Iklan
jump to navigation

Kipas Radiator Tidak Menyala Saat Panas, Jangan Vonis Kipas Mati, Cek dulu kelistrikannya 30 Agustus 2014

Posted by sijidewe in Modifikasi, otomotif.
Tags: , , , , ,
trackback

Bro Sekalian, Beberapa waktu lalu setelah lebaran saya mengunjungi rumah om dibilangan Halim (TNI AU). Di perjalanan Dari Cikarang Lancaar melalui kalimalang menggunakan si Merah Honda Old CBR150R, nah selepas Mal MM Masalah mulai timbul Jalan macet sepanjang kalimalang menuju jakarta. Yo wes cuma bisa sabar sambil merayap.

Jpeg

Jarum paling kanan sudah sampai garis merah

Ternyata masalah belum selesai, Saat melirik Speedometer si merah Honda Old CBR150R, Bar penunjuk Suhu mesin sudah mencapai batas merah :O , langsung minggir untuk mendinginkan mesin. padahal biasanya dalam kondisi macet tidak sampai ke Garis merah, karena Radiator dibantu kipas untuk mendinginkan. Begitu ada kesempatan mniggir untuk mendinginkan mesin sambil cek kok bisa sampai hampir overheat. Ternyata Dengan Jarum masih di Garis merah kipas radiator tidak berputar. weleh.. Terhitung perjalanan Cikarang – HAlim saat berangkat 7 kali berhenti dan pulangnya 6 kali berhenti untuk ngademin mesin 😆 .

CBR150R

Dengan kasus di atas Kipas radiator tidak berputar, ada Beberapa Hal yang perlu di Cek. Sasampainya saya di Rumah saya Cek satu persatu ;

1. Cek apakah kipas benar-benar mati atau tidak.. caranya : dengan menkonsletkan / short kabel yang menuju ke Sensor Termostat (sensor suhu) yang ada di Radiator, dengan kondisi kontak ON Jika Kipas tidak berputar bisa dipastikan Kipas mati atau mungkin Cek kabel di sekitar kipas barangkali ada yang terkelupas, dan Jika saat di Short kan kipas berputar berarti kipas aman, lanjut ke berikutnya.

Honda CBR150R

2. Bongkar Motor dan Cek Tegangan jalur kabel / socket dari kabel body menuju kipas menggunakan Multimeter, Kebetulan pada Honda Old CBR150R ada dibawah Tangki. Kasus punya saya ternyata tegangan dari kabel body menuju kipas drop, tidak sampai 12 Volt bahkan dibawah 10 Volt. Yo wes kasus terungkap. JIka tidak ada arus/tegangan sama sekali, Cek bagian Sekering.

Honda CBR150R

3. Ngakalin supaya Kipas dapat berputar lagi, Saya ambilkan arus dari jalur kunci kontak. Cek dengan multimeter mana arus yang murni dari aki dan yang mana yang menuju panel. Ambil Kabel yang menuju panel dengan tujuan tegangan menuju kipas akan berhenti saat kunci kontak Off. Teganan dari Kunci Kontak positif dan untuk negatifnya bisa diambilkan dari Kabel body (ambil dari socket kabel kipas).

4. Setelah Kabel terpasang, cek kembali kipas seperti langkah no . 1 , dan bila menyala Sip berarti kipas berfungsi kembali sebagaimana mestinya, jika tidak berputar, berarti Cek ulang saluran kabel-kabelnya 😀

Alternatif lain, bisa ambil daya langsung dari aki tapi tentunya dipasang saklar khusus.

Honda CBR150R

Kasus Seperti saya ini ternyata saya banyak menemui di Group CB150R Lover, mungkin bisa dicoba juga.

 

Selamat mencoba.

Iklan

Komentar»

1. ipanase - 30 Agustus 2014

mending di relay sisan trus relayne kekne sensor lek

Suka

sijidewe - 30 Agustus 2014

sip.. di catat.. iki versi pahe.. lan darurat pan.. besok tak cobane di relay

Suka

ipanase - 30 Agustus 2014

haluah juragane cbr kok pahe pahe segala :v

Suka

sijidewe - 30 Agustus 2014

trims..

