Bro Sekalian, Beberapa waktu lalu setelah lebaran saya mengunjungi rumah om dibilangan Halim (TNI AU). Di perjalanan Dari Cikarang Lancaar melalui kalimalang menggunakan si Merah Honda Old CBR150R, nah selepas Mal MM Masalah mulai timbul Jalan macet sepanjang kalimalang menuju jakarta. Yo wes cuma bisa sabar sambil merayap.
Jarum paling kanan sudah sampai garis merah
Ternyata masalah belum selesai, Saat melirik Speedometer si merah Honda Old CBR150R, Bar penunjuk Suhu mesin sudah mencapai batas merah :O , langsung minggir untuk mendinginkan mesin. padahal biasanya dalam kondisi macet tidak sampai ke Garis merah, karena Radiator dibantu kipas untuk mendinginkan. Begitu ada kesempatan mniggir untuk mendinginkan mesin sambil cek kok bisa sampai hampir overheat. Ternyata Dengan Jarum masih di Garis merah kipas radiator tidak berputar. weleh.. Terhitung perjalanan Cikarang – HAlim saat berangkat 7 kali berhenti dan pulangnya 6 kali berhenti untuk ngademin mesin 😆 .
Dengan kasus di atas Kipas radiator tidak berputar, ada Beberapa Hal yang perlu di Cek. Sasampainya saya di Rumah saya Cek satu persatu ;
1. Cek apakah kipas benar-benar mati atau tidak.. caranya : dengan menkonsletkan / short kabel yang menuju ke Sensor Termostat (sensor suhu) yang ada di Radiator, dengan kondisi kontak ON Jika Kipas tidak berputar bisa dipastikan Kipas mati atau mungkin Cek kabel di sekitar kipas barangkali ada yang terkelupas, dan Jika saat di Short kan kipas berputar berarti kipas aman, lanjut ke berikutnya.
2. Bongkar Motor dan Cek Tegangan jalur kabel / socket dari kabel body menuju kipas menggunakan Multimeter, Kebetulan pada Honda Old CBR150R ada dibawah Tangki. Kasus punya saya ternyata tegangan dari kabel body menuju kipas drop, tidak sampai 12 Volt bahkan dibawah 10 Volt. Yo wes kasus terungkap. JIka tidak ada arus/tegangan sama sekali, Cek bagian Sekering.
3. Ngakalin supaya Kipas dapat berputar lagi, Saya ambilkan arus dari jalur kunci kontak. Cek dengan multimeter mana arus yang murni dari aki dan yang mana yang menuju panel. Ambil Kabel yang menuju panel dengan tujuan tegangan menuju kipas akan berhenti saat kunci kontak Off. Teganan dari Kunci Kontak positif dan untuk negatifnya bisa diambilkan dari Kabel body (ambil dari socket kabel kipas).
4. Setelah Kabel terpasang, cek kembali kipas seperti langkah no . 1 , dan bila menyala Sip berarti kipas berfungsi kembali sebagaimana mestinya, jika tidak berputar, berarti Cek ulang saluran kabel-kabelnya 😀
Alternatif lain, bisa ambil daya langsung dari aki tapi tentunya dipasang saklar khusus.
Kasus Seperti saya ini ternyata saya banyak menemui di Group CB150R Lover, mungkin bisa dicoba juga.
Selamat mencoba.
mending di relay sisan trus relayne kekne sensor lek
SukaSuka
sip.. di catat.. iki versi pahe.. lan darurat pan.. besok tak cobane di relay
SukaSuka
haluah juragane cbr kok pahe pahe segala :v
SukaSuka
trims..
**nganti lali
SukaSuka
punyaku nggak ada radiatornya cuy 😮
—————————————————-
Komparasi Engineguard Vs Frameslider
http://rpmsuper.com/2014/08/30/tentang-engine-guard-vs-frame-slider/
SukaSuka
malah joss om ga pusing mikiri panas 😀
SukaSuka
tapikan ngga kaya teknologi MotoGP kang wikikik 😀
SukaSuka
hayah :p kan sama-sama rodanya 2 motogp juga 2
SukaSuka
wkwk 😀
SukaSuka
lak thermostat e seng error piye deteksine lik?
————-
new ninja 250, 2 / 4 silinder?
http://www.bladeus.wordpress.com/2014/08/31/spyshoot-new-ninja-250r-varian-ex-apa-zr/
SukaSuka
di cek short kipas nyala.. tapi pada kondisi “seharusnya” misal di si merah ini 3 bar kipas menyala, tetapi ternyata tidak menyala
SukaSuka
Thermostat 😀
SukaSuka
assalamualaikum kawan ? saya om sho mau nanya yamaha vixion ku thn 2010 , kipas radiatorku meski keadaan panas kok gak berputar , meski kabel temperatur nya tak lgsgkan kabel msh ttp gak brputar , tlg d bls kawan
SukaSuka
assalamualaikum kawan ? saya om sho mau nanya yamaha vixion ku thn 2010 , kipas radiatorku meski keadaan panas kok gak berputar , meski kabel temperatur nya tak lgsgkan kabel msh ttp gak brputar , tlg d bls kawan
SukaSuka
coba cek mas di bagian sensor kipasnya.. di bypass.. atau cek kipas langusng ke aki.. kemungkinan bisa kabel, kipas, sensor kipas
SukaSuka
Kalau dibuat kontak on radiator juga on aman enggak ya mas…
SukaSuka
mantep infonya om
SukaSuka
sipp mas infonya bisa tak coba dulu
SukaSuka
Sy punya cs1 suhu tinggi terus walau mesin belum hidup , udah coba cabut kabel sensor d radiator tp suhu di speedometer tetap tinggi
SukaSuka
Kalo overheat cs1 kok ngak nyala langkah awal pali g mudah ngecek kipas gimana
SukaSuka
Kalo kipas mati ada engga efek nya jadi boros gan
SukaSuka
jadi boros gan.. bukan bensin tapi dompet 🙂 kipas mati.. over heat wasslam gan 😀
SukaSuka
saya punya motor honda cs one.kalau mesin udah panas jlnya mau tidak lacar sama dgn bentuk nau habis minyak alias anguk anguk
SukaSuka
coba cek karburatornya gan.. mungkin ada masalah di membran vakumnya
SukaSuka
Ass.., mau nanya mas klo kipas radiator ngambil langusng dari aki pke saklar biar otomatis tggal pencet klo keadaan panans.y. gmna mas apakah aman tuh?
SukaSuka
motor ane cs1… pas dicoba dengan cara diatas… kipas fix mati… sensor dari taun 2014 sudah suruh diganti sama Ahass, akhirnya diganti dengan kipas yamaha dan berfungsi, tinggal sensornya saja
SukaSuka
Punya saya vario 125… Air radiator sering habis karena mendidih akibatnya menguap dan habis… Dicek tidak ada kebocoran ke mesin maupun diradiator,,, thermostat sdh diganti yang baru… Bengkel resmi honda sdh angkat tangan… Mohon solusinya… Ini nomor wa saya..
SukaSuka
Kipas radiator saya kadang nyala kadang2 mati padahal suhu mesin sangat panas.
Apakah kipasnya/kelistrikannya gan.
#mintainfonya
SukaSuka