Iklan
jump to navigation

Hobi Lama Mainan baru – Berbagi Jaringan internet dengan RT/RW net / Hotspot 3 Februari 2013

Posted by sijidewe in Jaringan, Pendidikan.
Tags: , , , ,
trackback

Dear All..

Menemani minggu siang yang Alhamdulillah Panas ini, sedikit berbagi pengalaman.  Sebenarnya otak-atik komputer & jaringan merupakan hobi lama, cuma karena saat glidik (kerja) di bidang otomotif jadi deh ketularan virus baru mainan otomotif dan hobi lama susut alias tenggelam.  Tapi ternyata hobi tetap hobi ndak  bisa hilang.

Berawal dari keisengan masang spanduk servis & rakit komputer buat ngisi waktu sabtu-minggu dirumah, kok tiba-tiba ada teman yang nyaranin kenapa tidak buat hotspot, bukannya diperumahanmu belum ada. Cesssss…..! iya juga ya, awalnya bimbang juga karena paling ga seharga cb150r :mewek: (sebenarnya kaalau sederhana bisa murah).

Ya wes sambi jalan Alhamdulillah saat ini sudah berdiri tower triangle yang di atasnya ada mikrotik outdoor dan 3 pcs antena sectoral 120 derajat 3 biji.  Terus apa saja sih yang dibutuhin untuk membuat hotspot ini..? berikut saya jabarkan secara garis besar ) berdasarkan yang saya gunakan.

1.  Tower triangle 3 batang @ 5 meter dan perlengkapannya.

2. Perangkat Hotspot (Mikrotik RB433GL/AH, MiniPCI R52H 3 biji, Antena sectoral 120 derajat 3 biji, POE, kabel UTP dan STP )

3.  Line Speedy saya menggunakan 3 Mbps  (karena jarak tower telkom 700 meter dari rumah, harus ngluarin kocek sekitar 8x dari harga normal buat narik kabel 😆 )

4.  Perangkat PC atau Laptop.

5.  Perangkat PC untuk Proxy (agenda next time lagi ngumpulin dana lagi)

hotspot rtrw net sebelum dipasang

Perangkat Belum dipasang

instalasi tower dan antena sectoral

Instalasi tower triangle dan antena sectoral

penekan naik tower

Penekan gaannn 😆

sinyal mengudara

Alhamdulillah Mengudara.. cahaya hotspot 🙂

Dari Kombinasi perangkat di atas akhirnya saya bisa berbagi bandwidth internet unlimited kepada tetangga dan teman-teman secara cuma-cuma (alias cuma 90ribu / perbulan hehehe.. :mrgreen: ).

Untuk cara setting dan tips trik kita bahas pada artikel selanjutnya, karena saja juga sambil berjalan.  Baru belajar sedikit langsung implementasi. (special thanks untuk  kang jay di jogja sono yang membantu secara telepati 😀 )

Yeah dapat menyalurkan hobi memang asyik, apalagi kalau ada recehannya hihihi 🙂 ohh indahnya berbagi 🙂

Wasaalam

Iklan

Komentar»

1. ipanase - 3 Februari 2013

saiki board mikrotik piro lek, nggonaku kobong kudanan

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 3 Februari 2013

ki RB433GL keno 1,1 pan.. golek nang jogja..

Suka

ipanase - 3 Februari 2013

wah, aku ndisik mung lungsuran, ngenes cah, notebok 5 nganggo mikrotik nyuss 😀 ,

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 3 Februari 2013

ooo.. mikrotik nggo indoor tho luwer murah kayane

Suka

2. jo 'in - 3 Februari 2013

wah mau aku jadi tetangga sampean kang,,. internetan gratis terus.mhehehe

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 3 Februari 2013

ha monggo pindahan ke sini mas hihihi :mrgreen:

Suka

3. redcowboy - 3 Februari 2013

line spidi 3mega? itu lokal atau internasional mas? trs perbulannya kena berapa? saya rencana jga maw pasang spidi, tpi baru bandingin harga dulu.

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 4 Februari 2013
4. lekdjie - 3 Februari 2013

sabtu minggu prei?

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 4 Februari 2013

tentatiif lek..lha kepripun..???

Suka

5. Triyanto Banyumasan - 3 Februari 2013

sukses lik.. Amin. lanjutken

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 4 Februari 2013

amin.. suwun kang tri 🙂

Suka

Triyanto Banyumasan - 5 Februari 2013

sami sami

Suka

6. bapakeVALKYLA - 4 Februari 2013

weee…
mbok pasang di tempatku kang
:mrgreen:

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 4 Februari 2013

hahhhaha.. boleh pak wanyi piyo :mrgreen:

Suka

7. kalimalang rider - 4 Februari 2013

wah ide yg menarik, pengen nyaingin perumahan sebelah ni yg nawarin paket harian 6rb :mrgreen:

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 5 Februari 2013

waduh yang mana tuh mas… 😀

Suka

8. airterapikesehatan.web.id - 8 Februari 2013

jaringan internet sangat panjang seperti itu apa tidak ber bahaya,bisa tidak diperpendek dan jaringan itu akan berkurang tidak bila antena jaringan diperpendek gan?
makasih

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 8 Februari 2013

maksudnya sangat panjang gan..? apa maksudnya tinggi..? ya semakin tinggi semakin bagus untuk jarak jangkauan nya 😀

Suka

9. Bonsai Biker - 25 Februari 2013

woh penekan

Suka

10. wijayaanita78 - 12 Maret 2013

yang terpenting kita berusaha yg terbaik, pasti akan jadi lebih baik semuanya

Suka

11. Belajar Hidup - 15 April 2013

Woke..

Dirumah ada rb750g , mo lanjut sebar lan eh tjaernyata al payah2.. padahal mo load balance, sama sm*rt, ah*,x*hotr*d3g, sp**dy disini ga ok

Suka

12. Teguh - 14 Juli 2013

Dulu tahun 2008an niat mau bisnis RT/RW NET. Gak jadi gara-gara peminatnya sedikit, n rata-rata udah pada pasang speedy.

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: