Iklan
jump to navigation

Aplikasikan Search, Evaluation, Reaction & Execution (SERE) filosofi SAFETY baik saat riding, bekerja maupun aktifitas lainnya 5 Februari 2014

Posted by sijidewe in otomotif, Tahukah Anda.
Tags: , , ,
trackback

Siang bro & sist ..
Mungkin sebagian besar dari kita dalam keseharian melakukan aktifitas dengan berkendara baik roda dua atau roda empat. dalam berkendara tentunya kita seharusnya tidak asal bejek gas, selap-selip yang penting sampai. Tetapi ada faktor lain yang harus diperhatikan kesiapan kendaraan, apakah itu..? Safety yap keselamatan baik pribadi maupun orang lain.

Disini saya berterima kasih kepada mas Sena Ponda yang telah men-share pengalamannya. Beliau seorang Profesional Freestyle atau stunt rider yang banyak sekali pengalamannya dalam berbagai hal salah satunya di dunia penerbangan. Info dari beliau dalam dunia penerbangan filosofi yang bermanfaat  berkaitan dengan unsur safety selain slogan legendaris “Sky Is Wide But No Space for Error” ada juga yang di kalangan prajurit dan air crew di sebut “SERE” yaitu “Survival, Evasion, Resistance and Scape”.

SERE
Nah dari pengalaman mas sena yang sudah melanglangbuana beliau menciptakan SERE dengan sedikit pengartian berbeda yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari (masyarakat umum). SERE yang dimaksud disini yaitu Search, Evaluation, Reaction and Execution. Penjabarannya sebagai berikut.

Search : kemampuan Panca Indra tubuh kita dalam mendengar, melihat,
mencium dan mendeteksi sebuah gejala awal yang tidak lazim.

Evaluation :  Kemampuan analisa otak kita melalui fase Deteksi

Reaction : Reaksi Gestur tubuh kita setelah melalui fase berpikir

Execution : Tindakan real / final dalam mengantisipasi seluruh fase-fase
dengan pilihan yang paling aman resikonya.

ride-smart-blue-red-logo_1

Implementasi simplenya diterapkan oleh pembalap Roda race, saat melaju di atas motor, mereka sambil mendeteksi apakah ada keanehan dengan motor mereka yang mungkin
tiba-tiba bergetar atau bunyi berubah. sehingga mereka akan melakukan action apa yang harus dilakukan. Misal Saat POsisi Leading mempimpin race tiba-tiba merasakan suara dari mesin dan mata melihat asap putih dari arah mesin. Otak yang smart pasti secara reflek akan memerintahkan menggenjot motor dengan lebih lembut di saat engine brake maupun keluar masuk tikungan dengan harapan tetap bisa melaju dan mendapatkan point. Apa yang terjadi jika SERE tidak diterapkan..?? Motor tetap di gas brutal, mesin meleduk, oil berceceran di aspal.. Pembalap dibelakang.. Bubar jalan 😀 apalagi sekaliber pembala MotoGP pasti menerapkan hal ini.

CB150R_hs-01

Nah penerapan SERE dapat kita terapkan di jalan, di rumah atau diperkerjaan dan kehidupan sekitar kita.. Begitu juga alat pendukung SERE ini di kendaraan kita. Misal spion, spion membantu penglihatan kita untuk melakukan Search terhadap aktifitas dibelakang kita, selanjutnya kita bisa Evaluation, Reaction dan Execute. Lha Tanpa spion salah satu point SERE hilang.. yaitu Search, pindah jalur tapi tidak melihat dibelakang apakah kosong atau tidak. Asal potong jalur dan ternyata dari arah belakang ada Truck kencang.. Damm Wassalam..

Ok bro & Sist sedikit ulasan tentang safety (SERE) semoga bisa kita terapkan di kehidupan kita karena banyak sekali manfaatnya. Trims buat Mas Sena Ponda semoga Next time bisa men-share ilmunya lagi buat kita semua.

Wassalam

Iklan

Komentar»

1. terong amnesia - 5 Februari 2014

SEREH… Search -> Evalution -> Reaction -> Execute -> Ho ho ho I’m safe… :mrgreen:

Suka

sijidewe - 5 Februari 2014

sereh nggo masak om terong 😆

Suka

2. Maskur - 5 Februari 2014

hahaha
mesti akeh sing berpikir : kesuwen
kontak on – pancal ———-

Suka

sijidewe - 5 Februari 2014

pancal mabur werrr

Suka

3. RPMspeed - 5 Februari 2014
sijidewe - 5 Februari 2014

dibaca dikit-dikit nanti ngerti om :mrgreen:

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: