Komparasi sampai ngotot-ngotot pentingkah..??

Dear All..

Blogger Senin – kamis came back :mrgreen: , beberapa waktu lalu di beberapa blog papan atas negeri ini sempat sedikit hot karena sebuah komparasi kendaraan roda 2 berjenis bebek yang dilakukan salah satu media online & cetak.  Mungkin karena dirasa oleh pembaca yang mana memiliki salah satu dari kendaraan tersebut kurang atau tidak sesuai dengan hasil yang mereka dapatkan.

Bro Adi BLack Kaizer SevenfoLdism – Sukoharjo spek : mesin standar

Terlepas dari benar atau tidaknya hasil komparasi tersebut ya “mana ane tahu, emang ane fikirin” :mrgreen: bercanda mas bro. Memang sih buat apa kita ngotot adu argument yang mana semua itu kita tidak tahu bagaimana cara pengetesannya, terus faktor-faktor apa saja yang berpengaruh (termasuk faktor “X” mungkin).  Dan terlebih hasil tersebut tidak sesuai dengan pengalaman kita pribadi, misal kendaraan kita bisa 200 Kpj di situ kok tertulis cuma 199 kpj?? Wuh panasss 😆 . ….Slow saja mas bro…..

Bro Aldy Cysers – Serang, Spek : Rahasia, Gigi 2 RPM 5000 Speed 81 kpj 😉

Saya pribadi cuma memantau saja sambil mesam-mesem (ga kaya kuda tentunya..).  Yo wess ben.. Kebetulan saya juga gabung di salah satu grup yang kendaraannya ikut dalam komparasi tersebut, alhamdulillah sepertinya pada adem ayem saja.  Sekedar ceplas ceplos di forum biasalah :mrgreen:

Ok mas bro, yang penting tetang safety di jalan, jangan ngebut sembarangan 🙂

Wassalam


51 tanggapan untuk “Komparasi sampai ngotot-ngotot pentingkah..??

    1. Emang ente bisa geber Cs1 melebihi 115 KPJ dengan panjang trek cuma 200 meter?

      Kalo MX mungkin dapet 100 KPJ – 115 KPJ dengan trek 200 meter, CC lebih gede, rotasi nya juga lebih cepet otomatis ngacir putaran bawah. Tapi tetep, tembus 130 KPJ trek 200 meter adalah sebuah kebohongan.

      CMIIW

      Suka

      1. Maf gan saya pernah tes drag jarak 200M sama MX new tunggangan ane CS1 sma2 standart,,MX ptus di gigi 3 CS1 ane ud 96KPJ sblum finis,,

        Suka

  1. utk. kendaraan harian top speed gak penting berdasar seleraku.. yang penting rooso, bisa angkut2 banyak barang, desain bagus, parts gampang & terjangkau… :mrgreen:

    Suka

  2. he?cs1 spek e apa ya itu gigi 2 @5250rpm dapet 81?yg standar aja paling mentok geber gigi 2 dapet 60, itu rpm udah tinggi banget..gigi 3 pun jalan 80 lebih rpm udah cukup tinggi.. 😯

    Suka

  3. komparasi pribadi tanpa ada saksi dan data teknis = HOAX. Motornya digandeng ke mobil, copot rantainya, pasang gigi 2. kita gas sampai pol 100kpj juga dapat asal mobilnya sanggup…wkwkwk… kalau foto speedo doang seperti diatas sepertinya nggak mungkin 81kpj gigi 2 tapi ada bayangan tangan moto pakai tangan kanan, yang megang gas siapa…wkwkwk

    Suka

  4. ini nih,,,,,,,,,,,,,,bikin kuping panas nas,,, nas,,,
    cesssssssss kalau ngak bisa bawa cs1 jagan dibawa
    jadi nya malah panas nas,,, nas,,,
    bawa cs1 itu harus pintar2 ngangkat rpm nya kalau bisa sampe
    15rbu rpm(kalau bisa kalau ngak bisa jagan dipaksain brarti anda belum layak nunggangcs1) oke jagan membantah jagan menghujat oke// cesssssssssssssssssssssssss
    apa ngak gila tuh ninja 250 lewat rx king brangkat pikson mah modarrrrrr(trimomok mode on) wuiisss jaman dah maju jagan mau dibohogin pabrikan yang bialang motor sport nya kencang lah irit lah loyo lah wuisssss apa ngak gila tuh

    Suka

  5. Weleh weleh.. Begini ya.. Ketika Orang Berilmu memberikan Ilmunya hanya ada 1 Kalimat “Semoga ilmu itu Berguna Untuk Orang Lain”.. 🙂

