa 🙂

Suka

28. luffyz - 29 Maret 2012

loh kok link untuk aplikasi melihat type layar kok error moho dong di perbaiki karna butuh nih

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 31 Maret 2012

saya cari dulu gan

Suka

29. luffyz - 29 Maret 2012

x8ku warna hitam tapi kok g da hasilnya ya?

Suka

30. rossi sparda - 15 Juni 2012

ni brarty cman buat zoom doank??
lok d game g bs???

Suka

wildan - 13 Agustus 2012

bisa

Suka

31. Ajeng - 1 Oktober 2012

ak ga bisa buka android market 😦
gmn caranya kak?

Suka

32. andri - 25 November 2012
33. wawan - 24 Juni 2013

koq gue gk bisa copy ax8mt.ko ke system/lib/modules.

Suka

34. Y8 - 17 Desember 2014

Hi! I could have sworn I’ve been to your blog before but after looking at a few of the articles
I realized it’s new to me. Regardless, I’m certainly pleased I stumbled upon it and I’ll be
bookmarking it and checking back often!

Suka

35. galih - 13 Maret 2015

kunbal gan

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: