Perbedaan Kode Mesin Old Honda CBR150R, Honda CBR150R Fi dan All New CBR150R Lokal

Siang Bro Sekalian..

Biarpun sama-sama klan atau keluarga CBR dengan basis mesin yang sama, ternyata antara Old Honda CBR150R, New CBR150R Fi dan All New Honda CBR150R lokal mempunyai perbedaan kode mesin yang sangat jauh. Mungkin agak berbeda dengan motor lain yang mengalami Upgrade biasanya hanya ada perubahan sedikit pada Pengkodean di akhir atau tengah Kode mesin, MIsal Kode mesin Honda Vario 125, yang pertama HKZRA kemudian HKZRM (ehh..) selanjut Honda Beat dengan Kode K25A yang kemudian kabarnya ada K25G (ups..)

DSC_0007

Nah Pada Honda CBR150R Genesari Pertama atau orang sering menyebut Old Honda CBR150R mempunyai kode Mesin  KPP. Mesin DOHC 150 CC pertama dari Honda yang merupakan pengembangan dari Motor Ayago yang sedang booming kala itu yakni Honda Sonic.

Kemudian kode Mesin New Honda CBR150R Fi (headlamp mata satu) mempunya Kode Mesin Cs150RE. Silahkan Baca disini

JMS 2010 New CBR150R, loh kok pakai kode mesin CS juga..

Sepertinya Kode CS ini bukan tanpa alasan, karena memang basis mesin Honda CBR150R ini sama dengan HOnda CS1 yang kala itu sedang di landa perdebatan tentang bodynya yang antimainstream 😀 Perbedaan ada pada komponen Gear, Head Engine dll. Namun secara Basic hampir sama, bahkan mounting mesin yang ada pada Honda CS1 pun ada pada Honda CBR150R.

All New CBR150R (21)Selanjutnya kode Mesin All New Honda CBR150R Lokal. Ini Juga berbeda dengan kedua kakaknya yang diproduksi di thailand. All New Honda CBR150R mempunyai kdoe mesin K45. Motor yang sepenuhnya menggunakan basis dari HOnda CB150R ini juga sangat berbeda dengan Old New Honda CBR150R serta New CBR150R Fi. Pada frame yang pada CBR150R generasi sebelumnya menggunakan Perimeter Twin Spar Frame kini menggunakan Trust Frame atau teralis sama seperti yang digunakan pada Honda CB150R.

Secara Keseluruhan pada Generasi Honda CBR150R ini sangat berbeda tetapi tetap sekedar untuk pengetahuan saja, karena tetap 1 klan Yakti Honda CBR dengan Kubikasi 150cc 😀 , semoga bermanfaat.

Penulis: sijidewe

Seneng sharing hal yang positif, khusunya terkait komputer, otomotif, kuliner dan lain-lain...

28 tanggapan untuk “Perbedaan Kode Mesin Old Honda CBR150R, Honda CBR150R Fi dan All New CBR150R Lokal”

  1. hmhmh
    apa semua kode produk yg pakai kode berbeda merupakan motor baru yg didowngrade yaaa ????
    khususnya berawalan “k” dll ..

    bedah aja jeroan cbr150 lokal, cb150 kampas kopling,batang klep dll berbeda bahan,material dan kualitas dgn cbr lama …

    Suka

    1. downgrade… hmmm.. saya pribadi cenderung menyebutnya penyesuaian.. sekarang konsumen menuntut harga yg murah.. jika spek di samakan dengan cbu apakah kebanyakan konsumen berani bayar mahal 🙂

      Suka

  2. yang old sama cbu fi sama persis ya mountingnya jadi tinggal pasang ke cs1 :mrgreen: sayang di gen cb sama cbr lokal di cor mounting tengahnya 😦

    kapan yak upgrade cbr :mrgreen:

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s