Iklan
jump to navigation

Berbagi internet dengan sinyal wifi 2,4 Ghz 5 Juli 2014

Posted by sijidewe in Jaringan, Mikrotik.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

Bro & Sist sekalian.. dijaman modern ini yang aliran informasi mengalir deras dan kita bisa update dimanapun tak lepas dari aliran data yang disebut internet. ntah itu melalui provider GSM, CDMA, Wifi, kabel maupun Fiber Optik.

wi-fi-hot-spot-harrachov

 

(Gambar dari http://www.harrachov.com/)

Nah Untuk yang paling murah ada GSM dan CDMA di kita sudah lumrah dan umum, di gadget yang kita genggam selama ini pun pasti sudah aktif Jalur Datanya (yang penting ada pulsa hehe). selanjutnya dengan Kabel Telephone ini sudah dikuasai oleh Perusahaan Plat merah yaitu Telkom dengan Telkom Speedynya dengan melalui jalur kabel telephone kita bisa berinternetan. Sedangkan Fiber Optik saat in sebagian besar masih dilakukan oleh ISP Swasta untuk melewati Jalur Bandwidth yang besar. Nah terakhir dengan sinyal Wifi, mungkin beberapa kita kenal dengan Hotspot area biasanya di Hotel maupun bandara dan cafe-cafe.

Sebelum saya lanjutkan artikel ini saya tujuan khusunya untuk temen-temen diperumahan maupun kos yangingin berinternet hemat dan baru sebatas pengenalan (Newbie termasuk saya 😀 ).

Wifi jalus 2,4 Ghz. Pernah dengar..? yap jalur akses data yang saat ini sudah dibebaskan oleh pemerintah. Jadi kita bisa menggunakan jalur data 2,4 Ghz ini dengan Free tapi tentunya dengan batasan yang sudah ditentukan oleh pemerintah dimana besaran power radio maximal 20 db atau 100 mw. Nah sedikit Informasi tentang Wifi 2,4 Ghz bisa baca-baca disini “Sejarah Pembebasan Frequensi 2,4 Ghz”.

Selanjut Bagaiman kita memanfaatkannya..? Gampang.. Ambil COntoh di sebuah kost-kostan 20 kamar. Sang tuan rumah mempunyai Telpon Rumah. Nah Tinggal Daftarkan Telkom Speedy di nomor tersebut. selanjutnya Kita siapkan Router, Akses Point dan Antena 2,4 Ghz.

sylbek-hotspot-vpn-einsatzuebersicht2

(gambar dari http://www.hotspot-server.eu)

 

Router Tujuan untuk membagi dan memilah (management) Bandwidth supaya bisa adil dalam pembagian bandwidth, Contoh Mikrotik dan Ubnt Edge Lite

besar2

Akses POint dan Antena ini satu kesatuan ada yang dijual terpisah ada yang yang sudah include fungsinya untuk menyebarkan sinyal contoh. TP Link Wa5210G, WA5110G ini akses point + Antena sejuta umat alias terjangkau.

1323221959

Setelah sinyal tersebar gampang tinggal, setiap user atau rekan-rekan kost yang mau nyambung beli alat peneriam. banyak kok modem wifi yang dijual dipasaran ambil contoh Tp-Link722N dll

TP-LINK-TL-WN722NC-KABLOSUZ-USB-ALICI-ANTENLI__82583199_0

Nah sudah ada gambaran..? lantas Bagaimana kalau tidak ada Telp Rumah.. Gampang bisa beli router yang sudah Support dengan Modem USB contoh Tp-Link Wr3220 atau 3420. tinggal beli modem dengan Provider yang ada bandwidth besar dan kuota banyak 😀

Ok. Untuk Next artikel kita coba buat kecil-kecilan Hotspot untuk dilingkup perumahan termasuk cara settingnya..

Selamat pagi, selamat berpuasa.. Wassalam

Iklan

Komentar»

1. aripitstop - 5 Juli 2014

wuich wifi…aku kpn

Suka

sijidewe - 5 Juli 2014

ayo bikin dong.. yang murmer saja lumayan ngumpulin receh 😀

Suka

2. ipanase - 5 Juli 2014

aku kapan ya

Suka

3. ipanase - 5 Juli 2014

jare iku WA5110G gak stabil lek?

Suka

ipanase - 5 Juli 2014

eh sing Wa5210G

Suka

sijidewe - 5 Juli 2014

dipakai buat Ap atau client..? kebetulan dua-duanya aku pakai sampe sekarang alhamdulillah sehat.. cuma Wa5210G jangan dikawingkan dengan antena external.. dan settingnya di mode b saja

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: