Iklan
jump to navigation

The Power Of Overbore Engine Honda CS1 26 Desember 2012

Posted by sijidewe in Opini Saya, otomotif.
Tags: , , , ,
trackback

Dear All..

Alhamdulillah masih diberikan kesempatan menulis lagi, sebelumnya mohon maaf kepada sedulur semua kalau lama tidak ada artikel & kadang comment blum dibalas. Yah karena kesibukan di dunia nyata dan belum ada inspirasi nulis. (saat ini bahasannya terlalu mainstream karena hampir semua blog motor kok mbahasnya sama hihihi).

“Kembali ke laptop” kali ini saya mencoba menggali kehebatan tersembunyi dari sebuah mesin Overbore. Memang sering sekali nemuin trit di forum atau artikel mengatakan Mesin CS1 yang hanya 125 cc, memiliki power yang lumayan besar.  Mesin CS1 sendiri mempunyai karakter overbore dimana lebar penampang Piston lebih besar dibandingkan panjang Stroke.  Diameter piston : 58 mm dan mempunyai stroke : 47.2 mm (seperti CBR150 dan CB150R). nah dari angka tersebut dapat dihitung maximal RPM dengan rumus, dimana batas aman laju piston adalah 21 m/s (sumber blog begawan color ijo  : 5osial.wp.com).

Rumus RPM : (60 x 21) / (2 x Panjang strok dalam meter),==>> (60 x 21) / (2 x 0.0472) = 13.347,4576 (dibulatkan 13.347,5). jadi CS1 mempunyai batas aman kitiran mesin sampai dengan 13.347 RPM atau anggap saja 13.000 RPM . 😀 waw.. lumayan tinggi untuk ukuran mesin 125 cc.  Sedangkan untuk limiternya Honda CS1 ada di 11.250 RPM (CMIIW). Untuk mengakali agar, melewati limiter dan bisa mencapai batas aman putaran mesin bisa diakali menggunakan CDI unlimiter (sebenarnya ada limitnya tetapi lebih tinggi) semacam merk BRT, Rextor, Varro dll. Kebetulan saya kali ini mencoba menggunakan CDI BRT Neo Dualband.. dan hasilnya seperti pada video dibawah ini pada kondisi gigi Netral. (Spesial Trims untuk Om Indra Budiman)

RPM menyentuh angka 13.000, atau pada display speedo digital CS1 sampai mentok :mrgreen: .

Mungkin sedulur semua ada yang mencoba CS1 standarnya agar lebih ganas.. tapi jangan sering-sering digeber untuk harian, sudah bisa dipastikan mesin tunggangan anda cepat jebol 😆

Berikut beberapa video Honda CS1 di sentul

Nyalip Motor bebek kompetisi warna putih :mrgreen:

dua suhu CS1 sentul sedang beraksi 😀

Mohon koreksi jika ada kesalahan.. Wassalam 🙂

Iklan

Komentar»

1. ipanase - 26 Desember 2012

josssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

Suka

Muh Nurhidayat - 26 Desember 2012

walah pan..pan belum juga 1 menit tak publish kok ya langsung nyamber :mrgreen: josss sampeyan

Suka

2. blogf212 - 26 Desember 2012

CS1

Suka

3. cyber - 26 Desember 2012

buanter 😀

Suka

4. rusmanjay - 26 Desember 2012

cessss….

Suka

5. Khabib Jetfire - Tonnie - 26 Desember 2012

wew, sayang tangkine sak upritt..

Suka

benny - 27 Desember 2012

setujuuu….
Saya sendir ownernya merasakan kecilnya tangki :mrgreen:

Suka

6. Triyanto Banyumasan - 27 Desember 2012

Cessss…. 13.000 rpm .. Apa gak gila tuh 😀

Suka

7. indar - 27 Desember 2012

wow …

Suka

8. Maskur - 27 Desember 2012

mmmmmm….. rung sida nduwe

Suka

9. kankkunk - 27 Desember 2012

manteb..tambah banter.. 😀

Suka

10. ariefbladeriska - 27 Desember 2012

kalo buat balapan yg ngandalin gantung rpm mah emg sipp nih cs1 tp klo bwt stop n go kurang nampol,,,,ganti karbu skep ama per kopling kompetisi emg nmbh nampol

Suka

11. Damarringga Damar - 27 Desember 2012

wauwww,,,
125 cc tapi sering di bilang 150 cc.
wedannnnn benerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

Suka

12. extraordinaryperson - 28 Desember 2012
13. jo black rider - 28 Desember 2012

kang, kalo diganti cdi neo dualband brt di limiter 13.000rpm berarti ada perubahan dynotest juga dong soal torsi(torque) dan tenaga max.
Cdi standart pabrikan max torque di 8.000rpm max power di 10.000rpm nah setelah ganti cdi neo dualband brt jdi brp tuh kang? Apakah torsi max jdi bisa diraih diputaran menengah ex 7000rpm atau malah jdi di 10.000rpm?
Sy juga cesy owner lgi bingung pilih2 cdi buat nambah power.
Yg kedua, tolong dong kang posting artikel modifan honda cs1 jadi injeksi dan honda cs1 fairing wanna be cbr125r eropa yg edisi ke 2 atau honda cs1 fairing wanna be old cbr150r ya kakang.
Thanks.
Cmiiw

Suka

14. jo black rider - 28 Desember 2012

ta enteni kang

Suka

15. jtxtop - 3 Januari 2013

Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

Suka

16. Roger - 18 Januari 2013

CS1 larinya memang kenceng mas. Potensi maksimal putaran mesinnya memang bisa sampe 13.000 RPM jika pake CDI unlimiter.
Pengalaman saya pribadi ngetest sendiri CS1 dg CDI standar (kondisi semua standar) hasilnya (on speedometer CS1) :
Gear 1 -> 38 kpj @ 11.250 RPM
Gear 2 -> 68 kpj @ 11.250 RPM
Gear 3 -> 93 kpj @ 11.250 RPM
Gear 4 -> 118 kpj @ 11.250 RPM
Gear 5 -> 140 kpj @ 11.000 RPM

Sedangkan setelah diganti CDI-nya pake BRT Powermax Dualband TR maka larinya meningkat menjadi :
Gear 1 -> 55 kpj @ 13.000 RPM
Gear 2 -> 85 kpj @ 13.000 RPM
Gear 3 -> 110 kpj @ 13.000 RPM
Gear 4 -> 135 kpj @ 13.000 RPM
Gear 5 baru dapet 140 kpj track-nya sudah habis :mrgreen:

Mungkin larinya masih bisa nambah lagi sampe 145-150 kpj kalo pake knalpot freeflow & karburator skep konvensional 28mm.
Memang ajip nih CS1. Terbaik di kelasnya, bahkan bisa mengimbangi performa motor 150-200cc 4tak pada umumnya.

Great performance from 125cc SOHC 4stroke engine
I really respect this bike 😀

Suka

nbsusanto - 19 Januari 2013

mantep gear 5 tembus 140.. 😯
utk gear 2 dan 3 njajal sampai limiter juga 68 dan 92..berikutnya di gear 4 belum tembus rpm segitu..apalagi gear 5.. 😐

Suka

Roger - 19 Januari 2013

Yups. CS1 kondisi standarnya aja memang udah kencang. Bakalan makin kencang larinya kalo pake CDI unlimiter, knalpot freeflow & karbu skep konvensional 28mm. Tanpa merubah mesin pun udah kencang. Inilah keuntungan mesin overbore. Tinggal pasang part Plug n Play udah bisa langsung optimalin potensinya.

Suka

jupri - 21 Maret 2013

hahaha, saya cuman bisa ketawa, masbrooo masbrooo gausah segitunya deh kalo ngibul, ane juga pernah kok bawa cs1, gak sampe lari 140.
pol cuma 127an kpj. itu dah nunduk dan jalan luruuuuussss jauh.
kalo jalan 140 kpj berarti satria FU kalah dong, padahal top speed FU di spido cuma 140-145kpj, tau sendiri spido FU ngaconga gimana.
tapi FAKTANYA gak ada CS1 yg bisa ngalahin FU sama-sama standart.
jadi kalo ada yg bilang cs1 standart 140kpj ane cuma ngetawain aja. hahaha…kecuali itu motor dites di turunan curam 😀

Suka

jupriter - 14 April 2013

…………………………………………………………………………………………….

ni orang bego kalo kata gua,,,
ente minjem kali cs1nya, jadi mu kenceng takut rusak (namanya juga minjem) “tepok pantat sambil guling”
hahhaa kasian nyicip SEBENTAR doank hoho……

untuk yang punya cs1. saran dari saya. pake gear honda grand aja sama koil racing udah itu doank. mata gear 36.
coba sendiri

Suka

Belajar Hidup - 15 April 2013

shock ya?

makanya punya dong.. :-))

Suka

17. rider - 17 Februari 2013

bukan ngecilin cs1 yah cuma aneh aja bisa 140 km cbr juga kalah dong kalo ane bilang cs1 kenceng cuma di dunia maya kalo di jalan sih pakenya kalem2 apalagi di sentul kebanyakan fu sama mx peace bro.

Suka

Muh Nurhidayat - 17 Februari 2013

karena populasinya juga banyakan mx & fu mas bro

monggo 🙂

Suka

jupri - 21 Maret 2013

yg ini udah gak standart, kedengeran knalpotnya knalpot racing..
pasti part lain juga banyak dioprek.

Suka

Belajar Hidup - 15 April 2013

yoi pakbro.. mesinnya jempol deh..

mx adek ga semantep ini pas nyentul maren.
kang jupri fb sih ya,, dibutakan cinta .. 🙂

kang jupri mongtornya diajak nyentul dong biar ketemu lawan seimbang sejenis.. bukan dijalan um.. kasian kakek2 nenek2 bumil2 terganggu keselamatannya berkendara.. piss

Suka

18. pak tarno - 25 Mei 2013

16. Roger – Januari 18, 2013
mau jalan 140-150 kpj?
CBR kalah dong?
masa iya mesin DOHC 150cc cbr kalah ama cs1, ngarang aja….

the power of engine itu tidak hanya bicara soal top speed.
di mana-mana yg namanya balapan atau motor super itu bukan cuma tinggi-tinggian top speed, tapi seberapa cepat suatu mesin meraih top speed.
percuma top speed tinggi kalo tarikannya menyedihkan.
tengok saja moto GP, ducati yg paling kenceng aja keok sama motor paling lemot di GP.

so… cs1 150 kpj alias ngalahin CBR???… judule ngarang.
gausah cbr, sama si FU aja udah gak bisa ngejar.

Suka

manto - 26 Mei 2013

cuman honda yg bisa begitu !

Suka

19. manto - 26 Mei 2013

manto dr brebes. gue sering ngucingin fu fu tengil di jakarta,spek
cs1 ane =make coil thunder blue, cop racing+busi racing denso,dengan exaust yoshimura.
klw masalah performa cs1 ga usah diragukan deh !
tiger aj kedodoran , apalagi fu .
peace be happy n funny.

Suka

20. vespa rr - 26 Juni 2013

Monggo dites sama vespa gue

Suka

21. jokowi #22 - 23 September 2013

bos cs-1 pakai CDI standart TAPI koil Racing AMAN GAK ? TOLONG JAWABNYA iah

Suka

22. hcsm - 8 Oktober 2013

oke monggo di test jupi bru bsa taun lalu

Suka

23. eca - 16 Desember 2013

ane punya cs 1 tpi ga mudeng ya mas hehe. maklum ga ngerti mesin. jdi apa yg hrus diganti toh?
o ya mw tanya skalian. cs 1 klo stangnya doang diganti ke model jepit gtu bisa ga si mas? makasih

Suka

24. Anonim - 22 April 2015

Mas cdi cs1 sama dgan mtor ap ya

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: