Kuras Oli Shock Absorber Old Honda CBR150R, Berikut Volume Oli CBR150R

Bro & Sekalian.. Saat cara piknik sabtu kemarin bareng teman-teman Bigcola (Bekasi Independent Group Cornering In Delta) ternyata ada sesuatu yang saya rasakan di Old Honda CBR150R saya. .Sepertinya Shock Depan Old HOnda CBR150R langsiran 2006 ini terlalu empuk, fellingnya seperti kekurangan Oli. Setelah saya pikir, wajar.. karena sudah berumur 8 tahun dan menempuh 65ribu kilometer, maka viskositas atau kekentalan Olinya sudah berkurang.

Bekasi_Cornering1

Mumpung ada waktu, kemarin saya bongkar shock depan Old Honda CBR150R saya. Dikarenakan tool yang saya miliki kurang ya wes meluncur ke bengkel teman.  Untuk proses pengurasan dan penggantian Oli Shock Absorber Depan Atau Front Fork Old Honda CBR150R tidak sulit bahkan bisa dibilang mudah, selain itu tidak memakan waktu lama. Berikut saya tampilkan dalam bentuk Gallery.

Melepas Front Fork dan Meniriskan Oli Old Honda CBR150R

Perhatikan Gambar Nomor 8 Bro. Saking Lamanya Umur Motor, Olinya yang seharusnya berwarna merah segar berubah menjadi cokelat seperti Lumpur.. hiiii :mrgreen: lanjut..

Menguras Tabung Front Fork atau Shock Depan dan Membersihkan Inner Partnya (Komponen Dalam)

Sebelum kita lanjut ke Proses Perakitan kembali Shock Depan Atau Front Fork Old Honda CBR150R, ada satu hal yang aneh bagi saya, yaitu pada Main Spring. MAin SPring yang terpasang ternyata bagian Primer atau sisi yang rapat berada di atas, Tidak seperti Motor Sport Lokal Honda lainnya yang bagian primernya atau sisi spring yang rapat berada dibagian bawah.

Jpeg

Disini coba saya analisa (lebay dikit ;mrgreen: ) shock dengan posisi primer diatas berkarakter empuk atau sangat lembut. Sehingan Genjotannya juga ringan. Enak untuk jalan yang terjal bebatuan tetapi untuk posisi kencang dan jalan rada bergelombang handling terasa mengayun ini yang saya rasakan pada Old Honda CBR150R saya. Karena pengen Shock yang lebih rigid maka iseng saya muncul. Main Spring Old Honda CBR150R saya balik menjadi posisi Primernya dibawah seperti pada Honda New Megapro, Honda CB150R, All NEw Honda CBR150R dan Sport Lokal honda lainnya. Ok Mas bro kita lanjutkan proyeknya.

Proses Perakitan Shock Absorber Depan atau Front Fork Old Honda CBR150R

Lantas berapa Volume Olinya..? Saya awalnya mengacu pada Volume oli Shock  All New Honda CBR150R yang menurut bisikan ghaib dari mbah sebanyak 197  +/- 2 ml . Namun saya urungkan, pertimbangan saya :

1. Berat Motor Old Honda CBR15R lebih ringan dibandingkan All New CBR150R.

2. Keterkaitan dengan keisengan saya membalik Posisi Primer Main Spring Shock Absorber Old Honda CBR150R. Dengan Posisi Primer Spring dibawah maka hentakan atau genjotan Shock Absorber lebih kenyal dan lebih cepat membal.

Dari pertimbangan di atas maka Saya coba dengan mengisi Shock Absorber Old Honda CBR150R saya dengan 175 ml saja. atau cukup Satu botol untuk setiap shocknya (1 botol Oli Shock Showa SS8 berisi 175 ml ). Yup Takaran Oli saya kurangi sebanyak kurang lebih 22 ml.

Setelah dirakit kembali ke Badan Old Honda CBR150R, saya test hasil repair Shock Absorber melewati jalanan yang berbatu atau terjal. Ternyata agak sedikit lebih kenyal dibandingkan sebelumnya. Mungkin karena Olinya baru dan Efek Posisi Primer Spring dibawah. dan Kemudian coba memacu Old Honda CBR150R merah ini di jalanan aspal yang halus dan agak bergelombang. Felling saya handling lebih stabil. Lanjut Ambil jalan tikungan test dengan sedikit Cornering, Enak dan Lebih Stabil. (semoga memang benar bukan sugesti saya saja :lol ). Untuk Volume Oli Motor yang lainnya bisa mampir dimari 

VOLUME OLI SHOCK ABSORBER (FRONT FORK) SUZUKI & HONDA

ready1

Selanjutnya Tinggal NUnggu waktu latihan Bareng Bigcola lagi untuk mengetes Kerigid-tan Shock depan Old Honda CBR150R dengan posisi Primer Spring dibawah 😀

Ok mas bro yang Old Honda CBR150R nya sudah berumur dan Belum pernah di kuras Shock Absorbernya sialhkan di coba.. Semoga bermanfaat 🙂

Terima kasih

29 tanggapan untuk “Kuras Oli Shock Absorber Old Honda CBR150R, Berikut Volume Oli CBR150R

  1. sekedar sharing, kalo menurut manual book old cbr 150 yg saya punya, bagian per yang rapat memang seharusnya di bawah.
    untuk vol oli nya 206 +/- 2,5 ml.
    cmiiw

    Suka

      1. ok mas terima kasih .. coba besok saya analisa dan trial seperti apa hasilnya 😀 untuk saat ini dengan 175 ml rebound cukup lembut tidak keras dan tidak terlalu empuk

        Suka

  2. mas bar tak sawang sawang jebul , montormu mungkin pernah dibongkar shock e , soale CBR yo primer spring e nang ngisor , dadi mungkin sing bongkar sebelume sing rada sesat :mrgreen: piye ki mosok ahline nganggep spring kualik ora ngeh ?

    salam seko bloger pinggiran rakondang 😆

    Suka

    1. ha ha.. maklum jaman semono durung mempelajari shock cbr mas.. kan emang ono beberapa model shock sing primer e nang nduwur.. jadi praduga tak bersalah :mrgreen: nek keluaran honda yg cc kecil primer di bawah kabeh

      Suka

Tinggalkan komentar