    Suka

  6. pengin tau sensor speedo ny cs-1 diroda depan atau di final gear depan (kayak satria FU)?
    klo itu sih jelas rahasia ny kebongkar
    1.klo sensor ny di roda depan cukup ganti ban lebih kecil otomatis penyimpangan nambah
    2.klo sensor ny di final gear depan cukup kecilin gear depan atau kecilkan final gear belakang (perputaran makin cepat) + klo ban belakang ganti lebih kecil makin jauh simpangan nya
    nah makin gila lagi klo ban depan belakang dikecilkan + final gear di kecilkan simpangan nya makiiiinnn jauuuuuuuhhh cessss tetep komparasi kayak gini paling afdol klo gak bareng GPS ya bareng video nya sekalian biar no HOAAAXXXXXX

    Suka

    1. Sensor speedometer CS1 ada di as roda depan sebelah kiri. Sensor tsb menggunakan elektromagnetik. Pembacaan kecepatan berdasarkan putaran roda depan dgn mengubah algoritma sinyal elektromagnetik menjadi angka digital yg kemudian ditampilkan di layar speedometer. Oleh karena itu konon speedometer CS1 cukup presisi dlm menampilkan angka kecepatan yg sebenarnya, karena error deviationnya cuma 1,5%.

      Suka

  7. Saya sudah 2,5 tahun mengendarai CS1. Pengalaman saya pribadi selama 2,5 tahun mengendarai CS1 memang utk jarak 200m agak susah utk mencapai speed lebih dr 115 kpj. Jarak 200m adalah area unjuk gigi dr torsi mesin, bukan power apalagi topspeed. Pada jarak 0-200m torsi mesin lebih berperan utk membantu motor meraih speed. Torsi mesin MX sudah besar sejak putaran RPM bawah. Sedangkan torsi mesin CS1 baru muncul di putaran RPM menengah hingga atas. Makanya di jarak 0-200m CS1 kalah kencang dr MX.

    Torsi mesin ditentukan oleh panjang/pendeknya stroke piston. Stroke (langkah) piston CS1 adalah 47,2mm, terpendek dibanding kompetitor. Oleh karena itu tdk heran jika motor kompetitor yg spek mesinnya memiliki stroke piston lebih panjang (MX 58,7mm) unggul dlm meraih speed utk jarak 0-200m. Jarak dr 0-200m utk CS One baru mencapai gigi 4 (93-118kpj). Masih tersisa 1 gigi lagi (gigi 5) utk mencapai topspeed.

    Konsekuensi dr penggunaan stroke piston pendek pada mesin CS1 adalah membutuhkan jarak & waktu yg lebih panjang utk dpt mencapai topspeed. Jarak yg dibutuhkan CS1 utk mencapai topspeed adalah minimal 800m. Oleh karena itu, MX lebih enak utk dikendarai di dlm kota. Sedangkan CS1 lebih enak dikendarai utk ke luar kota yg jalanannya lurus panjang.

    CS1 saya kondisi standar pabrikan topspeednya 140kpj. Bensin pake Pertamax Plus & oli Motul. Shifting tiap gigi pada RPM mesin 11250 (sesuai limiter CDI standarnya). Mudah utk CS1 mencapai kecepatan di atas 120kpj. Namun utk mampu melaju 130-140kpj butuh jalanan yg agak menurun & riding style harus merunduk. Jika tau triknya, maka tdk susah utk CS1 meraih topspeed di atas 130kpj.

    Sebenarnya saya ingin merekam topspeed CS1 saya, tapi bingung mau nempatin kamera di mana. Lagian saat melaju di atas 130kpj butuh konsentrasi ekstra tinggi. Riskan utk membagi konsentrasi antara melihat jalanan ke depan & merekam speedometer pake camdig.

    Berikut ini kecepatan max tiap gigi CS1 dg CDI standar jika shifting di RPM 11250 (sesuai limiter CDI standar CS1) :
    gigi 1 max 43 kpj
    gigi 2 max 68 kpj
    gigi 3 max 93 kpj
    gigi 4 max 118 kpj
    gigi 5 max 140 kpj
    NB : saya mencapai kecepatan segitu pake bensin Pertamax Plus & oli Motul. Hasil dpt berbeda utk tiap rider.

    Maaf, hanya sekedar sharing pengalaman saya pribadi saja.
    No offense
    Salam kenal utk sesama rider CS1

    Suka

    1. mantap mas… tapi ane belum bisa sampe 130kpj, baru 124kpj antara lippo cikarang sp pintu tol, jam 1 dini hari ( telat masuk kerja)
      tapi pengalaman kemaren ane nyoba trek pendek di jalan sukarno hatta bandung( waktu mudik) bisa bikin motor new jupe mx pake kenalpot setan, gayanya kaya disirkui aja naik motornya, platnya F orangnya gondok karena ga bisa nyalip…( jalan kosong gan habis lampu merah meluncur paling depan pertama ane ketinggal kira kira 200an meter baru sama sejajar, pas sejajar baru gigi 4 , abis itu baru ke 5 lewat… abis itu udah sante lagi, maklum ana cuma nyobain aja mumpung jalan kosong terus ga ada ninja sama scorpio hehe..) ane sempet liat odometer angkanya 110… salam mas bro….

      Suka

Tinggalkan komentar