DIY – Pasang Lampu DRL auto On/Off tanpa Relay

Salam..
Hai sobat sijidewe.com, jumpa lagi 🙂 mohon maaf karena suatu hal blog ini jadi jarang update, untuk saat ini mungkin blog ini hanya fokus ke DIY atau tips & trick saja.
Lanjut setelah pada episode pertama dulu sijidewe.com sajikan DIY pemasangan Lampu DRL atau Daily Running Lightlamp. Lampu yang menyala di siang hari sebagai piranti safety yang mungkin di indonesia masih diterapkan di sepeda motor saja. Untuk Pemasangan lampu DRL yang lalu di gerobag sijidewe.com lampu DRL akan selalu menyala bilamana kontak ON atau mesin menyala, jadi siang ataupun malam akan selalu menyala yang mungkin akan mempercepat lifetime DRL tersebut.

https://sijidewe.com/2015/05/28/tips-pasang-drl-di-daihatsu-xenia/

pasang-lampu-drl-di-mobil-1.jpg.jpeg
Pemasangan Lampu DRL espisode kedua ini, sijidewe.com coba pasang dengan sistem auto on/off jika lampu senja menyala makan DRL mati. Jadi DRL hanya akan menyala pada siang hari sebagaimana fungsinya.
Sebenarnya ada 2 cara untuk pemasangan lampu DRL auto on/off ini. Yang pertama sudah jamak dilakukan pemasangan lampu DRL menggunakan Relay. Dimana relay yang berfungsi sebagai saklar, pemicunya menggunakan lampu utama atau lampu senja juga. Cara kedua Pemasangan Lampu DRL tanpa relay, yang pasti lebih hemat dan mudah ini yang akan sijidewe.com sajikan (thanks a lot of to mazped.com untuk informasinya). Sistem ini terinspirasi dari sepeda motor yang menggunakan indikator lampu sein single.

pasang-lampu-drl-di-mobil-2.jpg.jpeg
Pemasangan Lampu DRL auto on/off tanpa relay ini cukup mudah, untuk Kabel positif seperti biasa bisa masuk ke Jalur Lighter atau acc atau ke Motor Wiper (seperti yang saya lakukan). kemudian untuk kabel negatifnya hubungkan dengan kabel positif dari lampu senja. Pada Xenia VVTi (old) kabel berwarna Merah garis biru.

skema-drl-auto-on-off
Logika pemasangan Lampu DRL auto on/off tanpa relay ini adalah, pada kondisi lampu senja off maka lampu DRL akan meminjam jalur negatif dari lampu senja melalui lampu, sehingga Lampu DRL akan menyala. sedangkan saat lampu senja menyala jalur Lampu senja akan berubah menjadi positif, maka saat itu DRL akan mati karena jalur negatifnya berubah jadi positif. Input positif dan positif lampu DRL tidak menyala.

pasang-lampu-drl-di-mobil.jpg.jpeg
Simple kan Sob, pemasangan lampu DRL tanpa relay sudah bisa auto on/off mengikuti lampu senja sebagai triggernya. monggo simak videonya

System ini tidak hanya untuk mobil bisa juga diterapkan untuk motor.
Semoga bermanfaat, wassalam.

22 tanggapan untuk “DIY – Pasang Lampu DRL auto On/Off tanpa Relay

  1. “Logika pemasangan Lampu DRL auto on/off tanpa relay ini adalah, pada kondisi lampu senja off maka lampu DRL akan meminjam jalur negatif dari lampu senja melalui lampu, sehingga Lampu DRL akan menyala.”

    Kalau saklar lampu senja off, DRL nyala, lampu senja juga ikut nyala dong, karena dapat arus listrik dari DRL.
    Jadi lampu senja akan selalu nyala????

    Suka

  2. Mantep infonya kang, sangat bermanfaat..

    Oiya, ngomongin ambil setrum dr wiper, ah ane ada masalah dgn wiper belakang, warna kabelnya yg + (posirif) warna apa ya? Soalnya abis diacak2.. mobil ane xenia xi 2011. Maturnuwun infonya kang.. sehat selalu

    Suka

  3. kemarin nyobain sesuai dgn diagram di atas (disambung ke lampu senja)….eh ternyata drl nyala padahal kunci kontak ga nyantol ke lubang kunci kontak alias masih di dlm saku clana saya.
    apa yg salah ya mas? 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  4. Salam.
    Apakah ini tdk akan terjadi konslet pak? Mengingat kabel negatif drl disambungkan ke positif lampu senja? Lalu saat lampu senja dinyalakan apakah drl nya tdk rusak karena dpt 2 arus positif?
    Terimakasih

    Disukai oleh 1 orang

    1. Setau saya semua arus positif di kendaraan berasal dari accu (arus DC) dan spull (Arus AC) jadi logikanya aman. Positif bertemu positif jika sumbernya sama (dlm hal ini Accu) tidak akan terjadi apa2. Tetapi jika arus positif bertemu dgn arus positif dengan sumber tegangan yang berbeda (sama2 dr Accu bkn dr spull), maka jadi arus paralel dgn tegangan tetap 12V, kecuali jika arus di jadikan seri maka tegangan akan jadi 24V. CMIIW.

      Suka

  5. Saya masih belum menemukan kabel + acc/motor wiper di kap mobil, pada nissan march kabel yg ada di sebelum bagian motor wiper pada kap mobil ada 3 (yg 1 -), tapi ketika saya menyambungkan hanya akan ada arus bila wiper ON .. masih pusing tapi gak berani bongkar dashboard hehee
    Boleh minta tolong petunjuk kabel + acc di nissan march?
    Terimakasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s