**nganti lali :mrgreen:

Suka

2. RPMspeed - 30 Agustus 2014

punyaku nggak ada radiatornya cuy 😮

—————————————————-
Komparasi Engineguard Vs Frameslider
http://rpmsuper.com/2014/08/30/tentang-engine-guard-vs-frame-slider/

Suka

sijidewe - 30 Agustus 2014

malah joss om ga pusing mikiri panas 😀

Suka

RPMspeed - 30 Agustus 2014

tapikan ngga kaya teknologi MotoGP kang wikikik 😀

Suka

sijidewe - 30 Agustus 2014

hayah :p kan sama-sama rodanya 2 motogp juga 2

Suka

RPMspeed - 30 Agustus 2014

wkwk 😀

Suka

3. bladeus - 31 Agustus 2014

lak thermostat e seng error piye deteksine lik?

————-

new ninja 250, 2 / 4 silinder?

http://www.bladeus.wordpress.com/2014/08/31/spyshoot-new-ninja-250r-varian-ex-apa-zr/

Suka

sijidewe - 31 Agustus 2014

di cek short kipas nyala.. tapi pada kondisi “seharusnya” misal di si merah ini 3 bar kipas menyala, tetapi ternyata tidak menyala

Suka

bladeus - 1 September 2014

Thermostat 😀

Suka

4. Tips Cara Menurunkan Shock Breaker Depan atau Front Fork Motor Sport | sijidewe's blog - 26 Oktober 2014

[…] Kipas Radiator Tidak Menyala Saat Panas, Jangan Vonis Kipas Mati, Cek dulu kelistrikannya […]

Suka

5. om sho - 27 November 2014

assalamualaikum kawan ? saya om sho mau nanya yamaha vixion ku thn 2010 , kipas radiatorku meski keadaan panas kok gak berputar , meski kabel temperatur nya tak lgsgkan kabel msh ttp gak brputar , tlg d bls kawan

Suka

Showhod Dewedewe - 27 November 2014

assalamualaikum kawan ? saya om sho mau nanya yamaha vixion ku thn 2010 , kipas radiatorku meski keadaan panas kok gak berputar , meski kabel temperatur nya tak lgsgkan kabel msh ttp gak brputar , tlg d bls kawan

Suka

sijidewe - 28 November 2014

coba cek mas di bagian sensor kipasnya.. di bypass.. atau cek kipas langusng ke aki.. kemungkinan bisa kabel, kipas, sensor kipas

Suka

6. rizky hendra septian - 10 Maret 2015

Kalau dibuat kontak on radiator juga on aman enggak ya mas…

Suka

7. kabelgas - 9 April 2016

mantep infonya om

Suka

8. tokex - 9 April 2016

sipp mas infonya bisa tak coba dulu

Suka

ulin ciu - 21 April 2016

Sy punya cs1 suhu tinggi terus walau mesin belum hidup , udah coba cabut kabel sensor d radiator tp suhu di speedometer tetap tinggi

Suka

9. Agung prabowo - 8 September 2016

Kalo overheat cs1 kok ngak nyala langkah awal pali g mudah ngecek kipas gimana

Suka

10. Anonim - 14 September 2016

Kalo kipas mati ada engga efek nya jadi boros gan

Suka

sijidewe - 14 September 2016

jadi boros gan.. bukan bensin tapi dompet 🙂 kipas mati.. over heat wasslam gan 😀

Suka

11. Anonim - 13 Oktober 2016

saya punya motor honda cs one.kalau mesin udah panas jlnya mau tidak lacar sama dgn bentuk nau habis minyak alias anguk anguk

Suka

sijidewe - 14 Oktober 2016

coba cek karburatornya gan.. mungkin ada masalah di membran vakumnya

Suka

12. Anonim - 2 Desember 2016

Ass.., mau nanya mas klo kipas radiator ngambil langusng dari aki pke saklar biar otomatis tggal pencet klo keadaan panans.y. gmna mas apakah aman tuh?

Suka

13. tk - 11 Agustus 2017

motor ane cs1… pas dicoba dengan cara diatas… kipas fix mati… sensor dari taun 2014 sudah suruh diganti sama Ahass, akhirnya diganti dengan kipas yamaha dan berfungsi, tinggal sensornya saja

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: