Oplos Berat Roller Vario meningkatkan Akselerasi..?

Karena betah menggunakan skutik untuk harian jadinya sudah 2 minggu ini vario techno langsiran 2010 yang selama ini hanya PP dari rumah ke tukang sayur akhirnya menemani saya pulang pergi kerja.

image

Terhitung hampir 5 tahun trip baru 16ribu km πŸ™‚ ngirit… part pun ya g diganti baru bohlam depan dan bohlam rem. Beberapa waktu lalu karena saran teman Vario ini saya lakukan sedikit ubahan yaitu penggantian roller menjadi lebih ringan dari standar 14 gr ke 11 gr dan per CVT saya ganti yang 1500 rpm.
image

Impresinya putaran bawah enteng banget dan feeling lebih halus. tapi putaran tengah ke atas boyoo tenan. Selama ini biarlah yang pakai nyonya ini :mrgreen:
Setelah saya yang menggunakan kok kurang juga lantaran tiap kali mau menyalip mesti keteter, atau tidak dapat. Dengan bekal mbah Google dan beberapa bisikan ghoib saya kepikiran untuk melakukan Pengoplosan Berat Roller.

image

Sebenarnya ada dua argument tentang pengoplosan ini

Pertama Tidak pengaruh karena yang bekerja yang berat saja. yang ringan hanya mengikuti jadinya malah timpang.
Pendapat Kedua, dapat meningkatkan akselerasi karena kerja roller berkesinambungan yang ringan untuk putaran bawah yang berat putaran atas.

Ya wes daripada penasaran saya coba saja pengoplosan ini. Kita oplos antara Roller 11 gram dengan roller 14 gram orisinil Vario.

image

Penggantian roller untuk pengoplosan roller vario ini seperti biasa dengan membuka bak samping, kemudian melepas roller yang 11 gr sebanyak 3 buah dan diganti dengan standarnya yang 14 gr dengan posisi di selang seling.
Impresinya setelah diganti, feeling yang saya rasakan putaran tengah atas akselerasi lebih cepat tapi putaran bawah sedikit dikorbankan. Dan ada vibrasi kecil diputaran bawah yang mana selama ini halus.
Overall hasil positif sambil saya review selama 1 bulan. Kombinasi oplosan roller vario dan pertamax sepertinya cukup. Ndak perlu top speed yang penting akselerasi meningkat πŸ™‚
Monggo yang mau mencoba juga, semoga bermanfaat.

34 tanggapan untuk “Oplos Berat Roller Vario meningkatkan Akselerasi..?

  1. Cara menyusun rollernya salah tu gan,,,

    Ditambah lg gan knowledge nya tentang roller selang seling,,,

    Percobaannya jadi asal2an menurut ane,,, sorry ya,,, roller selang seling punya aturan gan,,,

    Suka

    1. udah di koreksi di tulisan.. makasih knowlage nya.. namanya juga percobaan pasti di coba sampai ketemu yg pas.. dari pada cuma katanya.. makasih ya sarannya :p

      Suka

  2. Mo irit and tarikan enteng bonus pengeluaran irit tiap bulan pake dong oli mobil/pcmo di motor matic anda….hahahahaaaaa πŸ˜‰

    Suka

  3. gan kalo buat vario tapi pakai loler 9 gram di selang seling sama asli nya gmana tu bakal ada yang berubah ga kalo pingin ada tarikannya pakai loler brapa grm

    Suka

  4. Di coba pake cuma 5 roller saja dari 6 biji yg asli bawannya pasti tarikannya juga yahud baik bawah dan atas. Dr pada ganti gram yg lebih kecil/ringan buang2 uang utk percobaan….

    Suka

  5. kalo buat mesin 110 cc honda paling cocok kombinasi antara 8 gram dengan 12 gram. buktikan tarikannya lebih adil. bawah enak, atas juga enak

    Suka

  6. buat metik honda 110 cc, harus di kombinasikan antara 3 buah roller 8 gram dan 3 buah roller 12 gram. tarikan bawah dan tarikan atas enak.

    Suka

  7. Numpang nanya dong mang, ane make vario 110 FI. Kalo make roller 12gr aja no oplos gmn??
    Tapi kalo mau oplos selang seling ukuran yang pas untuk tarikan lebih enteng brp?? Dan merk roller apa yang direkomendasikan.

    Thx mohon dibantu
    Salam

    Suka

  8. Okut nimpuk ahh
    Per 1500 roller 11 14
    Kalo per std roller 11 smua bawah atas ktmugk perlu slang seling gak perlu beli per trus logikanya Kalo per Makin keras v belt mkin tmbah tkanan mkin kenceng jdi v belt jdi mudah molor trus putus (pengalaman bongkar motor teman)
    CMIIW

    Suka

  9. mohon penjelasan…saya pakai vario 125 injeksi.saya mengganti roler yg asli bawaan vario 125 yg beratx 18 gr dengan roller vario 150 yg beratx 15,5 gram.tpi kok suara dalam box CVT nya ribut banget kayak bunyi klep.klu gk narik gas suaranya bersih tpi klu narik gas gas bunyinya makin kencang.
    sy juga ganti van-belt baru tpi suara ktak-ktok pada van-beltpun makin kencang akhirnya saya lepas.

    Suka

  10. Kalo. Mau motor anda kenceng gak usah repot* gan tinggal beli loler kawara/TDR yang berukuran 7/8 gram sma per cvt nya pake per cvt vario 150 yang TDR juga per cvt nya jangan lupa panbel nya juga ganti pake yang punya racing.

    Suka

Tinggalkan komentar