Dear All..
Sebenarnya sudah agak lama, ngerasa kok tunggangan jadi tidak enak. Setiap kali melewati jalan yang kurang mulus selalu terdengar suara “kricik-kricik” langsung mbatin pasti dari rantai. Setelah dicek ternyata benar rantai kendor (ngertinya cuma kendor ). Setelah service rutin bulanan di Beres sudah agak berkurang, tapi hanya selang satu minggu sudah bunyi lagi. Berlanjut lagi sekitar 2 minggu yang lalu riding ke Bogor kok berisik banget. Ditambah lagi tenanga motor terasa letoy banget, tidak enak untuk RPM atas hanya sampai 5000 ~ 6000 RPM sudah harus shift gear karena mesin bergetar, padahal kata orang-orang CS1 karakter tenaga diputaran 7000 RPM ke atas mak nyooosss
.
Belum cukup sampai disitu, biasanya ngasih minum sekali mampir SPBU Ron 92 15ribu oplos dengan Ron 88 5 ribu 🙂 dapat sekitar 2,73 liter bisa untuk PP ke tempat glidik 5 hari, dengan perhitungan jarak rumah ke tempat kerja +/- 11 km maka perliter bisa untuk 40,3 km/liter (dalam kota). Lha ini kok 3 hari saja indikator sudah tinggal 1 bar kedip-kedip, alamak bengsine ngowoossssss….
gambar dari otomotif
Tenaga letoy & bengsine ngowosss, langsung kepikiran rantai (dasar’e wong ndeso tanda rantai aus juga ra dong 😀 ), Konsultasi dengan seorang rekan kerja, yo wes janjian pulang kerja ketemu di depan. Setelah ditest langsung “Nur, lha ini rantaimu dah aus di goyang-goyang kendor begini”. oooo begitu tho.. ya wes berarti minta ganti nek gitu.
Baru sabtu pagi kemarin ke Bengkel teman untuk ganti Gear Set, rencananya pengen nyoba merk Sinnob atau SSS selisih harga sekitar 50 ~ 70ribuan tapi ternyata nyari barangnya agak sulit akhirnya pakai standart (ori). Sorenya pulang kerja sudah jadi, setelah dicoba wes..wess… ngacir lagi :).
Sekedar sharing tanda-tanda rantai Aus yang saya alami :
1. Suara gemerincing, awalnya hanya pas melewati jalan tidak rata, lama-lama lewat jalan aluspun bunyi.
2. Saat narik trottle tanpa dihentakkan terdengan suara rantai “kretek”.
3. Pada bagian rantai yang nempel pada Gear digoyang-goyang oblak atau kendor.
4. Tenaga letoy, atau mesin sudah bergetar padahal “sepertinya” belum saatnya shift gear.
5. Bengsin terasa ngowoss atawa lebih buorosss..
Penyebab (pengalaman saya) :
1. Sudah lifetime nya, alias waktunya minta ganti 🙂
2. Sering lupa ngasih cain lube, seharusnya rutin terlebih setelah hujan.
3. Sering mainin kopling vs gas atau trottle, disendal-sendalke 🙂 (seperti mau wheely).
4. Tambahan kata teman pemakaian Ban yang melebihi ukuran standar.
5. Terlalu sering untuk mengangkut yang berat-berat.
Tips & Trik bila Rantai sudah Aus bin kendor :
1. Mundurin As roda belakang.
2. Disaranin sama mekanik bila belum mau ganti rantai dipotong (tapi tidak tahan lama).
3. LemBiRU alias Lempar Beli Baru (lebih enakan di bengkel teman dari pada di Beres, karena kalau isi dompet kurang bisa ntar..ntar
)
Cara merawat rantai agar awet (dikutip dari berbagai sumber) :
1. Rutin melumasi rantai dengan cain lube, apalagi setelah hujan sebisa mungkin dilumasi agar tidak karatan (jangan pakai oli bekas).
2. Setiap service selalu setting kekencangan rantai.
3. Atur keseimbanangan / center Ban belakang, karena bila ban belakang tidak center juga mempengaruhi keawetan rantai.
4. Bila memungkinkan lepas rantai dan cuci dengan disikat bisa dengan air sabun, atau saran dari teman bisa menggunakan minyak tanah.
Bonus
Dont Try at Home, diperankan oleh seorang yang rofesional dibidangnya dari warung sebelah
Sekian.. Monggo di sharing
Suwun 🙂
nderek numpang isi octane 95 mas 😎
SukaSuka
monggo mas.. pinten liter nggih.. dipincuk nopo dibungkus.
eh arep ngumbahi lali..
SukaSuka
casey long’s rantai ny udh aus dan ga bs di stel lg cukup buang 1 mata rantai udh 6 bln msh woke bro 🙂 *gear blm aus
SukaSuka
hebat itu bro, gear belum aus selain rantai potong bisa ganti rantainya saja.. lha punyaku wes lancip-lancip bro
SukaSuka
wah sungguh terlalu…rante kendor nganti ra nyadar..
htp://maskurblog.wordpress.com/2011/05/29/share-pengalaman-sebagai-juru-parkir/
SukaSuka
kendor ngerti mas.. tapi ga ngeh nek aus
SukaSuka
berarti aku lg beruntung lg…sdh 6 thn rantai masih oke,gear jg oke.yg penting jgn sampai rantai kotor pnh debu dicuekin,chainlube jgn ketinggalan,apalagi pas mudik jarak jauh kudu sangu,soale rantai jd panas dan kering.
SukaSuka
wah hebat sampeyan mas.. perawatane tokcer.. 😀 perlu ditiru
SukaSuka
mantabbp! Rante ku dah goyang dombrt nih, brarti saatnya di… Potong 1 mata… Hehe maklum akhr buln
SukaSuka
betul mas.. atau ikuti saranku beli baru dibengkel teman 😀
SukaSuka
231rb yen durung nambah.
SukaSuka
Beres 241ribu lek..
SukaSuka
234 ning warung DOHC
SukaSuka
SukaSuka
xixixi.. iso ngebul maning ya’
SukaSuka
Ane juga pengen sinnob neeh,gir set casey udah mulai tumpul soalnya…
http://aiiefz.wordpress.com/2011/05/29/2-tahun-bersama-reva/
SukaSuka
sippp ditunggu ripiunya bro
SukaSuka
nais inpo kang 🙂
SukaSuka
trims 😉
SukaSuka
cek ah
http://jaranwesi.wordpress.com/2011/05/29/yamaha-vs-honda-seperti-mu-vs-barca/
SukaSuka
monggo pak…
SukaSuka
ane ada tambahan info om siji…hehehe
klo cuci rante yg ber 0-ring (ad bantalan karet ny) malah harus menghindari minyak tanah krn malah mbuat 0-ring ny cepet melar brujung kpd rantai yg kemrosak…1 hal yg pasti dr bentuk rantai 0-ring yg beredar di Indonesia yakni rantai ny gak pake sambungan (klo di luar negeri sih udah ad produk rantai 0-ring yg make sambungan)…contoh rantai 0-ring yg gak pake sambungan yakni rantai ori tiger, rantai ori vixion dan rantai ori ninja 250…jgn di cuci pake minya tanah, malah jd kemrosak rantai ny…
tpi klo utk rantai biasa (pake sambungan) di cuci pake minyak tanah gpp…tpi klo ane cuci ny pake solar coz minyak tanah mending dipake utk kompor minyak tanah xixixixixixi…
SukaSuka
wahh.. sip ok trims inpohnya bro, nanti tak update untuk solarnya
SukaSuka
awas nubruk,ojo di sendal-sendalke
SukaSuka
he..he.. cuma becanda kok 🙂
SukaSuka
Walah mtrku lagi wae tak cuci karo minyak tanah ki?
ben lah, kendor karepe.
Pasrah
SukaSuka
motore opo rantaine nick.. nek motore tinggal nguntali udud … mak wiingg wuukkk
SukaSuka
hmm…..kalo uda runcing ya ganti
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
SukaSuka
di LEmbiru
SukaSuka
setuju sama om Virus, mending pake solar aja, lebih murah & aman 😀
SukaSuka
Jozz cak poer 🙂 ora nduwe diesel iki 😀
SukaSuka
podo.cesiku lagi 1bln ganti.malah plus rante keteng.
SukaSuka
wahhh.. kok mrembet tekan keteng barang mas..
mbiyen olehe murah banget cesine 🙂
SukaSuka
rante megidul ku yo kemratak, arep tak ganti ko’ sakurata.
SukaSuka
😀 rantai megidul sama kaya punya CS1 mas
SukaSuka
megidul,,,wah,,,,,menghina
SukaSuka
bukan menhina mas, tapi panggilan sayang ke tunggangan kita 😀
SukaSuka
nggak enak didenger
SukaSuka
Foto terakhir kuwi sing biqin rantai oblak 🙂
SukaSuka
xixixi
mak kretek
SukaSuka
cisendal-sendalke kuwi sing malah penak
SukaSuka
he..he.. nopo niku tho pak
SukaSuka
odometere lumayan wis 40rb.mulane mesine kemlithik.tp wis mari.jebul mung ketenge.
SukaSuka
sing punya dulu rajin touring kayae mas…
SukaSuka
bonus: kambing jingkrak bukan dari Italy.
SukaSuka
domba racing to ya mas..
SukaSuka
kudu ganti wae…
http://agungsevi.wordpress.com/2011/06/05/moto-gp-harus-diakui-moto-gp-terlihat-lebih-jinak/
SukaSuka
udah bro.. akhire pakai standar saja..
SukaSuka
piro om regane se set
SukaSuka
kalih atus sekawan ndoso setunggal ewu pak dhe + gangsal welas ewu kangge tukangipung:)
SukaSuka
wohhhhhhhhhhh………ngonku drung tak ganti seprean-sorene ki gear setnya
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/06/14/aku-terlalu-sempurna-untukmu/
SukaSuka
tengkiu, nais inpoh gan… dah 2 th juga cesi ane, tp rante & gir masih lumayan kayaknya.. mungkin kuat deh 1 taon lagi.
SukaSuka
lagi cri 1sets girl bpn belakang ,0899764537
SukaSuka
susaah bingiiiiitzz gearsetnya….di kasdam sempet ada.. skrang kok udah gak ada lagi..trmasuk filter air cleanernya…..hadeuhhhh
SukaSuka