Iklan
jump to navigation

Peta Persaingan Indoprix150 4 Tak 9 Januari 2014

Posted by sijidewe in otomotif.
Tags: , , , , , ,
trackback

Melanjutkan Postingan saya sebelumnya mengenai Selentingan akan diadakannya Indoprix kelas 150 cc 4 Tak, yang mana regulasinya masih digodog, saya akan mencoba iseng-iseng bikin peta persaingan untuk kelas 150 CC ini.

ercatat motor 150 CC 4 tak yang ada di Indonesia adalah

1. Suzuki FXR
2. Honda CBR150 Carb Version dan Fi
3. Suzuki FXR
4. Yamaha Vixion
5. Honda CB150R-SF

Kemudian Kemungkinan Motor Upgrade yang juga masuk ke 150 cc

1. Yamaha Jupiter-MX Bore Up 150 cc
2. Honda CS1 Bore Up 150 cc (mungkin dengan Head CBR)

Untuk yang  Motor Upgrade saya masih ragu apakah nantinya regulasi diperbolehkan atau tidak.

Indoprix150Gambar dari Jectrackday.com

Mari Kita lanjutkan, mendata tentang kemampuan masing-masing Sepeda motor ini, saya urutkan dari tahun mbrojolnya motor tersebut.

1. Suzuki FXR
Dikarenakan di Indoensia Jumlah populasi Motor ini yang sedikit maka data penggunaan motor ini diajang balap atau OMR juga sangat minim. Bisa dibilang saya belum mendapatkannya. Paling hanya 2 atau 3 yang mengikuti kelas-kelas latihan atau FunRace seperti D’Event di sentul. Tetapi melihat mesin yang secara basic sama dengan Satria FU (Satria FU merupakan paket downgrade dari FXR ini) maka bisa dipastikan banyak paket Racing dari satria yang bisa diaplikan ke Suzuki FXR ini dengan beberapa Ubahan.  Dari kemampuannya bisa dipastikan Cukup Mumpuni, apalagi mesin lumayan lawas sehingga banyak tunner yang sudah mampu memaksimalkan mesin ini. Disini saya coba kasih Skor 8,5

2. Honda CBR150
Yang Pertama saya ulas untuk CBR150 Carbu Version. Motor ini awal masuk indonesia rentang tahun 2003-2004 hingga 2010 melalui UI, Meski Belum ada kelas resmi, kiprah motor ini cukup Mempesona baik di ajang FunRace maupun Balap Liar. Di sentul Sendiri Ketika di adakan FFA 2009, berhasil membuat Ninja250 kelabakan (link disini) meski Juara 2 tetapi best lap nya masih lebih kenceng dibanding Ninja250. Melihat data diatas Saya Coba berikan Skor : 8,5
Yang kedua CBR150 FI : Motor ini bisa dibilang masih baru, meski mesinnya sama dengan CBR150 Carbu Version, Tetapi untuk jenis Supply BBM berbeda sudah menganut sistem Injeksi, disini terlihat jelas limit Power. Dari RPM sudah terlimit di 11,500 rpm berbeda dengan sang kakak CBR150 Carb Version di 12,500 rpm. Butuh tenaga Mekanik Modern untuk bisa memaksimalkan power motor ini. Karena untuk membuatnya kencang tidak cukup secara teknis mesin saja tetapi juga Manipulasi data komputer yang ada di ECUnya. Mungkin Kondisi ini akan mudah jika Team ART (Astra Racing Team) ikut turun di kelas ini dimana mereka sangat bertaji di kelas IRS menggunakan CBR250 nya.
Untuk CBR150 Fi saya berikan skor : 8,0

3. Suzuki Satria FU
Motor ini merupakan Ayam jago paling fenomenal di Indonesia, mulai dari tahun 2005 hingga sekarang tetap eksis. Kancahnya di ajang resmi dan non Resmi sangat Menakjubkan, hingga saat ini Motor ini lebih banyak turun di kelas Drag Bike, Dengan Bobot yang Ramping dan Ringan Cukup Mumpuni untuk melaju di track Lurus. beberapa Video Di Youtube Motor ini mampu melibas Ninja250 di Track Lurus. Tetapi bukan berarti Motor ini tidak sanggup untuk diajak race dengan manuver. Hanya saja mungkin tingkat kestabilan masih kurang dibanding motor Sport atau tangki di depan. Untuk itu saya berikan skor : 8,0

4. Yamaha Vixion
Motor ini penuh sensasional, Mbrojol di Tahun 2007. Di youtube bertebaran video yang upload test top speed dan juga menjadi motor sport 1000 umat. MOtor ini merupakan downgrade dari Yamaha R15 yang merupakn motor Sport di India Sana. Saat ini sudah banyak tuner yang berhasil membuat motor ini sangat kencang, didukung sasis Deltabox yang cukup rigid dan menjadi pelopor Motor Sport Injeksi di Indonesia. Saya Browsing di INternet belum ada kelas Resmi OMR Vixion (CMIIW) tetapi di ajang FunRace sentul motor ini sangat bertaji menghadapi lawannya, disini saya kasih skor : 8,5

5. HOnda CB150R-SF
Motor yang di posisikan Head To Head dengan Yamaha Vixion ini mengambil basis mesin CBR150, meski mesinnya identik tetapi settingan power berbeda. CBR untuk Top Speed sedangkan CB150R ini lebih diperuntukkan komuter dengan Torsi dan Akselerasi lebih dibanding CBR. Perbedaan ini sangat mudah untuk diakali agar menyamai kakaknya.. Aplikasi Part CBR150Fi dan Rubahan Sistem Pengapian sepertiya Cukup Mumpuni. Meski Masih baru Motor ini sudah ada kelas OMR resmi dari pabrikan, disini saya Coba berikan skor : 8,0

indoprix150Gambar dari aaikhwan.com

Dari Data di Atas Yang Di unggulkan Suzuki FXR, HOnda CBR Carb Version dan Yamaha Vixion Sedang untuk yang kedua ada Suzuki Satria FU, HOnda CBR150Fi dan Honda CB150R dengan pertimbangan dari pengamatan Pribadi, Dilapangan Semua Bisa saja berubah tergantung Skill mekanik dan Skill Ridernya. Sedangkan Untuk Kelas Upgrade Mungkin  akan saya buatkan artikel terpisah.

Info dari rekan saya ini, saat ini sedang menggodok masalah regulasi, semoga saja nantinya bisa adil dan tidak berat sebelah. Mari Kita nantikan bersama-sama.

Wassalam.

Iklan

Komentar»

1. Aa Ikhwan - 9 Januari 2014

asiiik 😀

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 9 Januari 2014

Horee 🙂

Suka

2. Taufik - 9 Januari 2014

serem banget trackday cuma pake celana jeans hehe 😀

Suka

sijidewe aka snalpot99 - 9 Januari 2014

Hemat murah meriah mas, tapi resiko tanggung penumpang hehehe

Suka

3. karel - 9 Januari 2014

r15 ga masuk?

Suka

sijidewe - 10 Januari 2014

r15 belum banyak yang punya mas kayaknya

Suka

4. one08 - 9 Januari 2014

kalau beneran.. kelas 150cc bakalan seru tuh! 😯

Suka

sijidewe - 10 Januari 2014

regulasinya lagi di godok mas irawan..

Suka

5. lekdjie - 9 Januari 2014
sijidewe - 10 Januari 2014

vixion head Fu sistem injeksi CB/CBR lek nggone HKU Racing kuwi 😆

Suka

6. ikhsan - 9 Januari 2014

kapan sih acara fun race sentul nya bro?

Suka

sijidewe - 10 Januari 2014

even funrace biasanya 3 bulan sekali

Suka

7. SegoReng - 9 Januari 2014

Pak sijidewe mo nanya old cbrmu regane piro ..?? Thn berapa..??? Kondisinya gimana mulus gak..???
km..???
Masih orikah..???

Suka

sijidewe - 10 Januari 2014

tahun 2006 pak.. kondisi yaaa.. lumayan lah masih mulus paling striping rada-rada burik 😆 hargane.. malu ah..

Suka

8. polenkmerkesenk - 9 Januari 2014

Menanti 4 samurai jepang bertanding 4tak 150cc fi fullfairing

*entah taun brp

Suka

sijidewe - 10 Januari 2014

tanya pada rumput yang bergoyang mas gan :mrgreen:

Suka

9. Yugi Aprilianto - 10 Januari 2014

akankah nyata?

Suka

sijidewe - 10 Januari 2014

mudah-mudahan.. regulasi sedang di godok.. kalau tidak ada aral melintang

Suka

10. tsaqifabu - 10 Januari 2014

cbr 250 je dilimit mung tekan rpm 10500

Suka

sijidewe - 10 Januari 2014

yoii… tapi torque banget

Suka

11. NflDID - 13 Januari 2014

Dari motor motor diatas, jika cs1 dan mx masuk, keduanya lah yang paling bahaya. Chassis rigid dan ringan khas cs1 dengan konstruksi head mesin hampir sempurna dari squish dan porting jadi satu ditambah bore up 63.5mm x 47.2mm ketemu 149.***cc saya rasa gak sulit tembus angka 20hp lebih. Dan jupiter mx basis mesin dengan konstruksi cukup baik dan ringan dengan kubah squish sangat baik sehingga bisa digebuk kompresi tinggi tanpa takut piston bolong karena dasarnya pison menggunakan tipe forging. Boreup? Tinggal pasag blok vixion aja. Cmiiw

Suka

sijidewe - 14 Januari 2014

Nah ini mas Naufal suhunya CS1 keluar hihih 😀

Suka

richardjei - 18 Januari 2014

cs150 bro didat pasti turun nih klo regulasinya bisa. 🙂

Suka

12. Hot News : confirm Indoprix 150cc akhirnya jadi di selenggarakan. | sijidewe's blog - 3 Februari 2014

[…] Peta Persaingan Indoprix150 4 Tak […]

Suka

13. Deal.. Regulasi Indoprix 150 CC Tahun 2014, Bebek Boleh ikut yang penting mesin Vertikal.. | sijidewe's blog - 16 Februari 2014

[…] Awal tulisan saya – Bisikan Indoprix 150 CC 2014 sepertinya bakalan seru.. kemudian ini – Peta Persaingan Indoprix150 4 Tak  di sini – Sinyalemen Indoprix 150 cc semakin Menguat dan ini – Hot News : confirm Indoprix […]

Suka

14. satria155 - 16 Februari 2014

muantappp analisisnya kangmas…top markotop (y)

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: