Komparasi Speedometer Honda CS1 Vs GPS..

gambar diatas hanya sebagai ilustrasi..

Pagi tadi lagi sedang iseng-iseng jalan-jalan ke blog-blog, nemu artikel yang mencuri perhatian saya.  Yup ketika mampir ke warungnya kang Iwan Banaran di lapak  Komparasi Speedometer Suzuki Satria FU vs GPS.  Saya jadi tergelitik untuk mencoba test akurasi speedometer motor saya yaitu CS1, yang  menurut grendang-grendengnya di dunia maya speedometer CS1 ini lumayan sedikit selisihnya.  Akhirnya saya langsung coba tadi pagi sepulang kerja karena kebetulan sedang jatah glidik malam.  Karena saya tidak punya Blackberry maka saya mencoba dengan gadget alakadarnya yaitu Andoid Xperia X8 dengan menggunakan aplikasi SpeedView (Versi gratisan). Spec motor CS1 mesin standar, Ban depan 90/80, ban belakang 100/80, BBM pertamax dan stiker KOBOYS & TMCblog (kali aja menambah tingkat keakurasian :mrgreen: ).

Aplikasi SpeedView pada HH Android
Aplikasi SpeedView pada HH Android

Tahap pertama sekeluar dari pintu gerbang tempat glidik saya, saya mencoba memacu CS1 dengan kecepatan stabil diangka 60 kpj, lumayan mudah dipantau karena speedometer Digital 🙂 sempat nyentuh angka 62-63 kpj tapi cuma sebentar karena langsung saya kendurkan gas untuk mencoba agar stabil di 60 kpj. Setelah itu berhenti untuk melihat hasil nya.

Hasil GPS dengan kecepatan pada Speedometer 63 Kpj
Hasil GPS dengan kecepatan pada Speedometer 63 Kpj

Kedua saya coba lagi, dengan menaikkan kecepatan. Karena saking ramainya jalanan kawasan dan juga sedang jam sibuk pulang pergi karyawan saya cuma mentok di kecepatan 70 kpj saja.  Itupun hampir nabrak kambing karena terlalu konsen ngliat speedometer :mrgreen: (kawasaan industri tempat saya glidik banyak kambing berkeliaran 😦 ). Dan sampai perempatan berhenti lagi untuk melihat hasil recordnya. think…

Hasil GPS dengan kecepatan pada Speedometer 70 Kpj
Hasil GPS dengan kecepatan pada Speedometer 70 Kpj

Hmm.. lumayan juga hasilnya. Lanjut lagi setelah keluar kawasan masuk ke jalur Jalan Utama menaikkan kecepatan lagi menjadi 100 kpj.  Jalan di depan lumayan lega.. tarikkk… shift gear 3 ke 4 menyentuh angka 101 kpj tidak berlangsung lama karena didepan sudah mulai rame. (pas depan Rumah sakit Anissa Cikarang), Ok slow dulu. Ternyata sampai pintu gerbang perumahan tempat saya tinggal jalanan cukup padat sehingga test tidak bisa lebih cepat lagi.  Sampai rumah stop record dan lihat hasilnya :

Hasil GPS dengan kecepatan pada Speedometer 101 Kpj
Hasil GPS dengan kecepatan pada Speedometer 101 Kpj

Dari hasil di atas, menurut saya ke akurasian speedometer CS1 lumayan juga, karena selisih antara speedometer dan GPS dai HH android tidak terpaut jauh.  Tetapi dari hasil ini saya tidak menjamin tingkat keakurasian sebenarnya karena saya sendiri belum tahu kalibrasi GPS HH Android dengan aplikasi SPeedView seberapa persen dengan realnya.  Beberapa waktu lalu sempat test bareng dengan P220 milik sedulur yaitu mas Triyanto Banyumasan saat menjenguk Bro Ishak, hasilnya pada kecepatan rendah selisih sekitar 2-3 kpj lebih cepat P220.  Ini hanya sekedar test akurasi sederhana yang tidak menjamin ke akurasian / penyimpangan terhadap kecepatan real atau motor lain.  Monggo dishare pendapat sedulur semua..

Penulis: sijidewe

Seneng sharing hal yang positif, khusunya terkait komputer, otomotif, kuliner dan lain-lain...

72 tanggapan untuk “Komparasi Speedometer Honda CS1 Vs GPS..”

  1. @cafebiker : jian juragan pertamax tenan kang mas siji iki 😀

    @kidemang soegax : ini ceritaku, mana ceritamu hihihi..

    @ipanase : makasih, jadi pengen malu :mrgreen:

    @lekdjie : wuhh ndak gegeran lek 😛

    @mas maskur : ya..ya bolehlah 😛

    Suka

  2. waalah katane mas juragan dohc pnya smpan wes ganti per ma kampas kopling tiger sooo tarikane maknyus…dibuatkan artikel khusus lagee..
    wah trnyata beda jg mas aplikasinya..aq pake sportracker slshe guede poool..iseng ja ssat itu cba aplikasi baru dari ovi nokia..jalur nganjuk- sby..eh dijalan brhrnti di lalin tr ktmu gl max odah obohan/oprekan..dah pake knalpot tiger..tariiikk mang kejar2an jarak 8km aq cm dpt 117kpj udah kbru nyampe..tr tak cek ups cm dapet 108kpj di recordnya..slsh 8-9kpj..cb acak lagi rata2 jg dapet slsh 8kpj..

    Suka

    1. yaa lumayan mas, bisa rada-rada njundil dikit tiap shift gear 😀 berarti memang kalibrasi tiap GPS beda-beda mungkin..

      Suka

  3. Jan sregep kok…
    Bolak-balik mandeg…
    Hahahaha…

    Aq gak ndelok blas, cuman hasil record saja
    kan jelas² katanya speedometer gak akurat
    dadi tak “abaikan saja”… xixixixi

    Iku contohnya 🙂

    Suka

    1. lha penasaran je mbah.. 😀 woh iku sing pas naik supra kemarin tho mbah, lha dispeedo berapa iku nek di GPS 99 kpj

      Suka

      1. pokok ngebut pol…
        Sesuai dengan gambar ter-tera diatas
        Dari Sidoarjo mulai budal…sayang pas Lapindo
        agak macet, nggak bisa ngebut karena jalan di
        bahu, jalan…tetapi selepas apollo, naik ke Pandaan
        geber sebisanya… 🙂

        Suka

  4. wah selisih ga nyampe 5%, pdhal top speednya denger2 ampe 125 km/jam=118 km/jam Berarti kenceng cs1 drpd fu? berner ta? Pdhl kl adu kebut di jalan mulai awal ampe berkilo2 meter cs1 semakin menjauh

    Suka

    1. masalah speed kalau lihat di youtube bisa jadi mas, tetapi mungkin untuk mencapai segitu butuh waktu lama & trek panjang.. klo FU atawa pulsar kan wuss..wuss sekedip mata :mrgreen:

      Suka

    2. kayanya mungkin aja bro lebih cepet dari fu. soalnya ane punya fu generasi pertama ma generasi terbaru. fu scd payah banget, mu dapet 100km\jam aja mit amit lamanya. beda ma gen pertama, topspeed ane dapet 147km\jam di pasopati bandung.

      Suka

  5. Bagi saya sebagai owner p220 Pokoknya jangan banggak keakurasian speedo Pulsar, kalah sam CS1, serius, meski selisih 2 sampe 3, tetep aja, akurasi lebih mendekati speedo CS1, rep tek tulis ra nduwe bukti, tulisan iki saiki buktine :

    Suka

    1. kurang setuju… beda2 mas bro, gini ..pulsar generasi >2009 lebih cepat skitar 8-9% dari GPS beneran (Garmin, dll) ini pengakuan tmen2 prides yang sering nyoba, nah kalo yang <2009 cuma 4,4%…di saft7 yang juga dicoba dengan banyak macam motor n mobil

      Suka

    2. kurang setuju… beda2 mas bro, gini ..pulsar generasi >2009 lebih cepat skitar 8-9% dari GPS beneran (Garmin, dll) ini pengakuan tmen2 prides yang sering nyoba, nah kalo yang <2009 cuma 4,4%…di saft7 yang juga dicoba dengan banyak macam motor n mobil
      FYI: di youtube p220 standar ada yang sampe 153-163 top speednya…. silahkan dibayangkan (kondisi sangat prima spertinya)

      Suka

      1. aku ra tau nggagas speedo . . . .
        sing penting selamet sampe tujuan , nek iso banter yo banter

        p200 th 2008 speedo item ( jarene luwih akurat ) mbuh akurat apane :mrgreen:

        keep brotherhood,

        salam,

        Suka

  6. mas tri…
    speedo pulsar beda2 sekarang tergantung tahun dan jenisnya, dan yang paling akurat adalah ug3 dan pz00 hampir sama kebanyakan yang sudah testampe speed tinggi cuman selish 1-2 kph,
    nah untuk yang selain itu semisal pzzo selisih sekitar 5 kpj pada speed tinggi,
    kalo ane pribadi antara perbandingan pada speed rendah dibawah 90 kph dengan diatasnya saat pengetesan begitu jauh, rata2 di speed rendah selisihnya sedikit,..tapi kalo udah diatas 100 kph sudah mulai kelihatan aslinya!!!

    to all
    bener itu cs1 ampe 125 kph????
    berarti semisal vixi tiger pulsar 180 bisa dilampui dong speednya.

    Suka

    1. Kalo Top speed sambil nunduk CS1 ku dapat 126 kpj bro, standart pabrik. kalo masalah akselerasi kalah jauh dengan vixion, pernah balapan 200 m udah 4 body tapi lama2 ngejar asal treknya panjang min 1km lebih

      Suka

      1. wahh manteb bro.. aku sendiri top speed baru berani 114 gear 4 angin rasanya udah wusss… inget anak istri 😀

        Suka

      2. seumur-umur ane ngebut bejek abis si gambot ketika balik mudik 2008 dilingkar luar sebelah barat semarang ,
        sigambot masih reyen bbm pertamax olie shell vsx top speed cuma 124 km / jam dan selalu dibelakang pio jarak mungkin 3 meteran .

        kalau sekarang ane kagak berani, inget bilal jagoan ane :mrgreen:

        keep brotherhood,

        salam,

        Suka

  7. betul sekali masbro! speedo pulsar versi awal yang warna item yang paling akurat, yang biasa nemplok di p180 dan p200 generasi awal.

    pernah ukur p200 on speedo 117kmh, di gps tertera 115kmh.
    penyimpangan 1.7%, mantab juga.

    sebagai perbandingan dengan roda 4,
    pernah ukur xenia-avanza on speedo (+/-)100kmh, di gps tertera 100kmh, mantab juga. velg standar.
    toyota rush on speedo (+/-)150kmh, di gps 149kmh, lebih mantab lagi. velg R20″.

    *) mobil speedo analog, jadi ga tau pasnya berapa kmh, gps menggunakan garmin seri nuvi.
    no pict, ga sempat jepret masbro. itu aja nyetir sambil lirik2 gps juga serem di kecepatan >100kmh.

    Suka

  8. wah…melu komen sik….semalem bar ngetes vario pake gps apel punyae apel krowak…selisih speedo vario vs gps cuma terpaut 3-5kph…mayan lah……itu juga ada delay…..aslinya dah 80kpj…baru 4detik setelahnya gps ngikut jadi 78kpj….sayang motor cuma mentok 80kpj pas dibawa boncengan…jalan keburu abis….

    Suka

  9. kadang2 orang lebih menonjolkan top speed, dibanding akselerasi. meskipun top speed lebih tinggi jika akselerasinya lemot pasti akan kalah sampai ke tempat tujuannya karena yg satu untuk capai top speed misalnya butuh 10dt sedangkan yang satunya 20dt pasti akan jauh ketinggalan kemana-mana.

    Suka

  10. ban depan udah diganti kan bro? yang standart 70/90 ini udah pake 90/80

    yang jadi pertanyaan, sensor speedo cs1 ini ada di gear ato di deket ban depan.

    Jelas berpengaruh kalo di ban depan, ukuran ban yang lebih tinggi, bikin akurasinya lebih akurat? ga percaya? coba aja ganti pake ban yang lebih kecil, pasti di cek di gps beda lagi

    makanya kalo di speedo koso kudu dikalibrasi ulang sesuai ukuran ban depannya 😀

    Suka

      1. profilnya rendah gimana to bro? kan ada ukuran standarnya, jenis ban apapun 😀

        90/80= berarti lebar 90 mm tinggi 80% nya yadi 72mm
        70/90=berarti lebar 70 mm tinggi 90% berarti 63 mm

        Suka

    1. yup sepakat…logika n praktek udah dibuktikan
      ini motorku pas make ban depan ukuran standar di rpm 6000 biasa 81kpj…begitu ganti ban keciloan dikit jadi 84kpj di rpm yang sama…..

      Suka

  11. kok cs1 q ngaco mas speedo nya…jalan 90 kpj di speedo di gps (speed view) cuma dapat 80 kpj dg ban depan ukuran 70/80 genzy..apa karena ban ya mas bro?

    Suka

  12. menunggu komparasi ala iwb aja yang sudah terlanjur pake gps hp nya satu untuk semua, jadi jelas komparasi antar motor!!!
    selain itu agak sulit ngebandingin, kecuali punya GPS beneran seperti di saft7.com

    Suka

  13. saya pakai CS std pernah sampai 136km/jam, kira2 berapa selisihnya ya?
    catatan : dulu waktu pakai ban belakang std max cuma dapat 127km/jam, pas ganti ban belakang jadi 80/80/17 (sdkt lbh kcl) ada peningkatan top speed. Sebnarnya mikir2 juga sih kalau buat nikung rebah jd kurang pd

    Suka

      1. bukan lebih kecil diameternya bro, tapi lebih kecil lebarnya, yg std 90 tapi bedanya sedikit banget, saya pakai yang sekarang 80, diameternya sih tetep 17. Ingat ini ban belakang bukan ban depan, ban depan tetep pakai std, dan setau saya sensor speed tetep di ban depan kok

        Suka

  14. gak peduli speedo meter CS1 akurat ato kagak…
    yang pasti saat CS1 topspeed tetep aja dilibas pulsar 180, pulsar 200 & pulsar 220. Kadang2 ada jg vixion yg mampu melibas.

    Suka

  15. sadar bro.. CS1 125cc jauh sekali ente bandingin ama yg selisih cc lebih besar..
    kalo ente bilang yg 150cc aja KADANG2 bisa nglibas.. apa gak hebat tu motor… coba pikir…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s