Kipas Radiator Tidak Menyala Saat Panas, Jangan Vonis Kipas Mati, Cek dulu kelistrikannya

Bro Sekalian, Beberapa waktu lalu setelah lebaran saya mengunjungi rumah om dibilangan Halim (TNI AU). Di perjalanan Dari Cikarang Lancaar melalui kalimalang menggunakan si Merah Honda Old CBR150R, nah selepas Mal MM Masalah mulai timbul Jalan macet sepanjang kalimalang menuju jakarta. Yo wes cuma bisa sabar sambil merayap.

Jpeg

Jarum paling kanan sudah sampai garis merah

Ternyata masalah belum selesai, Saat melirik Speedometer si merah Honda Old CBR150R, Bar penunjuk Suhu mesin sudah mencapai batas merah :O , langsung minggir untuk mendinginkan mesin. padahal biasanya dalam kondisi macet tidak sampai ke Garis merah, karena Radiator dibantu kipas untuk mendinginkan. Begitu ada kesempatan mniggir untuk mendinginkan mesin sambil cek kok bisa sampai hampir overheat. Ternyata Dengan Jarum masih di Garis merah kipas radiator tidak berputar. weleh.. Terhitung perjalanan Cikarang – HAlim saat berangkat 7 kali berhenti dan pulangnya 6 kali berhenti untuk ngademin mesin ๐Ÿ˜† .

CBR150R

Dengan kasus di atas Kipas radiator tidak berputar, ada Beberapa Hal yang perlu di Cek. Sasampainya saya di Rumah saya Cek satu persatu ;

1. Cek apakah kipas benar-benar mati atau tidak.. caranya : dengan menkonsletkan / short kabel yang menuju ke Sensor Termostat (sensor suhu) yang ada di Radiator, dengan kondisi kontak ON Jika Kipas tidak berputar bisa dipastikan Kipas mati atau mungkin Cek kabel di sekitar kipas barangkali ada yang terkelupas, dan Jika saat di Short kan kipas berputar berarti kipas aman, lanjut ke berikutnya.

Honda CBR150R

2. Bongkar Motor dan Cek Tegangan jalur kabel / socket dari kabel body menuju kipas menggunakan Multimeter, Kebetulan pada Honda Old CBR150R ada dibawah Tangki. Kasus punya saya ternyata tegangan dari kabel body menuju kipas drop, tidak sampai 12 Volt bahkan dibawah 10 Volt. Yo wes kasus terungkap. JIka tidak ada arus/tegangan sama sekali, Cek bagian Sekering.

Honda CBR150R

3. Ngakalin supaya Kipas dapat berputar lagi, Saya ambilkan arus dari jalur kunci kontak. Cek dengan multimeter mana arus yang murni dari aki dan yang mana yang menuju panel. Ambil Kabel yang menuju panel dengan tujuan tegangan menuju kipas akan berhenti saat kunci kontak Off. Teganan dari Kunci Kontak positif dan untuk negatifnya bisa diambilkan dari Kabel body (ambil dari socket kabel kipas).

4. Setelah Kabel terpasang, cek kembali kipas seperti langkah no . 1 , dan bila menyala Sip berarti kipas berfungsi kembali sebagaimana mestinya, jika tidak berputar, berarti Cekย ulang saluran kabel-kabelnya ๐Ÿ˜€

Alternatif lain, bisa ambil daya langsung dari aki tapi tentunya dipasang saklar khusus.

Honda CBR150R

Kasus Seperti saya ini ternyata saya banyak menemui di Group CB150R Lover, mungkin bisa dicoba juga.

 

Selamat mencoba.

29 tanggapan untuk “Kipas Radiator Tidak Menyala Saat Panas, Jangan Vonis Kipas Mati, Cek dulu kelistrikannya

  1. assalamualaikum kawan ? saya om sho mau nanya yamaha vixion ku thn 2010 , kipas radiatorku meski keadaan panas kok gak berputar , meski kabel temperatur nya tak lgsgkan kabel msh ttp gak brputar , tlg d bls kawan

    Suka

    1. assalamualaikum kawan ? saya om sho mau nanya yamaha vixion ku thn 2010 , kipas radiatorku meski keadaan panas kok gak berputar , meski kabel temperatur nya tak lgsgkan kabel msh ttp gak brputar , tlg d bls kawan

      Suka

    1. Sy punya cs1 suhu tinggi terus walau mesin belum hidup , udah coba cabut kabel sensor d radiator tp suhu di speedometer tetap tinggi

      Suka

  2. Ass.., mau nanya mas klo kipas radiator ngambil langusng dari aki pke saklar biar otomatis tggal pencet klo keadaan panans.y. gmna mas apakah aman tuh?

    Suka

  3. motor ane cs1… pas dicoba dengan cara diatas… kipas fix mati… sensor dari taun 2014 sudah suruh diganti sama Ahass, akhirnya diganti dengan kipas yamaha dan berfungsi, tinggal sensornya saja

    Suka

  4. Punya saya vario 125… Air radiator sering habis karena mendidih akibatnya menguap dan habis… Dicek tidak ada kebocoran ke mesin maupun diradiator,,, thermostat sdh diganti yang baru… Bengkel resmi honda sdh angkat tangan… Mohon solusinya… Ini nomor wa saya..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s