Iklan
jump to navigation

Ternyata Polisi bisa menilang Tanpa perlu surat Tugas Lho Lurr… 8 Januari 2016

Posted by sijidewe in Berita, Opini Saya.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Berita Netizen akhir-akhir ini mengenai tilang menilang adalah masalah surat tugas. Mungkin dulur semua sering membaca masalah Polisi menilang giliran ditanya surat tugas di ada. Mungkin memang untuk kondisi tertentu yakni Razia yang dilaksanakan Secara resmi wajib menggunakan Surat Tugas dan Itupun di atur Oleh undang-undang Pasal 15 Peraturan Pemerintah No, 80/2012 Yakni Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (PP 80/2012). MEngutik dari hukumonline.com

menolak-ditilang-tanpa-surat-tugas

“Petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Penyidik Pegawai Negeri Sipil di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang melakukan Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan secara berkala atau insidental atas dasar Operasi Kepolisian dan/atau penanggulangan kejahatan wajib dilengkapi dengan surat perintah tugas.”

Lantas Kapan Polisi diperbolehkan menilang tanpa surat Tugas..? Yakni saat pengguna jalan terbukti melakukan pelanggaran Lur. Atau istilahnya Tertangkap Tangan. sesuai Pasal 111 UU No. 8/1981 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), petugas tidak perlu dilengkapi Surat Perintah Tugas.

Nah kejadian Tertangkap Tangan ini bisa terjadi kapan saja, misal sedulur terbukti melanggar lampu merah ataupun marka. ataupun tanpa helm, lampu tidak dinyalakan dan sejenisnya polisi boleh menilang biarpun tidak dilengkapi surat tugas. Terus bagaimana jika kita tidak merasa melanggar Lur…?

Ternyata kita berhak menolaknya Lur. berhak menolak diperiksa, dan bisa melaporkan keberatan kepada polantas yang bersangkutan atau penanggung jawab pemeriksaan kendaraan bermotor, sebagaimana disebut dalam Pasal 19 ayat (2) dan Pasal 20 ayat (3) dalam PP No. 80/2012.

Tapi gimana aktual dilapangan.. Nah ini yang sering jadi ambigu.. sudah bukan rahasia umum lagi.. yang penting kita berani berargumen saja, sebelum memberikan surat tanya dulu ada masalah apa kenapa mau memeriksa surat saya. Supaya terhindar masalah dengan pak polisi ya kita lengkapi saja surat dan perlengkapan berkendara.. Bismillah sing penting Yakin.. Halangan Minggir sendiri :mrgreen:

sumber : http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt4fc58f3a7fdea/apakah-polisi-bisa-menilang-walau-tanpa-razia

Iklan

Komentar»

1. Mas Sayur - 8 Januari 2016
2. gilaroda2 - 8 Januari 2016

Biasanya klo surat2 baik sim & stnk sdh ditangan the silup…ya sdh pasrah…

Suka

sijidewe - 8 Januari 2016

tul gan.. disitu kita merasa sedih gan 😦

Suka

3. rezaholic - 8 Januari 2016

kalo tilang bebas kapan aja boleh… soal meriksa kita berhak menolak, jika tidak ada surat tugas.. :mrgreen:

Suka

4. khsblog - 8 Januari 2016
5. defrizal - 5 Maret 2016

Pak jika tertangkap tangan tidak memakai helm atau tidak menghidupkan lampu, dan tidak memakai spion mungkin boleh la, tapi kebanyakan polisi yang bertugas di perapatan simpang empat lampu merah sering menghentikan pengemudi yang lengkap dan lansung menggeleda surat menyurat pengemudi, bagai mana sebenarnya itu.? Apakah tidak melanggar uu no 22 tahun 2009.

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: