Test Ride : New Supra X 125 Fi, Top Speed tiap gear nambah, sasis lebih rigid, Bonus Port Charger 12 Volt 1 Ampere

Pagi mas & mbak..
Alhamdulillah kita semua masih diberikan kesehatan pagi ini.. Hari Minggu kemarin Kok ndilalah saya mendapat undangan Di Acara AHM “New Supra X 125 Fi Experience Riding” berbekal Google Map meluncur ke Buperta Cibubur Via Cibarusah.
Sasampai di sana ketemu blogger2 kondang ibu kota 🙂
Acara dimulai dengan presentasi New Model Honda Supra X 125 Fi, di slide show di jelaskan difitur apa saja yang baru dan perubahan-perubahan yang ada. Kemudian lanjut ke Tanya Jawab, saya sendiri mengajukan pertanyaan mengapa desain port charger menggunkan port lighter mobil (charger mobil) bukan usb jawabannya nanti di artikel lain. dilanjut Makan siang dan Test Ride.

image

Pada Sesi Test Ride saya dapat Gelombang 3, bareng mas Taufik TMCblog dan Mas Nadi “Alonrider”. Langsung pancal ngikutin Road captain sambil sekali-kali ambil jarak dengan road captain untuk mencoba explore kemampuan di raja bebek ini. Lah pas tengok belakang ternyata saya sendiri Mas taufik di belakang jauh karena sambil test dengan racelogic, mas Nadi seperti biasa “aku ora wani banter alon-alon wae 😆 ”

image

Pada explore kemampuan New Supra X 125 Fi ini, saya coba test top speed per gearnya. Gear 1 sanggup 40 Kpj, Gear 2 Sanggup 75 Kpj, Gear 3 baru sampe 90 kpj track habis. Nah disini ada perbedaan top speed tiap gearnya dibanding Supra x 125 karbu, Kebetulan saya ada Supra X 125 Gen II 2007 duly saat awal turun saya Test Gear 1 : 40 kpj (sama), #2 : 60 Kpj, #3 : 110 kpj #4 : 115 kpj , semua base on Speedometer. pada Gear 2 terjadi kenaikan topspeed 15 kpj, Padahal New Supra 125 Fi ini menganut Gear Belakang lebih besar yaitu mata 39 dari sebelumnya 35. Joss tenan, biasanya Gear belakang naik, hasilnya akselerasi dapat tapi topspeed turun.

image

Kemudian di beberapa tikungan iseng test sasis yang juga upgrade dari Supra X 125 karbu, dan memang lebih rigid, 2-3 kali ngoba rebah motor nurut saja tidak seperti yang versi karbu, ga mau buat nikung heheh…
Setelah turun sempat tanya ke Pak Nyoman ubahannya dimana. Dibantu jawab oleh Pak… (lupa namanya hehe..) Ternyata kenaikan topspeed ini didapat dari perubahan Rasio gear dan kenaikan Kompresi mesin. Dengan Naiknya Kompresi yang berimbas pada Naiknya Torsi dan Topspeed tiap gear sangat menguntungkan untuk konsumen di daerah pegunungan. Saat di tanjakan tidak perlu sering-sering pindah Gear.

image

Fitur terbaru lainnya yaitu Port Charger, sempat saya tanyakan kenapa menggunakan port Lighter / charger mobil, bukan Usb yang lebih umum.. Ternyata alasannya supaya lebih Flexibel. Dengan tegangan 12 Volt dan 1 Ampere bisa untuk charger Handphone dengan disesuaikan antara charger dan HP nya, juga mungkin digunakan untuk pompa angin ringan yang menggunakan Daya Listrik dll. Syarat menggunakan Port ini harus dalam kondisi mesin hidup untuk antisipasi aki tekor.
Ok mas & mbak silahkan ke dealer jika berminat, jangan ke saya soalnya saya bukan sales hehe..

thak’s to mazped atas photonya 😀
Wassalam

19 tanggapan untuk “Test Ride : New Supra X 125 Fi, Top Speed tiap gear nambah, sasis lebih rigid, Bonus Port Charger 12 Volt 1 Ampere

  1. gear 1 bisa 40 kpj kok pelan, motor saya gear 1 55 kpj, gear 2 85 kpj, gear 3 105 kpj itupun sudah terkena limiter CDI motor saya supra x 125 2008 dan perbandingan sprocket gir belakang 14-35 (std), bbm pertamax

    Suka

  2. bagusan supra dulu drpd supra sekarang, yg sekarang lemot abis ditanjakan. liat aja didaerah gunung mana ada sih yg pake supra baru.

    Suka

Tinggalkan komentar