Karena betah menggunakan skutik untuk harian jadinya sudah 2 minggu ini vario techno langsiran 2010 yang selama ini hanya PP dari rumah ke tukang sayur akhirnya menemani saya pulang pergi kerja.
Terhitung hampir 5 tahun trip baru 16ribu km π ngirit… part pun ya g diganti baru bohlam depan dan bohlam rem. Beberapa waktu lalu karena saran teman Vario ini saya lakukan sedikit ubahan yaitu penggantian roller menjadi lebih ringan dari standar 14 gr ke 11 gr dan per CVT saya ganti yang 1500 rpm.
Impresinya putaran bawah enteng banget dan feeling lebih halus. tapi putaran tengah ke atas boyoo tenan. Selama ini biarlah yang pakai nyonya ini
Setelah saya yang menggunakan kok kurang juga lantaran tiap kali mau menyalip mesti keteter, atau tidak dapat. Dengan bekal mbah Google dan beberapa bisikan ghoib saya kepikiran untuk melakukan Pengoplosan Berat Roller.
Sebenarnya ada dua argument tentang pengoplosan ini
Pertama Tidak pengaruh karena yang bekerja yang berat saja. yang ringan hanya mengikuti jadinya malah timpang.
Pendapat Kedua, dapat meningkatkan akselerasi karena kerja roller berkesinambungan yang ringan untuk putaran bawah yang berat putaran atas.
Ya wes daripada penasaran saya coba saja pengoplosan ini. Kita oplos antara Roller 11 gram dengan roller 14 gram orisinil Vario.
Penggantian roller untuk pengoplosan roller vario ini seperti biasa dengan membuka bak samping, kemudian melepas roller yang 11 gr sebanyak 3 buah dan diganti dengan standarnya yang 14 gr dengan posisi di selang seling.
Impresinya setelah diganti, feeling yang saya rasakan putaran tengah atas akselerasi lebih cepat tapi putaran bawah sedikit dikorbankan. Dan ada vibrasi kecil diputaran bawah yang mana selama ini halus.
Overall hasil positif sambil saya review selama 1 bulan. Kombinasi oplosan roller vario dan pertamax sepertinya cukup. Ndak perlu top speed yang penting akselerasi meningkat π
Monggo yang mau mencoba juga, semoga bermanfaat.
yg 14 pake punya apa?
nggak langkap keterangannya.. πΏ
SukaSuka
ori vario kan ada tuh π
SukaSuka
yg 14gram roller bawaanya oncom..hkhkhkh
SukaSuka
terus itu masang rollernya juga harus selang-seling.. π
SukaSuka
iya di artikel tak tulis selang seling tapi pas foto yang selang seling malah lupa maap π namanya juga uji coba
SukaSuka
daripada pake 11-14 mending pake 12/13 aja sama semua..
SukaSuka
ok sip note trims bsk saya coba
SukaSuka
Itu bukanya mlah berbahaya gan.
SukaSuka
bahaya ne gimana mas bro.. monggo sharing
SukaSuka
Cara menyusun rollernya salah tu gan,,,
Ditambah lg gan knowledge nya tentang roller selang seling,,,
Percobaannya jadi asal2an menurut ane,,, sorry ya,,, roller selang seling punya aturan gan,,,
SukaSuka
udah di koreksi di tulisan.. makasih knowlage nya.. namanya juga percobaan pasti di coba sampai ketemu yg pas.. dari pada cuma katanya.. makasih ya sarannya :p
SukaSuka
Yg 11 grm roller apa tuh
SukaSuka
kalo untuk honda beat coco ga 7gr dengan 11gr om
SukaSuka
Mo irit and tarikan enteng bonus pengeluaran irit tiap bulan pake dong oli mobil/pcmo di motor matic anda….hahahahaaaaa π
SukaSuka
kalo vario saya enaknya pake roller kecil, kalo ga beat ya mio pakenya 8 gram enak ke motornya pada ringan pas digas
SukaSuka
Gan gue mau naya ne
seputar oplosan roller.
Vario saya gan pake vario 125 degan setandat kok agak getar ya tp. Utuk putan renda
SukaSuka
gan kalo buat vario tapi pakai loler 9 gram di selang seling sama asli nya gmana tu bakal ada yang berubah ga kalo pingin ada tarikannya pakai loler brapa grm
SukaSuka
Di coba pake cuma 5 roller saja dari 6 biji yg asli bawannya pasti tarikannya juga yahud baik bawah dan atas. Dr pada ganti gram yg lebih kecil/ringan buang2 uang utk percobaan….
SukaSuka
Ada efeknya ga Bro, kalo cuma pasang 5 roller ?
SukaSuka
dicoba saja gan kebetulan saya belum pernah masang 5 roller
SukaSuka
kalo buat mesin 110 cc honda paling cocok kombinasi antara 8 gram dengan 12 gram. buktikan tarikannya lebih adil. bawah enak, atas juga enak
SukaSuka
buat metik honda 110 cc, harus di kombinasikan antara 3 buah roller 8 gram dan 3 buah roller 12 gram. tarikan bawah dan tarikan atas enak.
SukaSuka
Untuk vario 110
kawinan 8 gram + 12 gram yah..
dan untuk Roller’a tersebut bagus pakai merk apa yah
#KAWAHARA?
#TDR ?
atau ada yg lbih bagus
SukaSuka
Numpang nanya dong mang, ane make vario 110 FI. Kalo make roller 12gr aja no oplos gmn??
Tapi kalo mau oplos selang seling ukuran yang pas untuk tarikan lebih enteng brp?? Dan merk roller apa yang direkomendasikan.
Thx mohon dibantu
Salam
SukaSuka
kalau saya sistemnya coba2 mas gan.. coba di jodohin sama 8 gr selang seling
SukaSuka
pake 10gr sama 12gr aja gan
klo ane yg 10gr pake kawahara yg 12gr pake cld
SukaSuka
ruller beat bisa si pakai ke vario125 ?
SukaSuka
apa roller vario cbs sama dengan vario yg lain..saya mau tukar takut beli salah soalnya di toko jg pda ga tau klo ga di buka
SukaSuka
Okut nimpuk ahh
Per 1500 roller 11 14
Kalo per std roller 11 smua bawah atas ktmugk perlu slang seling gak perlu beli per trus logikanya Kalo per Makin keras v belt mkin tmbah tkanan mkin kenceng jdi v belt jdi mudah molor trus putus (pengalaman bongkar motor teman)
CMIIW
SukaSuka
Apa efek samping nya bg..kalau roller vario 150 semuanya diganti dengan 14 gram???
Mohon penjelasannya bg
SukaSuka
mohon penjelasan…saya pakai vario 125 injeksi.saya mengganti roler yg asli bawaan vario 125 yg beratx 18 gr dengan roller vario 150 yg beratx 15,5 gram.tpi kok suara dalam box CVT nya ribut banget kayak bunyi klep.klu gk narik gas suaranya bersih tpi klu narik gas gas bunyinya makin kencang.
sy juga ganti van-belt baru tpi suara ktak-ktok pada van-beltpun makin kencang akhirnya saya lepas.
SukaSuka
saya pake beat 2016, roller bawaan 15 gr diselang seling dengan roller racing TDR 9 gram, tarikan bawah, tengah makin mantap dan joss, top speed ya sama aja
SukaSuka
Kalo. Mau motor anda kenceng gak usah repot* gan tinggal beli loler kawara/TDR yang berukuran 7/8 gram sma per cvt nya pake per cvt vario 150 yang TDR juga per cvt nya jangan lupa panbel nya juga ganti pake yang punya racing.
SukaSuka