Iklan
jump to navigation

Canggihnya Sensor O2 Sulap Mesin Kompresi Tinggi Agar Aman Minum Premium 20 September 2015

Posted by sijidewe in otomotif, Tahukah Anda.
Tags: , , ,
trackback

Sabtu 19 September 2015, Sunter ~ Kompresi tinggi Minumnya ya wajib Pertamax, Kompresi Tinggi Minum Premium Nanti Mesinnya Ngelitik Lohh. Yeah Itulah beberapa Ideologi kemarin hari yang masih menghiasi kuping bro sist. Termasuk saya sendiri pengguna CBR150 lama yang memaksa dompet Untuk ngisi pertamax demi kenikmatan berkendara.
image

All New Honda CB150R yang baru dilaunching bulan lalu berlabel Aman RON 87-88 padahal kalau jika intip spesifikasi mesinnya berkompresi 11,3 : 1 . Kalau Menurut Primbon Tempo dulu seharusnya menggunakan pertamax plus.

Alkisah begini cerita dari mas Mekanik Honda di AHTC Kemarin pagi

image

Dulu dengan kompresi segitu wajibnya pakai Pertamax Plus.
Untuk Mengobati Kegundahan Calon Pembeli New Honda CB150R dipasanglah Sensor O2 pada motor ini. Fungsi Sensor O2 ini tho…? Fungsi Untuk menyempurnakan pembakaran dengan membaca Hasil Pembuangan. Dari apa yang terbaca Sensor O2 di knalpot akan menghubungi ECM agar menginstruksikan Injector menyesuaikan Antara Bahan Bakar, Udara supaya memenuhi AFR Ideal 1:15 (tepatnya 14,7).
image

Nah saat minum Premium Ron 88 Di motor kompresi tinggi, Sejatinya Sebelum Piston menyentuh TMA Premim akan meledak duluan dan menimbulkan Sesuatu yang disebut Nglitik. Disini O2 Sensor bertugas, Karena Pembacaan Gas Buang Saat minum Premium tidak sesuai, makan O2 mengirim sinyal ke ECM untuk mengatur Input Pembakaran, supaya Injector membuka Tutup Aliran BBM lebih lepat supaya Percampuran Antara BBM dan Oksigen lebih ideal (Baca AFR Ideal di atas).
image
ada yang kenal foto diatas.. dialah mbau rekso bonsaibiker.com

Begitu Bro sist peran O2 dalam pola kerja sebuah system kendaraan teknologi injeksi.

Tentunya ini hanya artikel dengan bahasa paham untuk newbie seperti saya. Akan berbeda lagi uraiannya jika pembaca sudah expert tentu lebih njlimet lagi.

Semoga Bermanfaat

Bedah Teknologi All New Honda CB150R dan New Honda Sonic 150R

Iklan

Komentar»

1. ysr - 20 September 2015

Terima kasih informasinya, memang saya berencana ambil motor ini, tapi sedikit ragu karena motor ini wajib minum pertamax, ternyata aman pakai premium.

Suka

sijidewe - 20 September 2015

sama-sama mas 😀

Suka

2. Bonsai Biker - 20 September 2015

nggih

Suka

sijidewe - 20 September 2015

:mrgreen:

Suka

3. goozir - 22 September 2015

wah pertmax dong isin pake premium. minimal pertlit lah

http://www.goozir.com/2015/09/tvs-launching-motor-irit-tembus-95-km-per-liter.html

Suka

4. dadang gentar - 8 Maret 2016

Fungsi O2 pada motor injeksi adalah menjaga afr pada kondisi ideal/Stoic saat crusing, sensor O2 mengkompensasi baik lebar pulsa injeksi juga timing pengapian agar selalu terjaga di kondisi Stoic tersebuy

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: